Blog Image
Source : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4070358/kemenkeu-bakal-atur-tarif-sertifikasi-halal

Wednesday, November 20, 2019

5 Kandungan Skincare yang Perlu Diwaspadai Muslimah

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Pernahkah kamu berfikir, bahwa produk skincare yang kamu gunakan sudah terbebas dari bahan-bahan yang diharamkan? Sudahkan kamu mengeceknya? Moeslemates, skinacare ataupun produk makeup yang kita gunakan memang tidak kita konsumsi. Namun, karena diaplikasikan di kulit, zat yang ada pada produk kecantikan tersebut bisa terserap langsung di kulit. Hal tersebut tentunya akan mengganggu ibadah yang kita lakukan. Lalu kandungan skincare apa saja yang harus diwaspadai oleh para Muslimah? Simak ulasannya yuk!

1. Cairan Amnion


Source: kumparan.com

Terdengar asing di telinga bukan? Cairan amnion merupakan cairan untuk melindungi rahim dari benturan, dan bermanfaat untuk membuat kulit menjadi halus. Moeslemates, cairan ini berstatus haram jika berasal dari manusia dan hewan yang diharamkan. Namun jika berasal dari hewan yang dihalalkan maka stastusnya menjadi halal. Biasanya, cairan ini banyak terdapat dalam produk lotion, pelembab dan juga shampo.

2. Placenta


Source: www.allure.com

Moeslemates, placenta atau lebih dikenal dengan sebutan "ari-ari" ini ternyata punya manfaat di bidang kecantikan loh. Placenta diklaim dapat mempertahankan kekenyalan kulitmu. Placenta yang berasal dari hewan haram dan manusia statusnya adalah haram. Namun jika placenta tersebut berasal dari hewan yang dihalalkan dengan proses persalinan maka, kandungan tersebut berstatus halal.

2. Mercury


Source: encrypted-tbn0.gstatic.com

Kehalalan sebuah produk kecantikan tidak hanya ditentukan dari hasil dan proses yang halal. Namun juga dari sisi mudhrat atau kerugian dan bahaya yang ditimbulkan. Mercury adalah salah satu kandungan skincare yang berbahaya dan wajib dihindari. Bahkan penelitian menyebutkan, pemakaian mercury dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker kulit hingga gangguan pada janin. It's terrible!

3. Kolagen dan Elastin


Source:
www.suara.com

Kolagen dan elastin adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat, berwarna bening kekuning-kuningan. Manfaatnya adalah menjaga kelenturan kulit dan mencegah keriput. Kandungan ini cukup banyak loh digunakan di dalam produk kecantikan. Moeslemates, harus hati-hati karena biasanya kolagen berasal dari sapi dan babi. Jika berasal dari sapi, tentunya tidak menjadi masalah. Namun, kamu harus pastikan kembali, bahwa produk dengan kandungan tersebut jika berasal dari babi statusnya haram.

4. Hormon

Source: parenting.dream.co.id

Hormon cukup dibutuhkan dalam bidang kecantikan, karena memiliki manfaat untuk membuat sesorang awet muda dan segar. Beberapa hormon yang cukup umum digunakan dalam produk kecantikan adalah hormon estrogen, ekstrak timus dan melantonin. Hormon sendiri berasal dari hewan dan sangat perlu diteliti lagi kehalalannya.

5. Asam Alfa Hidroksi

Asam Alfa hidroksi atau yang dikenal dengan sebutan AHA adalah salah satu kandungan skincare yang cukup digemari oleh skincare enthusiast. Senyawa AHA cukup banyak macamnya ada yang terbuat dari senyawa kimia dan ada juga yang pembuatannya terbuat dari hewan. Nah. AHA yang pembuatannya dari hewan ini yang harus diwaspadai.  Salah satu AHA yang mengandung unsur hewani adalah lactic acid. Kamu wajib teliti dan mencari tahu, jenis hewan yang digunakan untuk kandungan tersebut.

Nah itulah 5 kandungan skincare yang wajib diwaspadai oleh Muslimah. Yuk lebih concern dengan kandungan yang terdapat dalam skincare ataupun produk kecantikan lainnya yang kamu punya. Karena apapun yang kamu pakai dan konsumsi akan mempengaruhi ibadahmu. Semoga bermanfaat.