965
  2016-10-06       gaijinpot.scdn2.secure.raxcdn.com

Perkenalan Studi di Fukuoka, Jepang

Untuk kamu yang lagi bingung mau melanjutkan studi di Jepang, coba telusuri lebih lanjut tentang Fukuoka deh!

Lidya O. 213 views

Dari sekian banyak kota di Jepang yang umumnya dikenal, Fukuoka memang tidak sepopuler Tokyo, Kyoto, atau Osaka. Banyak juga yang tidak tahu kalau Fukuoka sebenarnya kota terbesar di selatan Jepang (Kyushu-Okinawa) dan kota terbesar ke-6 di Jepang sendiri dengan jumlah penduduk sebanyak 1,5 juta jiwa pada tahun 2010.

Kota Fukuoka juga salah satu kota tujuan belajar bagi mahasiswa asing lho! Dengan jumlah mahasiswa asing sebanyak 9000 orang membuat kota ini berada di urutan ke-3 setelah Tokyo dan Osaka. Selain sebagai kota tujuan belajar, Fukuoka juga menjadi kota terbanyak yang merekrut pekerja asing yaitu sekitar 19.831 orang pada tahun 2016. Mengapa demikian? Mungkin salah satunya adalah karena kota ini termasuk salah satu kota yang memberikan kenyamanan untuk tinggal, tidak hanya bagi penduduk lokal tapi juga warga asing.

Seminar Fukuoka Japan Education Fair 2016

Beberapa hari yang lalu, saya sempat mengikuti seminar terbuka yang diadakan oleh Japan Foundation mengenai studi di Fukuoka. Jadi, lebih tepatnya mereka memperkenalkan kota Fukuoka itu sendiri sebagai salah satu kota di Jepang yang cukup menjanjikan untuk kamu yang mau sekolah sekaligus travelling.

Saya memang tertarik di dunia pendidikan dan memiliki mimpi yang besar untuk bisa kembali berkuliah sampai ke jenjang master maupun doktoral. Bukannya mewajibkan dan mengharuskan punya gelar S2 atau S3, tapi tidak ada salahnya bukan selama kesempatan itu datang ke kita?

Sebelumnya saya memang tidak begitu mengenal kota Fukuoka lebih detail. Lewat seminar ini, saya jadi banyak tahu tentang bagaimana makanan di Fukuoka, bagaimana orang-orangnya, bagaimana kehidupannya, biaya hidup, tempat-tempat menarik, universitas-universitas terkenal, dan jalur kereta yang ternyata tidak seribet dan serumit di Tokyo, lho!

Nah, untuk mengetahui apa saja yang menarik untuk para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di Fukuoka, coba perhatikan poin-poin di bawah ini.

Mengenal Fukuoka

Fukuoka adalah negara yang memiliki hubungan baik dengan negara lainnya termasuk Indonesia. Letaknya berada di arah Selatan Tokyo dan dekat dengan Busan, Korea.

Jalur kereta yang dilalui sepanjang kota Fukuoka juga tidak menyulitkan. Tidak seperti di Tokyo maupun Osaka.

Luas kota ini hanya setengahnya dari DKI Jakarta saja lho, yaitu sekitar 340,96 km². Sedangkan luas kota DKI Jakarta itu bisa mencapai 661.5 km². Itu artinya, kalau kamu mau jalan-jalan keliling Fukuoka, tidak akan secapek kamu muter-muter Jakarta. Jadi, mau ke mana saja bisa ditempuh dengan jalan kaki dan transportasi umum seperti bus dan kereta.

Selain itu, penduduk kota Fukuoka tidak sebanyak di Tokyo. Kamu tidak akan merasakan sesak di jalan atau macet karena kebanyakan orang Jepang bertempat tinggal di kota-kota besar. Walaupun begitu, Fukuoka tetap menjadi kota wisatawan asing yang ingin travelling dengan biaya hidup relatif lebih murah, bahkan setengahnya jika dibandingkan dengan Tokyo.

Tempat Menarik

Fukuoka memiliki banyak ragam tempat-tempat menarik yang instagramable banget lho. Salah satunya adalah Fukuoka Tower. Sama seperti Monumen Nasional di Jakarta, warga asli Fukuoka biasanya jarang ke tempat ini dan lebih mendominasi warga asing maupun warga kota lainnya. Kamu bisa menikmati keindahan kota Fukuoka dari lantai teratas gedung jangkung ini dengan biaya masuk sekitar 800 yen untuk orang dewasa, 500 yen untuk pelajar dan 200 yen untuk anak-anak di bawah 4 tahun.

Selain terdapat banyak tempat-tempat wisata yang menarik, yang tidak kalah pentingnya yaitu Fukuoka adalah salah satu negara di Jepang yang Muslim Friendly lho Moeslemates. Masjid Al Nour Islamic Center misalnya. Kegiatan yang dilakukan oleh warga muslim yang ada di Fukuoka sangat aktif dan memiliki komunitas yang terus terjalin baik hingga saat ini. Kalau kamu berkesempatan untuk jalan-jalan ke Fukuoka, jangan lupa mampir di Masjid Al Nour Islamic Center ini ya!

Makanan

Jangan heran kalau kamu ke Fukuoka dan melihat banyak ragam menu seafood yang dihidangkan. Wajar saja, Fukuoka berada di dekat laut. Jadi, menu makannya lebih mayoritas ke makanan laut.

Salah satunya adalah Sushi dan Sashimi. Makanan ini memang wajib menjadi menu andalan kamu selama di Fukuoka. Karena selain enak banget, kamu juga bisa buat sendiri lho di apartemen! Ya, buat kamu yang khawatir dengan ketidakhalalan menu Sushi dan Sashimi, sebaiknya kamu siapkan kecap asin yang kamu bawa dari Indonesia dan cocol dengan Sushi buatanmu sendiri. Modalnya tidak susah kok, hanya perlu ikan dan nasi untuk dikepal menjadi Sushi maupun Sashimi. Bahan-bahan lainnya seperti sayuran bisa kamu beli di pasar. Aman kan?

Satu lagi yang menjadi favorit warga Fukuoka yaitu Mentaiko. Makanan ini terbuat dari telur ikan yang diasinkan yang dapat dicampur dengan makanan lain seperti spageti, onigiri dan pasta.

Restoran-restoran di Fukuoka ternyata banyak yang sudah halal dan aman untuk pengunjung muslim lho Moeslemates. Dan kalian juga bisa cek di situs-situs berikut ini beserta dengan alamat dan nomer telepon yang dapat dihubungi.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS