Blog Image
Source : https://jabar.tribunnews.com/tag/prakiraan-cuaca?url=2016/08/18/jangan-tinggalkan-payung-dan-jas-hujan-untuk-aktivitas-hari-ini

Saturday, March 28, 2020

5 Masalah Kulit yang Terjadi Saat Banjir dan Musim hujan

Assalamu'alaikum Moeslemates, 

Sama dengan tubuh, kulit juga membutuhkan adaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berubah-rubah pada setiap musimnya termasuk pada musim hujan. Kemampuan kulit dalam beradaptasi setiap orangpun berbeda. Kulit yang tak mampu beradaptasi pada akhirnya akan mengalami berbagai permasalahan kulit. Lalu permasalahan kulit apa saja yang biasanya terjadi pada musim hujan dan banjir dan cara mengatasinya? Simak ulasannya yuk! 

1. Eksim 


Source: www.jawapos.com

Selain faktor genetik, eksim juga disebabkan oleh adanya perubahan suhu dan musim. Penyakit ini ditandai dengan kondisi kulit yang bersisik, gatal dan munculnya ruam merah pada kulit. Kondisi ini biasanya semakin parah ketika malam hari. Jika sudah terlanjur mengalaminya, Moeslemates bisa melakukan pertolongan pertama dengan tidak menggaruk kulit serta mengoleskan pelembab kulit berlabel hypoallergenic setelah mandi, dan pada saat kulit terasa kering. 

2. Psoriasis


Source: merdeka.com

Moeslemates, psoriasis ternyata dapat timbul ketika cuaca dingin, seperti musim hujan yang sedang melanda Indonesia saat ini. Psoriasis ditandai dengan munculnya ruam peradangan, dan kulit yang mudah terkelupas. Jika terjadi hal seperti itu, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya yang memiliki kandungan glukomanan yang dapat mencegah sekaligus mengobati penyakit kulit ini. 

3. Kurap 


Source: beritagar.id

Kurap terjadi akibat munculnya jamur pada kulit yang disebabkan oleh meningkatnya kelembabapan suhu di udara juga keringat berlebih. Penyakit kulit ini ditandai timbulnya ruam kemerahan, kulit kering berbentuk bulat yang terasa gatal. Biasanya penyakit ini menyerang hampir seluruh bagain tubuh termasuk juga wajah. Sebagai upaya mengobati penyakit ini, kamu bisa menggunakan salep khusus untuk menngobati kurap, menjaga kebersihan diri dan mandi dengan air hangat. 

4. Jerawat 


Source: bincangsyariah.com

Cuaca dingin dapat meningkatnya produksi minyak di kulit, Minyak yang berlebih tersebut dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada sebagian orang. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan pelembab yang dapat menghidrasi dan melembabkan kulit. Sehingga kulit tak memproduksi minyak secara berlebihan. Saat mencuci wajah, sebaiknya gunakan air hangat serta pencuci wajah yang ringan sehingga tak merusak PH kulit. 

5 Wajah Kusam 


Source: befren.com

Cuaca yang dingin saat musim hujan, membuat sel kulit mati menumpuk di kulit. Akibatnya kulit akan terlihat kusam. kering dan juga bersisik. Jangan lupa selalu gunakan moisturizer untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan lembab. Serta bersihkan wajah dengan facial wash lembut dengan PH seimbang. 

 

Nah itulah 5 masalah Kulit yang terjadi saat banjir dan musim hujan. Selain menjaga nutrisi kulit dari dalam dengan banyak mengkonsumsi makanan yang akan vitamin, kamu juga wajib menjaga kulit dari luar dengan menggunakan skincare yang tepat saat musim hujan. Karena kebutuhan kulit berbeda setiap musimnya. Yuk download aplikasi Moeslema untuk tau kondisi kulitmu saat ini dan mendapatkan rekomendasi skincare yang tepat untuk kulit dari berbagai brand baik lokal maupun international.