Blog Image
Source : https://www.radarkota.com/read/10267/Hukum-Operasi-Plastik-Agar-Terlihat-Cantik

Monday, February 24, 2020

3 Alasan Mengapa Operasi Plastik Untuk Kecantikan Dilarang Dalam Islam

Assalamu'alaikum Moeslemates, 

Plastic surgery atau operasi plastik adalah salah satu fenomena yang banyak dilakukan oleh masyarakat, terutama wanita untuk mendapatkan kecantikan secara instan. Karena memang kecantikan fisik hal tersebut adalah hal yang diidamkam oleh para wanita. Namun, apakah syari'at agama Islam memperbolehkannya? Para ulama sepakat bahwa operasi plastik yang dilakukan untuk situasi darurat seperti menghilangkan cacat, luka akibat kecelakaan diperbolehkan namun tidak dengan operasi plastik yang dilakukan hanya untuk mempercantik diri. Seperti operasi plastik yang banyak dilakukan, bahkan sangat lumrah di Korea Selatan. Mengapa operasi plastik untuk kecantikan dilarang oleh agama? Simak ulasannya yuk! 

1. Merubah Ciptaan Allah 


Source: woop.id

Rasulullah Saw bersabda : “Allah Subhanahu wa Ta’ala melaknat wanita-wanita yang membuat tato, meminta ditato, mencabuti alis dan memperbaiki susunan giginya untuk mempercantik diri, yang telah merubah ciptaan Allah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim dan lainnya) 

Moeslemates, mungkin kamu mengeluh memiliki hidung pesek, wajah bulat atau mata yang sipit. Lalu mulai membandingkan diri dengan seseorang yang memiliki tampilan fisik yang jauh lebih sempurna. Ketahuilah Moeslemates, mengeluh apalagi sampai melakukan operasi plastik akan mendatangkan laknat Allah, karena kamu sudah berusaha merubah ciptaannya. Kamu harus percaya bahwa setiap ciptaan Allah itu baik. Jangan selalu berpatokan pada penilaian manusia. Karena hal yang baik dimata manusia belum tentu baik di mata Allah. 

2. Bentuk dari Kufur Nikmat 


Source: cantik.tempo.co

Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)” (QS. An Nahl: 53)
 

Allah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk. Hal inilah nikmat yang wajib kita syukuri. Namun seringkali kita lalai untuk menyadari akan nikmat yang telah kita terima tersebut, dengan mengeluhkan ketidak sempurnaan fisik lalu melakukan operasi plastik. Padahal hal tersebut sama saja dengan mencela ciptaan Allah, dan Allah mengancam orang-orang yang berbuat kufur dengan adzab yang pedih. Sebagaimana Allah ta'ala berfirman Ingatlah kepada-Ku, Aku juga akan ingat kepada kalian. Dan bersyukurlah kepada-Ku, janganlah kalian kufur” (QS. Al Baqarah: 152)
 

Ajaran Setan 


Source: www.dream.co.id

Dan akan aku (setan) suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. (QS. An-Nisa: 119).

 

Moeslemates, dengan melakukan operasi plastik berarti kita telah mengikuti ajaran setan yang telah Allah sesatkan. Seperti yang kita ketahui, ajaran setan adalah sesat, dan orang-orang yang mengikuti langkahnya benar-benar akan berada dalam kesesatan yang nyata dan akan ditempatkan di seburuk-buruknya tempat yaitu neraka. Na'uzubillah.  

 

Nah itulah 3 alasan mengapa operasi plastik untuk kecantikan dilarang oleh Allah ta'ala. Menghias diri merupakan perkara fitrah, Allah Swt indah dan menyukai keindahan. Namun tetap harus memperhatikan syariat yang diperbolehkan dalam Islam. Semoga bermanfaat.