Blog Image
Source : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/1169124-3-jenis-skin-care-yang-lagi-hype-di-indonesia

Friday, December 13, 2019

Kulit Sensitif Wajib Hindari 5 Kandungan Skincare Ini

Source: kumparan.com

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Mencari skincare untuk jenis kulit sensitive memang agak merepotkan ya, karena jenis kulit ini sangat mudah mengalami masalah kulit seperti jerawat, gatal, kulit memerah, dan iritasi jika tidak cocok dengan suatu produk. Moeslema tau banget betapa gak nyamannya kamu dengan hal itu. Nah supaya kamu gak salah pilih produk, berikut ini adalah 5 kandungan skincare yang wajib kamu hindari sebagai pemilik jenis kulit sensitif. Simak ulasannya yuk!

Alkohol

Source: meramuda.com

Moslemates, alkohol adalah salah satu kandungan produk skincare yang harus kamu hindari. Namun tidak semua alkohol loh, hanya jenis ethanol seperti Alcohol Denat, SD Alcohol 3-A, SD Alcohol 30, SD Alcohol 39, karena jenis alkohol tersebut akan membuat kulit sensitif menjadi kering, mengelupas serta iritasi. Namun tidak untuk jenis Fatty alcohol yang bersifat melembabkan kulit serta memiliki sifat menstabilitaskan kualitas produk skincare seperti cetyl alcohol, stearyl alcohol, arachidyl alcohol, dan behenyl alcohol.

SLS dan SLES

Source: www.kitamuda.id

Sodium lauryl sulphate (SLS) dan sodium laureth sulphate (SLES) adalah pembuat busa berbahan dasar kimia yang biasanya digunakan dalam produk deterjen, sabun dan shampo. Jika kandungan ini mengenai kulitmu maka reaksi yang terjadi adalah gatal-gatal dan kulit akan menjadi sangat kering.

Peppermint & Menthol

Source: www.healthline.com

Papermint dan menthol memang memberikan efek sejuk di kulit dan membantu kandungan lain lebih menyerap ke dalam kulit, namun jika diaplikasikan ke kulit sensitif efek yang terjadi adalah alergi tingkat tinggi. Selain itu papermint juga mengandung alkohol yang akan membuat kulit sensitif menjadi kering.

Dimethicon

Source: www.handhayani.com

Moeslemates, kandungan dimethicon ini sangat mudah ditemui pada produk moisturizer dan sunscreen dan memiliki manfaat yang cukup baik untuk mengunci kelembaban kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan keriput pada kulit, namun untuk jenis kulit sensitif, karena dapat menurunkan fungsi pelindung kulit sehingga rentan berjerawat.

Isopropyl Myristate

Source: review.bukalapak.com

Kandungan isopropyl myristate ini biasanya banyak ditemukan di dalam produk moisturizer dan memiliki manfaat mengontrol minyak berlebih pada kulit. Namun jika digunakan dalam jangka waktu panjang kandungan tersebut bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi.

Nah itulah 5 kandungan skincare yang yang wajib dihindari oleh jenis kulit sensitif. Semoga bermanfaat!