964
  2016-10-06       3.bp.blogspot.com

Movie Review: Erased

Perjuangan mengubah takdir yang dilakukan oleh Satoru Fujinuma dalam animenya yang berjudul "Boku Dake ga Inai Machi" diangkat menjadi sebuah film yang berdurasi 120 menit.

Lidya O. 89 views

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki nilai jual animasi cukup baik di wilayah Asia Tenggara. Sebut saja karya Miyazaki Hayao yang diberikan nama Studi Ghibli sebagai masterpiece kebanggaannya. Oleh karena itu, tidak heran jika Jepang dikenal sebagai negara yang mampu memproduksi komik dan anime terbaik yang tersebar sampai ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Source: natalie.mu

"Erased" atau "Boku Dake ga Inai Machi" adalah film yang bergenre fantasi yang diadaptasi dari serial komik karya Kei Sanbe yang terbit pada 4 Juni 2012 dan diadaptasi oleh studio animasi A1 Pictures menjadi sebuah anime pada 8 Januari 2016. Yang membuat anime ini menarik adalah karena komik "Boku Dake ga Inai Machi" pernah mendapatkan nominasi di ajang bergengsi Osamu Tezuka Cultural Prize ke 18 dan Manga Taishoke 7.

Source: natalie.mu

Sinopsis

Erased bercerita tentang seorang pemuda yang bercita-cita menjadi komikus terkenal yang diperankan oleh Tatsuya Fujiwara. Tokoh utama dalam film ini adalah Satoru Fujinuma yang memiliki kemampuan supranatural yaitu bisa mengulang kembali masa lalu untuk memperbaiki sejarah dalam mencegah kejahatan. Pada saat waktu mundur, Satoru bertemu dengan salah satu korban pembunuhan berantai bernama Kayo Hinazuki dan ia berhasil menyelamatkannya dari kasus pembunuhan. Kemampuannya ini telah menjadikannya sebagai seorang pahlawan yang amat disayangi oleh teman-teman dan keluarganya. Ia pun berhasil menyelamatkan nyawa Ibunya yang terbunuh oleh penjahat yang terus meneror dirinya dan orang-orang terdekatnya. Airi, teman perempuan terdekatnya di masa dewasa, diam-diam ia memendam perasaan yang selama ini hanya mampu ia sembunyikan. Pada saat ia kembali ke 18 tahun yang lalu dan berhasil memperbaiki kasus kejahatan, ia pun terdorong kembali ke masa dewasa dan melihat Airi berjalan di depannya seolah tidak mengenalnya sama sekali. Walaupun begitu, Satoru lega karena setidaknya ia bisa menolong orang-orang terdekat hingga mereka bisa hidup sampai saat ini.

Source: natalie.mu

Satoru kecil yang diperankan oleh Tsubasa Nakagawa mampu menghipnotis penonton untuk terhanyut dalam cerita ala detektif dan seri pahlawan untuk tugas menyelamatkan teman-teman masa kecilnya. Tsubasa hanyalah anak kecil yang berusia 11 tahun yang memiliki kemampuan akting melebihi aktor dewasa. Ia begitu mulus memerankan jiwa Satoru dewasa walau tubuhnya masih seorang anak SD yang belum mampu berbuat banyak untuk menolong orang. Tapi dengan ketulusannya, kejujurannya, dan kelihaiannya dalam berakting membuat semua penonton gemas dengannya.

Source: natalie.mu

Kayo Hinazuki memiliki karakter pendiam, pesimis, dan penakut yang tidak memiliki teman. Beruntunglah ia diselamatkan oleh Satoru si pemberani yang menjadi pahlawannya selama ini. Kayo diperankan oleh Rio Suzuki yang juga memiliki kualitas akting di atas rata-rata. Ia dan Tsubasa mampu membuktikan bahwa perjuangan untuk melawan kejahatan bisa dilakukan bahkan hanya dengan tangan-tangan kecil mereka!

Source: natalie.mu

Walaupun Tsubasa adalah seorang anak kecil yang belum beranjak dewasa, ia harus memerankan jiwa seorang Satoru dewasa yang penuh dengan antusias dan keberanian. Apa yang Tsubasa tampilkan adalah karakter seorang pria dewasa yang terjebak di tubuh anak kecil.

Secara keseluruhan, film ini baik dalam mengangkat cerita bergenre fantasi pahlawan yang dapat menginspirasi banyak orang serta mengenal arti perjuangan sesungguhnya. Walaupun tetap, di sudut pandang mata penonton, ada beberapa adegan yang "mengganjal" sehingga membuat penonton bertanya-tanya, kenapa begini dan kenapa begitu. Mungkin maksud produsernya ingin membuat penonton berandai-andai sendiri tentang pertanyaan itu. Tapi, sebagai penonton, saya merasa kurang puas dengan akhir cerita film Erased. Beruntungnya, film ini terselamatkan oleh akting para aktor dan aktris kecil yang begitu memukau.

Trailer

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS