Blog Image
Source : https://www.thestar.com.my/lifestyle/style/2019/10/01/choosing-the-right-makeup-brush/

Monday, July 13, 2020

5 Tips Makeup Ketika Muncul Psoriasis di Kulit

Assalamu'alaikum Moeslemates, 

Kulit meradang, bersisik, kering, kemerahan dan mengelupas adalah tanda-tanda dari psoriasis. Penyakit peradangan kronis dan bersifat autoimun ini timbul akibat infeksi, stres dan juga perubahan cuaca yang ekstrim. Menerapkan makeup dengan kondisi kulit psioriasis memang tidak mudah karena jika salah pada mengaplikasikannya, malah akan membuat kulit iritasi serta memperburuk keadaan kulit. Namun bukan berarti kamu harus menghindari makeup sama sekali. Berikut ini Moeslema punya tips makeup untuk kamu ketika muncul psoriasis di kulit. Simak ulasannya yuk! 

1. Persiapkan Wajah dengan Skincare yang Tepat 


Source: hellosehat.com

Area wajah yang terkena psoriasis cenderung kering, bersisik dan kasar. Jika kamu langsung menumpuknya dengan bahan-bahan makeup, nantinya hasil riasan wajahmu akan terlihat cakey. Untuk itu sangat penting mempersiapkan wajah dengan menggunakan skincare yang tepat. Pilihlah skincare yang mampu melembabkan, menghidrasi serta menghaluskan kulit. Hindari skincare dengan kandungan pewangi, alkohol dan pewarna karena dapat mengiritasi kulit. 

2. Foundation Cair adalah Pilihan yang Tepat 


Source: www.merdeka.com

Foundation dengan tektur cair atau water base adalah pilihan tepat untuk kulit psoriasis. Hindari pengaplikasian foundation dengan menggunakan kuas. Sebagai gantinya, kamu bisa gunakan beauty blender. Aplikasikan pada wajah secara lembut agar tidak melukai area wajah yang terkena psoriasis. 

3. Tutupi Area Psoriasis dengan Concealer 


Source: womantalk.com

Jika foundation yang kamu gunakan tidak bisa menutupi kekurangan pada wajahmu termasuk area psoriasis, kamu boleh ko menggunakan concealer untuk menutupinya. Namun dengan catatan concealer yang kamu gunakan memiliki formula water base dan sesuai dengan warna kulit.

4. Hindari Produk Makeup yang Mengandung Glitter 


Source: metro.co.uk

Gunakan produk makeup dengan hasil finnishing matte, serta hindari produk makeup yang mengandung glitter. Selain produk tersebut dapat menarik perhatian pada area psoriasis yang ditutupi, bahan glitter juga dapat mengiritasi bagian tersebut. 

5. Menghapus Riasan dengan Cara yang Benar 

Hal lain yang harus menjadi perhatian untuk kamu yang sedang mengalami permasalahan kulit psoriasis adalah tentang menghapus makeup dengan cara yang benar. Kulit psoriasis sangat mudah untuk teriritasi sehingga kebersihannya harus diperhatikan. Double cleansing is must! Gunakan pembersih lembut dengan kandungan alpha- and beta-hydroxy acids, glycolic acid dan salicylic acid. Kandungan tersebut dapat membantu menghilangkan kulit bersisik, melembabkan dan juga menghaluskan kulit. 

 

Nah itulah 5 tips makeup ketika muncul psoriasis pada kulit. Semoga bermanfaat!