Blog Image
Source : https://www.fimela.com/beauty-health/read/3984835/hati-hati-homemade-sunscreen-alami-bisa-tidak-efektif-lindungi-kulit

Wednesday, January 22, 2020

Chemical Vs Mineral Sunscreens Mana yang Lebih Bagus

Assalamu'alaikum Moeslemates, 

Pada Tahun 2012, The New England Journal of Medicine menerbitkan sebuah foto yang cukup menggemparkan. Foto tersebut menunjukan kondisi kulit seorang sopir truk yang selama 28 tahun terakhir mengemudi dengan kondisi sisi kiri wajahnya yang selalu terpapar sinar matahari. Alhasil, terjadi penebalan serta kerutan hanya pada sisi kulit bagian kiri. Foto tersebut, cukup menjadi bukti untuk kita bahaya sinar matahari untuk kulit. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir efek yang ditimbulkan dari matahari, yaitu dengan memakai sunscreen. Terdapat dua jenis sunscreen yang dapat kamu gunakan, yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen. Apa perbedaannya dan mana yang lebih bagus untuk kamu? Simak ulasannya yuk! 

Chemical Sunscreen


Source: healthy-skin.me

Moeslemates, chemical sunscreen atau organic sunscreen mampu memberikan perlindungan yang cukup baik untuk kulit secara luas, karena memiliki kandungan yang beragam seperti Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, dan masih banyak lagi. Tidak terbatas seperti pada physical sunscreen, yang hanya memiliki kandungan titanium dioxide atau zinc oxide. Sehingga, biasanya, produk sunscreen jenis ini memiliki manfaat lain karena dapat disatukan dengan zat lainnya yang bermanfaat untuk kulit. Formulanya ringan dengan tekstur seperti lotion sehingga sangat mudah menyerap kedalam kulit. Kekurangannya, sunscreen jenis ini cenderung tidak stabil dalam memberikan perlindungan pada kulit, Sehingga, kamu harus untuk reapply setiap 3 jam sekali. 

Physical Sunscreen


Source: dewiku.com

Berkat kandungan UV filter titanium dioxide atau zinc oxide tergolong memiliki photostability yang cukup baik, physical sunscreen cenderung lebih stabil dan lengkap dalam memberikan kulit perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Hal ini tentu saja memudahkan kamu untuk tidak repot mengaplikasikan sunscreen hingga berkali-kali Moeslemates. Namun, physical sunscreen cenderung meninggalkan white case atau noda putih di kulit. Jenis sunscreen ini juga umumnya cukup aman digunakan untuk bayi dan ibu hamil. Kekurangannya, physical sunscreen memiliki formula yang cukup berat, sehingga dibutuhkan waktu untuk membuat produk meresap dengan sempurna di kulit. 

 

Nah Moeslemates, sudah tahukan perbedaan antara chemical sunscreen dan physical sunscreen? Sesuaikan jenis sunscreen dengan kebutuhan kulitmu ya! Untuk tahu, berapa SPF yang seharusnya kamu pakai, kamu bisa menemukan soluasinya di aplikasi Moeslema. Selain bisa menganalisa kondisi kulit wajah kamu dan menemukan produk skincare yang cocok dari berbagai brand. Aplikasi moeslema juga mampu memberikan solusi kadar SPF yang tepat untukmu berdasarkan kadar suhu dan cuaca di daerahmu. Yuk download aplikasi ini secara gratsis di google play store