Blog Image
Source : https://www.fimela.com/beauty-health/read/3953114/ragam-kandungan-dalam-moisturizer-yang-ampuh-untuk-melembapkan-kulit

Saturday, December 14, 2019

Tips Memilih Moisturizer Sesuai Jenis Kulit

Source: www.fimela.com

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Moisturizer adalah salah satu skincare yang wajib banget kamu punya karena manfaatnya yang akan memberikan menutrisi dan membuat kulit berfungsi dengan baik. But remember, gak semua moisturizer di pasaran itu cocok untuk kulit kita loh, karena setiap orang memiliki jenis kulit dan kebutuhan yang berbeda. Tipsnya adalah kamu harus tahu dulu apa jenis kulit kamu, berminyak, kering, sensitive atau kombinasi. Setelah itu kamu bisa cek tips memilih moisturizer sesuai jenis kulit kamu disini. Here we go!

Kulit Berminyak

Untuk kamu pemilik kulit berminyak, pilihlah moisturizer dengan tekstur gel atau water base. Tekstur ini memiliki formula yang ringan, sangat mudah terserap kulit serta dapat menjaga kelembaban kulit tanpa membuat kulit kamu berminyak. Jangan memilih moisturizer dengan tekstur lotion kental atau balm ya! Karena lotion atau balm akan membuat wajahmu semakin berminyak. Selain tekstur, kamu juga harus aware terhadap inggredients yang terkandung di dalamnya Moeslemates. Pilihlah moisturizer dengan kandungan Alpha Hidroxy Acid (AHA) seperti Asam Glikolat dan Asam Laktat karena kandungan ini memliki sifat non-comedogenic yang gak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Kulit Kering

Jika untuk kulit berminyak sangat tidak disarankan menggunakan moisturizer dengan tekstur lotion atau balm, sebaliknya justru moisturizer dengan tekstur tersebut sangat disarankan untuk kamu dengan jenis kulit kering, karena banyaknya minyak yang terkandung dalam moisturizer dengan tekstur tersebut akan memberikan kelembaban ekstra untuk Kulit keringmu. Selain itu kamu juga harus pastikan, moisturizer yang kamu pilih memilki kandungan shea butter, asam hialuronat, lanolin, ceramides, dan glicerin yang bermanfaat mempertahankan serta menyeimbangkan kelembaban kulit. Kamu juga harus menghindari moisturizer dengan kandungan alkohol ya, karena alkohol yang bersifat menyerap air dan kelembaban sehingga nantinya kulit kamu akan semakin kering.

Kulit Sensitif

Kulit sensitif sangat rentan dengan jerawat, kulit kemerahan dan juga gatal-gatal. Pilihlah moisturizer dengan label Fragrance free dan tidak mengandung Paraben, karena kulit sensitif sangat rentan dengan dua kandungan tersebut. Selain itu pilih juga moisturizer memiliki label hypoallergenic alias minim potensi menimbulkan alergi, ini bisa kamu terapkan juga untuk memilih skincare yang lainnya.

Kulit Kombinasi

Source: stylo.grid.id

Biasanya kulit kombinasi ditandai dengan dua kondisi kulit sekaligus, berminyak pada daerah T-zone dan kering pada area pipi. Memang butuh sedikit tricky untuk memilih pelembab untuk jenis kulit seperti ini. Tapi kamu gak perlu khawatir Moeslemates, saat ini sudah banyak brand yang menyediakan pelembab khusus untuk kulit kombinasi, mattifying moisturizer untuk dioleskan di area T-zone dan hydrating moisturizer untuk dioleskan pada area pipi. Dengan mengoleskan dua jenis moisturizer ini, masing-masing area kulit tersebut akan mendapatkan perawatan yang tepat.

Nah itulah tips memilih moisturizer yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Sebelum menggunakan moisturizer, pastikan wajahmu sudah terbebas dari kotoran dan sisa makeup ya, jangan pernah mengoleskannya ketika wajahmu dalam keadaan kotor, karena akan menimbulkan jerawat. Semoga bermanfaat.