Blog Image
Source :

Friday, December 13, 2019

Mengenal 5 Bahasa Cinta Pasangan Bersama Kalarupa Group

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Bingung bagaimana cara mengekspresikan kasih sayang kepada pasangan? Atau sering terjadi salah paham dengan pasangan? Semakin lama bersama, malah semakin banyak salah paham dan terjadi konflik. Kalau iya, mungkin kamu perlu belajar bahasa cinta. Sabtu, 29 Juni 2019 lalu, Kalarupa Group mengadakan event pre & marriege talk bertajuk "Mengenal 5 Bahasa Cinta Pasangan". Bertempat di Cityloft Sudirman Jakarta, event ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para peserta bagaimana cara mengungkapkan cinta yang tepat pada pasangan dengan menggunakan 5 bahasa cinta yang diciptakan oleh Dr. Gary Chapman, yaitu seorang ahli di bidang relationship yang cukup terkenal. Apa sih 5 bahasa cinta itu? Bagaimana cara yang tepat untuk mengungkapkan cinta pada pasangan? Simak ulasannya yuk!

Mengundang Ahli Psikologi

Moeslemates, rasanya kurang pas kalau mengadakan event seperti ini tanpa megundang ahli psikologi. Maka dari itu, Kalarupa mengundang dua praktisi psikologis yaitu Nina A. Tatyana dan Vallendiah Ayuningtyas sebagai speakers untuk lebih memahami pasangan atau calon pasangan melalui pendekatan psikologi.

Apa Itu Tangki Cinta?

Tangki cinta itu seperti gelas, kalau gelas kita penuh airnya penuh, emosi kita akan penuh, tapi kalau tangki kita kosong itu rasanya gini "ih kenapa sih marah-marah melulu, ih guekan capek kali ngurus rumah melulu" Tapi kalo tangki emosi kita penuh, rasanya dunia ini indah cerah semua, semua indah, semua bentuknya hati

Nina A. Tatyana selaku Psikolog Klinis

Moeslemates pernah gak sih kamu merasa tidak dicintai oleh pasangan? Atau sudah terlalu banyak memberi namun tidak menerima balasannya? Atau sudah lupa rasanya mencintai dan dicintai? Itu artinya tangki cinta kamu kosong, dan harus diisi kembali dengan kasih dari pasangan. Namun perlu diingat cara mengisi tangki cinta pasangan haruslah sesuai dengan kepribadian masing-masing pasangan agar pesan cintamu dapat tersampaikan dengan baik.

Bagaimana Cara Mengisi Tangki Cinta?

Tahun pertama pernikahan itu adalah tahun penyesuaian, wajar banget kalo di tahun itu pasangan sering konflik sayapun begitu dan benar cara memperbaiki hal tersebut adalah mengisi tangki cinta dengan bahasa cinta.

Vallendiah Ayuningtyas Selaku Psikolog

Moeslemates, menurut Dr. Gary Chapman, yaitu seorang ahli di bidang relationship ada 5 cara mengisi tangki cinta yaitu melalui pelayanan, Quality time, hadiah, sentuhan fisik dan kata - kata pendukung. Kelima cara tersebut yang dinamakan 5 bahasa cinta.

Mengenal 5 Bahasa Cinta

Untuk dapat menentukan apa sebenarnya bahasa cinta mereka, para peserta yang hadir diberikan kuisioner yang harus mereka isi untuk mengetahui bahasa cinta apa yang mereka miliki, sehingga bisa langsung diaplikasikan pada pasangan masing-masing. Jika bahasa cinta pasangan kita adalah sentuhan fisik, maka cara terbaik untuk mengisi kekosongan tangki cintanya adalah dengan memberikan sentuhan fisik seperti mengelus kepala atau punggung pasangan. Tetapi jika bahasa cinta pasangan kita adalah hadiah maka cara untuk mencintainya adalah dengan memberikannya hadiah. Untuk bahasa cinta pelayanan, kamu harus memberikan bantuan dengan inisiatif diri sendiri kepada pasangan untuk meringankan pekerjaannya, seseorang yang memiliki bahasa cinta  kata - kata pendukung akan sangat senang jika diberikan kata-kata ramah, dukungan, dan kata-kata lainnya yang membuatnya merasa dihargai atau dicintai. Terakhir Quality time. Seseorang yang memiliki bahasa cinta ini sangat menghargai waktu dengan pasangannya, jadi ciptakan moment akrab berdua seperti berdiskusi hal-hal yang menyenangkan, atau pergi bertamasya.

Moeslemates, sekarang kamu sudah tahukan cara yang tepat untuk mengungkapkan cinta pada pasangan, yaitu dengan mengenali bahasa cintanya. Satu hal lagi yang harus kamu terapkan, lakukan segala ungkapan sayang kamu dengan tulus. Karena sesuatu yang berasal dari hati pastinya akan sampai ke hati juga.