Blog Image
Source :

Sunday, October 13, 2019

5 Kosmetik yang Harus dihindari oleh Pemilik Wajah Berjerawat

Thumbnail by avoskinbeauty.com

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Kulitmu sedang berjerawat? Ingin tampil cantik, tapi khawatir makeup malah akan membuat kulit kamu semakin parah? Punya kulit yang berjerawat memang menjadi tantangan tersendiri ya, tapi bukan berarti kamu gak boleh makeup loh! Kamu hanya perlu menghindari berbagai kosmetik yang memang tidak cocok untuk kulit kamu. Apa aja sih, kosmetik yang harus dihindari oleh pemilik wajah berjerawat? Simak ulasannya yuk!

1. Hindari Bedak Padat dan Beralih Pada Bedak Loose Powder

Source: www.gotomalls.com

Bedak padat, memiliki partikel yang cukup besar sehingga saat diaplikasikan pada wajah, partikel ini akan menutup pori-pori wajah dan sulit untuk dibersihkan. Partikel itulah yang nantinya akan menjadi cikal bakal jerawat baru. Sedangkan loose powder atau bedak tabur yang memiliki partikel kecil dengan formula ringan.

2. Jangan Jadikan Liptint Sebagai Blush On

Source: beautynesia.id

Kamu termasuk orang yang suka menjadikan liptint sebagai blush on? Atau liptint 2 in 1 yang multiguna, bisa dipakai untuk liptint sekaligus blush on? Saat wajahmu berjerwat sebaiknya kamu hindari dulu ya! Karena ternyata zat yang terkandung dalam liptint tidak baik untuk kulit berjerawat. Liptint mengandung zat coal tar, sifat dari zat ini adalah comedogenic yang dapat memicu munculnya komedo dan jerawat.

3. Pilih Foundation Bertekstur Liquid

Source: www.woolworths.com.au

Moeslemates, foundation dengan teksture liquid memiliki tektur yang ringan, lebih cepat meresap dikulit dan lebih mudah dibersihkan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan BB Cream atau CC Cream yang memiliki formula lebih ringan dan praktis untuk digunakan.

4. Hindari Produk Kosmetik yang Mengandung Alcohol

Source: meramuda.com

Alcohol pada produk kosmetik, akan membuat kulit kering dan kekurangan minyak alaminya, sehingga nantinya kulit akan memproduksi minyak atau sebum secara lebih banyak lagi. Sebum pada kulit yang meningkat malah akan memperparah jerawat kamu

5. Hindari Kosmetik yang Mengandung Minyak

Source: www.livemoor.co.uk

Moeslemates, produk kecantikan yang mengandung minyak dapat menyumbat pori-pori pada wajah kamu. Pori-pori yang tersumbat tersebut berpotensi untuk memunculkan jerawat, dan memperparah jerawat. Sebaiknya gunakan produk kecantikan dengan label oil-free atau produk kecantikan. Kecuali bahan minyak seperti tea tree oil, lavender oil. dan grapessed oil yang mengandung minyak alami yang kaya akan kandungan omega 3, sehingga sangat cocok untuk kulit berjerawat.

Nah itulah 5 kosmetik yang harus dihindari oleh pemilik wajah berjerawat. Selain menghindari kosmetik tersebut, ada baiknya kamu juga lebih aware dengan makanan yang kamu makan, hindari junk food, minuman bersoda dan pedas. Karena jenis makanan seperti itu akan memperparah jerawat. Sebaiknya kamu banyak mengkonsumsi konsumsi sayur dan buah yang mempunyai manfaat yang baik untuk kulitmu.