Blog Image
Source : https://kumparan.com/kumparanmom/parenting-islami-ibu-hamil-ngidam-bagaimana-hukumnya-1547782683104210752

Monday, July 13, 2020

5 Kandungan Skincare yang Harus dihindari Oleh Ibu Hamil dan Menyusui

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Kamu ibu hamil? Atau sedang menyusui? Ingin tetap menjaga kecantikan kulit namun ragu untuk menggunakan skincare karena takut membahayakan si kecil? Moeslemates, kamu tetap bisa menjaga kecantikan dan kesehatan kulitmu ko, hanya saja kamu harus lebih aware dengan beberapa kandungan skincare yang sebaiknya dihindari pada masa ini. Berikut ini Moeslema akan membahas 5 kandungan skincare yang harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui. Simak ulasannnya yuk! 

1. Petroleum 


Source: healthline.com

Pecinta skincare pastinya sudah tidak asing lagi dengan petroleum atau petroleum jelly, karena memiliki banyak manfaat dan juga dapat membantu berbagai beauty hacks. Namun ketika hamil dan menyusui, sebaiknya kamu menghindari kandungan ini. Menurut beberapa penelitian, petroleum ternyata dapat membuat kulit sensitif bayi menjadi iritasi. Kamu juga perlu teliti, biasanya petroleum dalam ingredients list produk skincare memiliki banyak istilah, dan jarang ada yeng menyebutkan langsung petroleum. Biasanya petroleum sering muncul dengan sebutan propylene glycol, mineral oil, paraffin, petrolatum dan isopropyl alcohol.  

2. Paraben 


Source: hot.liputan6.com

Beberapa tahun terakhir, muncullah kabar bahwa paraben memiliki efek negatif bagi kulit, walaupun tidak ada bukti pasti tentang hal ini. Namun Moeslemates, ternyata paraben dapat mempengaruhi sistem endokrin pada si ibu, hal itu tentunya bisa tertranfusi pada bayi saat menyusui. So, sebaiknya dihindari Moeslemates! 

3. Retinoid 


Source: cantik.tempo.co

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan yaitu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati dan juga merangsang produksi kolagen, dan juga baik untuk kulit berjerawat. Melihat dari berbagai manfaat yang ditawarkan oleh kandungan skincare ini, pastinya kamu akan tergoda untuk mencobanya. Namun Moeslemates, ternyata kandungan ini tidak baik untuk ibu hamil dan menyusui karena berisiko mengganggu perkembangan janin. 

4. Asam Salisilat


Source: www.suara.com

Asam salisilat biasanya banyak ditemukan dalam produk cleanser seperti face wash. Asamsilfat kemungkinan tidak aman jika digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Dilansir dari hallosehat.com. Pernah dilakukan sebuah penelitian pada tahun 2016 menunjukkan efek samping berbahaya pada hewan hamil yang tengah diuji coba dengan asam salisilat. Hewan tersebut mengalami keracunan salisilat ketika mereka diberikan asam salisilat dan obat-obatan aspirin. Walaupun belum ada uji coba pada manusia, sebaiknya kandungan ini dihindari. 

5. Benzoyl Peroxide

Salah satu kandungan skincare yang cukup terkenal untuk mengatasi permasalahan jerawat ini ternyata dilarang untuk digunakan oleh ibu hamil loh. Hal ini dikarenakan benzoyl peroxide dapat menyebabkan kerusakan janin yang cukup serius loh! 

 

Nah itulah 5 kandungan skincare yang harus dihindari oleh ibu hamil. Jika kamu masih kesulitan untuk memahami kandungan skincare yang berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui, ada baiknya pilihlah brand skincare yang sudah menyatakan dirinya tidak berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui. Semoga bermanfaat.