Blog Image
Source : Moeslema

Wednesday, April 01, 2020

Moeslema Talks, Kecantikan dan Teknologi Tak Bisa Dipisahkan

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Saat ini dunia telah memasuki era revolusi 4.0.  Berbagai teknologi canggih, sudah mulai diterapkan dalam segala lini, termasuk industri kecantikan. Teknologi sendiri menjadi hal yang tak bisa terpisahkan di hidup kita. Dari mulai bangun tidur sampai tertidur kembali teknologi selalu mengelilingi kita. Contohnya kita tak pernah bisa terlepas dari smart phone. Dalam Moeslema Talk yang diadakan kemarin dalam acara Muslimah Creative Day 2020, Syahrita Herlin selaku Chief Product Officer Moeslema dan Annisa Nurazizah selaku Brand Partnership Moeslema, berbagi informasi dan pengalaman menarik tentang tren kecantikan saat ini, hingga perkembangan teknologi yang mempengaruhi dunia kecantikan.

How Much Do You Spend Being Beauty? 

"60% wanita itu menghabiskan uangnya untuk perawatan kecantikan, dan lebih dari 50% wanita sekarang ini membuat keputusan untuk membeli produk kecantikan setelah melihat internet" 
(syahrita Herlin, Chief Product Officer Moeslema)

 

Moeslemates, ternyata 60% wanita banyak menghabiskan uangnya untuk melakukan perawatan kecantikan baik untuk membeli skincare ataupun melakukan treatment. Hasil riset tersebut didapatkan dari beberapa perempuan dengan profesi dan jenis kulit wajah yang berbeda.  Tak hanya itu, fakta menarik lainnya setiap orang memiliki brand skincare favoritenya masing-masing. Pengeluaran untuk membeli produk kecantikanpun berbeda, dari mulai puluhan ribu hingga mencapai harga jutaan. Namun menariknya, sumber informasi tentang beauty product dan rutinitasnya sama. Sebelum menentukan produk kecantikan yang ingin dibeli, para wanita selalu berselancar di dunia internet dengan melihat artikel tentang review beauty product dan juga rekomendasi dari teman melalui internet. 

Teknologi Berperan Besar Menentukan Beauty Product yang Akan Dibeli Konsumen 

"Ini adalah presentase wanita yang membuat purchasing decision lewat internet, mayoritas dari ads sama recommendation dari social media. Sisanya dari beauty guru atau expert, dan celebrity endorsement
Annisa Nuraziza, Brand Partnership Moeslema

 

Saat ini konsumen dari produk kecantikan sudah digitalize. Jika dahulu kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membeli produk dari mulai bertanya, datang ke toko lalu bertanya kepada beauty andvisor. Setelah itu baru membeli produk. Namun saat ini kita hanya butuh internet untuk melakukan semua itu. Prosesnya juga cukup singkat, dari mulai melihat review product dari berbagai artikel dan produk rekomendasi dari orang-orang melalui internet, cek barang, lalu beli. 

The Internet Certainly Has Played a Big Role in Spreading K-Beauty Trend Very Quickly

Moeslemates, saat ini perawatan kecantikan asal Korea atau yang lebih dikenal dengan K-beauty menjadi trend dalam dunia kecantikan. Hal ini terjadi tentu saja karena adanya pengaruh internet dan teknologi yang berkembang saat ini. Sehingga para wanita dengan mudahnya mendapatkan informasi kecantikan dari negara lain. Melalui sharing kecantikan yang dilakukan dengan berbagai orang dari berbagai negara, membuat wanita Indonesia semakin peduli dengan kecantikan kulit. Mereka juga mulai teredukasi dengan mencari perawatan kecantikan kulit yang berbahan dasar alami, karena tidak mengandung zat berbahaya. Seperti pada produk skincare asal Korea. Hal itulah yang menjadi nilai plus dari tren K-beauty ini. 

Teknologi yang Memudahkan Perempuan Dalam Menentukan Produk 

Selain memberikan informasi mengenai dunia kecantikan dan teknologi. Herlin dan Annisa juga memperkenalkan aplikasi sebuah aplikasi kecantikan yang dapat menjawab semua kebutuhan kulit wajah, dari mulai skincheck sampai rekomendasi produk skincare halal dan muslim friendly serta cocok untuk jenis kulit user. Aplikasi ini diciptakan dengan menggunakan teknologi canggih bernama artificial intelligence atau kecerdasan buatan. AI dapat mereplikasi kemampuan kognitif dari para beauty expert dan dermatology dalam menganalisa permasalahan kulit konsumen secara cepat dan memiliki tingkat akurasi tinggi hingga 80%. 

 

Nah itulah beberapa fakta dan informasi menarik dalam Moeslema Talks yang berlangsung pada event Muslimah Creative Days 2020. Nah, untuk kamu yang tertari dengan aplikasi Moeslema, kamu bisa mendownloadnya secara langsung melalui google play store