Blog Image
Source : https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180617175303-234-306830/kisah-ayana-jihye-moon-lebaran-di-indonesia

Sunday, November 17, 2019

5 Cara Mempercantik Diri Menurut Islam

Assalamu’alaikum Moeslemates

Sebagai seorang wanita, kita diberikan anugrah kecantikan yang berbeda-beda oleh Allah SWT. Sebagai rasa syukur kita kepada-Nya, kecantikan tersebut harus kita jaga dengan melakukan perawatan untuk mempercantik diri. Cantik disini, tentunya tak hanya sekedar fisik tetapi juga kecantikan akhlak dan perilaku kita sebagai seorang muslimah. Kali ini Moeslema akan membahas 5 cara mempercantik diri menurut Islam. Penasaran? Simak ulasannya yuk!


1. Tidak Merubah Ciptaan-nya

Source : winnetnews.com

Melakukan operasi plastik memang akan membuat seseorang memiliki tampilan fisik yang sempurna, tapi bagaimanakah cara islam memandang hal ini? Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Allah Subhanahu wa Ta’ala melaknat wanita-wanita yang membuat tato, meminta ditato, mencabuti alis dan memperbaiki susunan giginya untuk mempercantik diri, yang telah merubah ciptaan Allah” (HR. al Bukhari dan Muslim). Jadi sudah jelas, bahwa operasi plastik sangat dilarang dalam Islam karena merupakan upaya untuk merubah ciptaannya, dan mengundang laknat Allah SWT.


2. Melakukan Perawatan Yang Tidak Berlebihan

Source : idntimes.com

Saat ini, banyak sekali wanita yang memaksakan diri mengeluarkan uang jutaan hanya demi melakukan banyak perawatan kecantikan ke salon-salon mahal ataupun membeli skincare dengan harga fantastis, hal ini termasuk dalam berlebih-lebihan. Allah SWT berfirman : “Hai anak Adam, pakai lah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid, makan dan minum lah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al A`raaf : 31) So, lakukanlah perawatan yang sewajarnya dan jangan berlebih-lebihan ya Moeslemates, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak akan mendatangkan kebaikan.

3. Murah Senyum

Source : thayyiba.com

Moeslemates. siapa yang tidak menyukai pribadi yang banyak tersenyum, selain membawa aura positif, murah tersenyum juga merupakan salah satu akhlak mulia yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Banyak tersenyum juga merupakan kebiasaan yang membuat kamu awet muda loh! Karena dengan tersenyum kedua ujung bibir naik, otot-otot wajah juga naik sehingga kulit wajah yang mengendur akan mengencang kembali.

4. Menghindari Sifat Pemarah

Definisi cantik dalam Islam adalah cantik luar dan dalam. Secantik apapun paras seorang wanita, tetapi jika ia memiliki sifat pemarah, maka tidak akan ada yang betah dekat dengan dirinya. Bahkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi Shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” (HR.Al-Bukhari). Moeslemates, selain dilarang oleh Rasulullah, sifat pemarah akan membuat hilangnya cahaya alami wajah kita loh! Bahkan sebuah penelitian menyebutkan, seseorang yang sering marah beresiko mengalami penuaan dini. Kamu pasti gak maukan kalau hal ini terjadi denganmu? Yuk hindari sikap ini Moeslemates.

5. Rajin beribadah

Source : azzlam.com

Seseorang yang rajin beribadah dan dekat dengan tuhannya, selalu memancarkan aura positif baik untuk dirinya sendiri atau untuk lingkungannya. Wajahnya selalu berseri, bersih dan bercahaya, sehingga membuat nyaman setiap orang yang melihatnya.

Moeslemates, itulah 5 cara mempercantik diri menurut Islam. Islam tak hanya memandang kecantikan secara jasmani tetapi juga rohani. Yuk terapkan!

Thumbnail by cnnindonesia