Blog Image
Source : https://ensiklopediilmupopuler479.blogspot.com/2019/01/wanita-cantik-berhijab-syari-bercadar.html

Thursday, January 23, 2020

Muslimah Yuk Percantik Diri Kita dengan Tawadhu

Assalamu'alaikum Moeslemates, 

Pernah menemukan seseorang yang memiliki wajah cantik namun sombong dan cara bicaranya sungguh menyayat hati? Ataukah kamu pernah menemukan seorang wanita yang dari segi penampilan biasa saja namun rendah hati dan memiliki sikap yang menentramkan hati? Manakah yang lebih baik menurutmu? Tentu saja wanita dengan penampilan biasa namun memiliki sikap yang menenangkan hati bukan? Moeslemates, salah satu cabang akhlak mulia yang harus kamu miliki adalah sikap tawadhu'. Tawadhu' dalam bahasa artinya rendah hati dan tidak menyombongkan diri. Selain dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sikap ini juga akan mendatangkan ridha Allah dan juga manusia. Bagaimana cara mempercantik diri dengan tawadhu'? Simak ulasannya yuk! 

Niat Karena Allah

 
Source: www.hipwee.com

"Innamal a’maalu bin niyyah” (Sesungguhnya amal itu tergantung dengan niat). Hadist

Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar pahalanya karena sebab niat. Dan betapa banyak amalan yang besar menjadi kecil pahalanya karena sebab niat. Demikian juga untuk menjadi seorang muslimah yang tawadhu', Kamu perlu meniatkannya hanya untuk mencari ridha Allah Ta'ala bukan semata-mata ingin mendapat pujian dari manusia. 

Menyadari Asal Mula Dirinya


Source: humairoh.com

”Dari apakah Allah menciptakannya? Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya.”(QS. ‘Abasa:18-19). 

Moeslemates, Ibnu Hibban pernah mengatakan, ”Bagaimana mungkin seseorang tidak bersikap tawadhu’ padahal ia diciptakan dari setetes mani yang bau kemudian akan kembali menjadi bangkai yang bau busuk sedangkan ia di antara keduanya sedang membawa kotoran.” Sebagai manusia, kita patut menyadari bahwa, tanpa kuasa Allah kita hanyalah air mani yang hina, yang mudah hilang jika dibasuh dengan air. Namun atas kehendaknya ia mampu menjadikan kita mahluk paling mulia dimuka bumi ini, Masya Allah. 

Kenali Kekurangan Diri 


Source: www.afifahhaq.com

“Dan bila dikatakan kepada mereka, ‘Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi’ Mereka menjawab, ‘Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.’” (QS. Al-Isro’:11).

Moeslemates, seseorang yang sombong dan merasa dirinya lebih baik dari orang lain biasanya tak menyadari kekurangan dan aib yang ia miliki. Bahkan ia merasa dirinya sempurna, Na'uzubillah. Oleh karena itu, penting untuk kita selalu melakukan intropeksi dan juga memperbaiki diri. Karena bisa jadi, apa yang kita kira kebaikan justru membawa kezaliman. 

 

Nah itulah cara mempercantik diri dengan sikap tawadhu', Mengamalkan sikap tawadhu', akan membuat kita mudah dicintai Allah dan juga manusia. Semoga bermanfaat!