Blog Image
Source : https://www.facetofeet.com/event/8811/ini-cara-mengatasi-3-masalah-rambut-yang-sering-dihadapi-wanita-berhijab

Thursday, November 21, 2019

5 Cara Merawat Kulit Saat Cuaca Panas

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Ngerasa gak sih, akhir-akhir ini cuaca panas yang sedang kita alami berbeda dari panas biasanya? Masih pagi saja rasanya ko sudah terasa panas seperti pada siang hari. Moeslemates, menurut BMKG dalam kurun waktu satu minggu kedepan Indonesia akan mengalami potensi suhu terik. Hal ini dikarenakan matahari sedang berada di bawah garis khatulistiwa. Oh no! Hal tersebut pastinya menjadi kabar buruk untuk kulitmu. Sinar matahari yang berinteraksi langsung dengan kulit akan menyebabkan kerusakan pada serat kolagen, dan secara gak langsung meningkatkan produksi radikal bebas yang dapat mengakibatkan kerusakan pada DNA kulit. Yuk lakukan 5 cara merawat kulit dicuaca panas berikut ini. Simak ulasannya yuk!

1. Gunakan Skincare yang Mengandung Vitamin C

Source: www.hellomagazine.com

Moeslemates, ternyata cuaca panas memproduksi lebih banyak radikal bebas dibandingkan pada cuaca biasa loh. Skincare yang mengandung vitamin C memilki kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, sinar UV, asap rokok dan faktor luar lainnya yang bisa merusak kulit. Gak cuma itu, vitamin C juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit yang kusam akibat terpapar sinar UVA dan UVB.

2. Moisturize, Moisturize and Moisturize


Source: www.grid.id

Gak bisa dipungkiri lagi cuaca panas akan mengakibatkan kulitmu kehilangan kelembabannya. Maka dari itu, kulitmu perlu kelembaban ekstra dari luar. Moisturizer bisa jadi salah satu perawatan kulit untuk cuaca panas dengan formula yang dapat melembabkan kulit secara instan. Untuk pemilihan moisturzer sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulitmu ya. Kamu boleh reapply moisturizer kapanpun jika dirasa kulitmu butuh kelembaban ekstra.

3. Perbanyak Minum Air Putih


Source:
jakarta.tribunnews.com

Gak hanya dari luar, kamu juga bisa melakukan perawatan kulit untuk cuaca panas dari dalam, dengan banyak mengkonsumsi air putih. Selain meredakan dahaga, memperbanyak minum air putih pada saat cuaca panas akan menggantikan cairan tubuh yang hilang karena keringat. Hal ini gak cuma baik untuk kesehatan tubuh tapi juga kulit. Kulit akan menjadi halus dan terjaga kelembabannya.

4. Jangan Lupakan Sunscreen


Source: meramuda.com

Perawatan kulit saat cuaca panas yang gak boleh kamu lupakan adalah menggunakan sunscreen. Cuaca panas mengakibatkan produksi sinar UVA dan UVB meningkat, akibatnya banyak permasalahan kulit yang akan muncul karena hal ini seperti jerawat, keriput dan noda hitam. Tapi kamu gak perlu khawatir. Cukup aplikasikan sunscreen pada wajahmu dan reapply sunscreen setiap 2 sampai 3 jam sekali untuk melindungi wajahmu dari pengaruh buruk sinar UVA dan UVB tersebut.

5. Gunakan Face mist

Face mist bisa jadi salah satu penyelamat kamu di saat cuaca panas karena dapat memberikan kesegaran instan. Salah satu jenis skincare ini gak hanya berisi air, namun juga mengandung bahan lainnya yang bermanfaat untuk kulit. Termasuk melembabkan, menyegarkan dan juga menutrisi kulit disaat cuaca panas.

 

Nah itulah 5 perawatan kulit saat cuaca panas. Sebenarnya cuaca panas tidak akan membawa pengaruh buruk untuk kesehatan kulit selama kita melakukan perawatan yang benar dalam merawat kulit. Semoga bermanfaat.