Blog Image
Source : http://semuanyajdt.com/cara-membuat-wajah-bercahaya/

Tuesday, November 19, 2019

Wanita Cantik Menurut Islam

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Moeslemates, apasih arti cantik menurut kamu? Memiliki kulit putih? Hidung mancung? Atau Mata besar? Kecantikan itu sesuatu yang relatif dan tidak bisa dipandang dari satu sisi aja. Setiap negara bahkan memiliki definisi yang berbeda tentang hal ini. Misalnya di negara Eropa, rata-rata wanita berkulit coklat atau eksotis dianggap cantik, berbeda dengan Indonesia, wanita yang memiliki kulit putih justrulah yang dianggap cantik. Ya, itulah definisi cantik menurut pandangan manusia. Tetapi pernahkah kamu berfikir bagaimana wanita cantik menurut Islam? Apa ciri-cirinya? Simak ulasannya yuk!

1. Taat Pada Perintah Allah

Source: wajibbaca.com

Sudahkah kamu menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya? Moeslemates, wanita cantik dalam Islam adalah wanita yang patuh dengan perintah Allah dan rasulnya. Sebagaimana Allah SWT berfirman :

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

(QS. Annisa : 59)

Moeslemates, apa gunanya paras cantik tanpa iman di hati? Tentu hal ini percuma saja, karena tidak membawa kita ke surga-Nya. Wanita yang memiliki iman di hati, wajahnya selalu berseri dan memberikan keteduhan bagi yang menatapnya. Inilah makna cantik yang sesungguhnya.

2. Menjaga Lisannya

Source: www.kaskus.co.id

Moeslemates, wanita cantik menurut Islam yang kedua adalah wanita yang mampu menjaga lisannya. Coba bayangkan ada wanita cantik tapi tak mampu menjaga lisannya, tentu orang-orang tidak akan merasa nyaman dengan keberadaannya. Karena kecantikan dalam Islam adalah cantik yang membawa ketenangan untuk orang-orang disekitarnya.

3. Menjaga Kehormatannya

Source: silanesia.com

Wanita Muslimah harus menjunjung tinggi kehormatan dirinya, sebagai bentuk perhargaan terhadap dirinya sendiri. Menghargai disini artinya memiliki rasa malu yang tinggi ketika diajak bermaksiat. Coba lihat bagaimana pandangan masyarakat terhadap "kupu-kupu malam" tentu nilainya sangat rendah di mata masyarakat. Berbeda dengan wanita muslimah yang selalu menjaga dirinya.

4. Wanita yang Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Dirinya

Source: dreamers.id

‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhu bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada kesombongan seberat biji debu. Ada seorang yang bertanya, “Sesungguhnya setiap orang suka (memakai) baju yang indah, dan alas kaki yang bagus, (apakah ini termasuk sombong?). Rasulullâh bersabda: “Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain

Seorang muslimah yang baik adalah seorang wanita yang mampu menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya sendiri. Menjaga dua hal ini merupakan salah satu taqwa dan syukur kita karena Allah Ta'ala karena telah Allah anugrahkan raga yang sempurna.

5. Wanita yang Memiliki Pendidikan Baik

Berpendidikan disini tak harus pendidikan formal. Tetapi dapat menerapkan ilmu yang ia punya dalam kehidupan nyata, terutama ilmu agama. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kecerdasan seorang anak ternyata diturunkan dari gen ibu loh! Maka dari itu wanita yang pintar itu masuk dalam wanita yang cantik.

Nah itulah beberapa ciri wanita cantik di dalam Islam. Gimana nih Moeslemates? Sudah masuk dalam ciri ciri di atas? Kalau belum yuk segera perbaiki diri.

Thumbnail by semuanyajdt.com