Blog Image
Source : https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/manfaat-milk-magnesia-obat-jerawat/

Friday, October 11, 2019

Mengenal 3 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Moeslemates, pernah gak sih kamu merasa gagal dalam mengobati jerawat? Mungkin penyebabnya, karena kamu tidak tepat dalam menanganinya. Anyway jerawat terdiri dari beberapa jenis loh! Setiap jenisnya, beda penanganannya. Dari pada kamu salah dalam penanganan jerawat, mending kamu kenali dulu jenis jerawat yang sedang kamu alami. Apa aja sih jenis jerawat? Terus bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya yuk!

1. Whitehead dan Blackhead

Whitehead dan blackhead atau komedo putih atau hitam ternyata termasuk salah satu jenis jerawat loh! Jerawat jenis ini muncul akibat sel kulit mati dan minyak berkumpul menutupi pori-pori kulit wajah. Whitehead berada di bagian pori-pori yang tertutup makanya warnanya menyerupai kulit, sedangkan untuk blackhead berada di bagian pori-pori yang tertutup sehingga terpapar udara luar sehingga warnanya hitam atau coklat. Kamu bisa melakukan peeling untuk mengangkat komedo sekaligus sel kulit mati di kulit, Selain itu kamu kamu juga bisa mengoleskan krim benzoyl peroxide. Untuk penanganan lebih cepatnya kamu bisa langsung pergi ke dermatology untuk melakukan laser treatment. 

2. Pustula

Source: vix.com

Moeslemates, pernah gak sih kamu mengalami benjolan atau jerawat berisi cairan putih atau nanah? Nah, jerawat yang seperti itu yang dinamakan pastula. Adanya nanah pada jerawat, mengindikasikan bahwa adanya infeksi atau jamur pada wajah. Untuk kamu yang sedang mengalami jerawat jenis ini, dilarang keras untuk iseng dengan memencetnya, karena dapat menyebabkan infeksi dan peradangan yang lebih parah. Untuk mengatasi jerawat jenis ini kamu bisa mengenakan skincare yang mengandung sulfur atau asam salisilat yang bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

3. Papula

Source: medicalnewstoday.com

Jerawat jenis ini berbentuk benjolan warna merah dengan jumlah yang cukup banyak dan biasanya menyebabkan nyeri. Penyebabnya yaitu pengaruh hormon, bakteri dipermukaan kulit ataupun sumbatan minyak di wajah. Jika kamu sedang mengalami jenis jerawat ini penanganannya yaitu menjaga kebersihan wajah dan rambut kamu. Rajinlah membersihkan wajah dua kali dalam sehari, hindari skincare yang mengandung fragrance karena dapat memperparah jerawat jenis ini. Selain itu kamu juga bisa mengobatinya dengan antibiotik ataupun retinoid.

Nah itulah tiga jenis jerawat dan cara penanganannya. Sekarang kamu sudah taukan, jangan asal dalam mengobati jerawat kamu ya. Bila cara-cara diatas masih belum berhasil, sangat disarankan untuk kamu berkonsultasi langsung dengan dermatology ataupun beauty expert. Semoga bermanfaat!

Thumbnail by hellosehat.com