Blog Image
Source : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/friska-diinan/sembuhkan-jerawat-dengan-makanan-enak-ini-menu-yang-harus-dikonsumsi-c1c2

Thursday, November 21, 2019

5 Menu Makanan Untuk Acne Fighter

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat dihindari kaum wanita. Gak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga hadir dengan membawa rasa nyeri disertai rona kemerahan yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Selain melakukan treatment dan memakai skincare yang tepat, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Karena salah satu faktor utama terjadinya jerawat adalah makanan. Lalu makanan apa saja sih yang sebaiknya dikonsumsi oleh acne fighter? Simak ulasannya yuk!

1. Menu makanan dengan Oatmeal

https://media2.s-nbcnews.com/j/newscms/2019_05/1405518/alejandra-ramos-today-main-190129-03_cb5aaa9571441d05c1558746f74718c2.today-inline-large.jpg
Source: www.today.com

Sudah sejak lama oatmeal terkenal sebagai makanan yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Gak cuma membuat kita sehat, ternyata oat meal memiliki manfaat untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat jika dikonsumsi secara rutin. Moeslemates, oatmeal mempunyai sifat anti inflamasi dan bakteri serta dapat mengatasi peradangan di wajah. Kandungan saponin dalam oat meal juga mampu membuat kulit menjadi lebih bersih. Kamu bisa membuat menu makanan oat dengan campuran kismis, pisang atau selai apel bebas gula.

2. Menu Makanan dengan Yogurt

 

https://www.vibrantplate.com/wp-content/uploads/2018/03/Coconut-yogurt-07-720x540.jpg
Source: www.vibrantplate.com

Moeslemates, makanan olahan susu yang lezat ini ternyata bila dikonsumsi secara rutin dapat mengatasi jerawat loh. Yogurt memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh dalam menangkal bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat. Cukup campurkan yogurt dengan buah-buahan seperti strawberry, pisang, pir ataupun jeruk. Menu yogurt ini bisa kamu jadikan cemilan segar di siang hari loh!

3. Menu Makanan dengan Ubi Jalar

 

https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2016/09/ThinkstockPhotos-493202017.jpg
Source: hellosehat.com

Ternyata ubi jalar adalah sumber Vitamin A tertinggi loh! Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai permasalahan kulit, salah satunya jerawat. Yuk ganti menu makan siangmu dengan mengkonsumsi ubi jalar. Kamu bisa mengolah ubi ini dengan cara dibakar, dikukus, dan dijadikan messed casava ditambah kacang-kacangan yang sudah direbus.

4. Menu Makanan dengan Jamur Kuping

 

https://cdn2.tstatic.net/jatim/foto/bank/images/jamur-kuping-hitam_20181102_143457.jpg
Source: jatim.tribunnews.com

Selain bermanfaat untuk membersihkan darah dalam tubuh, jamur kuping juga memiliki kandungan Vitamin D yang dapat mempercepat kesembuhan jerawatmu loh! Kamu bisa mengolahnya menjadi sup, capcay, ataupun menjadi campuran salad setelah sebelumnya di rebus terlebih dahulu.

5. Menu Makanan dengan Ikan

https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2019/04/fresh-salmon-ac386284cc20a46293c8c669ff4e00fa_600x400.jpg
Source: www.idntimes.com

Moeslemates, jika kamu gemar mengkonsumsi daging namun tak ingin kondisi jerawatmu semakain parah, kamu bisa ko menggantinya dengan mengkonsumsi ikan. Kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung di dalamnya, dapat membantu proses pemulihan kulit akibat jerawat dan juga mencegah jerawat datang kembali. Menurut Dr. Nicholas Perricone, seoarang ahli dermatologist dan juga penulis buku tentang kulit dan jerawat, ikan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah ikan tuna, salmon dan mackerel. Kamu bisa mengolahnya menjadi sup, ataupun dibakar, namun jangan digoreng ya!
 

Nah itulah 5 menu makanan yang bisa menyembuhkan jerawat. Selain mengkonsumsi menu makanan tersebut, kamu juga harus banyak mengkonsumsi air putih minimal 3 liter dalam sehari. Karena air putih dapat membantu mendetox racun dan bakteri dalam tubuh, termasuk racun dan bakteri penyebab jerawat. Semoga bermanfaat.