Blog Image
Source : https://www.depokpos.com/2017/11/tanggung-jawab-wanita-sebelum-menikah/

Friday, December 13, 2019

5 Akhlak Cantik yang Harus Dimiliki Muslimah

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Tak hanya pandai menjaga dan merawat diri, seorang muslimah juga harus memiliki akhlak yang cantik, sebagai bentuk keimanan kepada Allah Ta'ala. Islam adalah agama yang sempurna dan tak kurang satu apapun. Segala hal diatur oleh agama ini termasuk juga berkenaan dengan muslimah. Muslimah tanpa akhlak yang mulia takan memiliki nilai di mata manusia dan juga Allah Ta'ala. Lalu akhlak apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang muslimah? Simak ulasannya yuk!

1. Memiliki Sifat Malu


Source: ruangmuslimah.co

"Rasa malu tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan" (HR. Bukhari no. 6117 dan Muslim no 37, dari Imron bin Hushain)

Malu adalah mahkota kemuliaan bagi seorang wanita. Karena dengan rasa malu, wanita muslimah akan enggan melakukan perbuatan jelek lagi hina. Seperti membuka aurat dan melakukan maksiat. Rasa malu juga akan mendatangkan cinta Allah Ta'ala. Karena rasa malu pada wanita adalah kemuliaan dan bagian dari bukti keimanan seseorang.

2. Bermanfaat Bagi Orang Lain


Source: islam.nu.or.id

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia

Baca selengkapnya https://muslimah.or.id/6435-pribadi-yang-bermanfaat.html

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Salah satu akhlak yang harus ada dalam diri para muslimah adalah selalu memberikan manfaat dimanapun ia berada. Hal ini tak hanya dapat mendatangkan cinta Allah Ta'ala saja tapi juga manusia. Ia mudah mencintai dan dicintai oleh manusia lainnya. Maka, mulailah berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi manusia lainnya dari hal-hal yang kecil dan mulai `sekarang ya!

3. Cerdas


Source: www.dream.co.id

“Samakah orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui?”‘, sesungguhnya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran”. (QS. Az-Zumar [39]: 9)

Moeslemates, manusia sempurna karena akalnya. Seorang muslimah akan benar-benar dicintai oleh Allah jika ia benar-benar menggunakan akalnya. Bahkan dalam al-quran kalimat "Tidakah kamu berrfikir?" sering diulangi beberapa kali. Namun menggunakan akal saja tak cukup, harus dibarengi juga dengan iman, agar semua amalan yang kita lakukan melangkah pada hal-hal yang baik.

4. Pandai Menjaga Waktu


Source: www.dekoruma.com

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran”

Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/2535-tafsir-surat-al-ashr-membebaskan-diri-dari-kerugian.html

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al ‘Ashr).

Ayat tersebut mengingatkan kita bahwa waktu sangatlah berharga, dan orang-orang yang menyianyiakannya adalah orang-orang yang merugi. Isilah waktumu dengan segala hal yang bermanfaat dan mendekatkan dirimu pada kebaikan.

5. Menjaga Bicara


Source: bincangsyariah.com

Moeslemates, menjaga lidah adalah jalan menuju keselamatan. Karena kelak, lidah juga akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak. Oleh karena itu berfikirlah sebelum berbicara. Seorang muslimah yang baik harus meniru cara Rasulullah dalam berbicara dan menjaga bicaranya yaitu menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak menyakiti serta lemah lembut.

 

Nah, itulah 5 akhlak yang harus dimiliki oleh para muslimah. Sudahkah kamu memilikinya?

 

 


 

 

Rasa malu tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan.” (HR. Bukhari no. 6117 dan Muslim no. 37, dari ‘Imron bin Hushain.)

Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/21207-8-sifat-wanita-terbaik.html