963
  2016-10-06       bhairsamatan.wordpress.com

Yuk Cek Tekanan sebelum Bocor, Hipertensi Loh!

Seperti halnya ban akan mengalami kondisi dimana akan meningkat dan kemudian bocor. Begitu pun darah kita, jika kita tidak mengontrol tekanan itu, lambat laun akan mengalami gangguan.

Triwitaan 22 views

Hasil penelitian menunjukan bahwa penyandang hipertensi yang tidak terkontrol, tujuh kali lebih beresiko terkena stroke, enam kali berisiko terkena gagal jantung dan tiga kali lebih berisiko terkena serangan jantung. Hipetensi yang tidak terkendali juga akan merusak ginjal.

World Hearth Federation, saat ini setidaknya 970 juta orang di dunia mnegalami hipertensi dan jumlahnya akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Source: www.konsultankolesterol.com

Dalam kondisi tersebut, penderita hipertensi tidak hanya dihadapkan pada resiko menjalani perawatan seumur hidup, akan tetapi akan mengalami penurunan kualitas hidup. Hipertensi akan merusak organ secara diam-diam selama bertahun tahun sebelum menunjukan gejala.


Source: propolisbrazilianasli.wordpress.com

Seperti apa dapat dikatakan kategori hipertensi

Prehipertensi adalah kondisi dimana seseorang memiliki tekanan darah diatas normal, tetapi belom termasuk kedalam golongan hipertensi yang berbahaya.
Sedangkan, hipertensi adalah kondisi dimana seseorang sudah perlu waspada karena sudah memiliki tekanan darah yang tinggi. Penderita diwajibkan untuk mengontrol tekanan darah, selain dengan pola hidup yang sehat penderita juga perlu melakukan pemeriksaan secara rutin.

Berbeda dengan hipertensi tahap1 dan hipertensi tahap 2 adalah kondisi dimana seseorang sudah tidak mau lagi mengontrol tekanan darah . pada kondisi ini penderita sudah masuk kepada tahap yang berbahaya.
Penyebab Hipertensi.

Siapa yang dapat menderita Hipertensi ?

1. Usia. Hipertensi umumnya menyerang pria pada pada usia 45 tahun dan wanita pada usia 65 tahun.
2. Ras. Hipertensi pun umumnya dialami oleh mereka yang memiliki kulit hitam dan usia muda justru hipertensi dialami ras kulit putih.
3. Riwayat keluarga
4. Obesitas
5. Tidak melakukan aktivitas fisik ( olahraga )
6. Merokok
7. Banyak mengkonsumsi garam
8. Kekurangan kalium
9. Kekurangan vitamin D
10. Banyak mengkonsumsi minuman beralkohol
11. Stress
12. Memiliki penyakit kronis

Source: penyakithipertensi.org

Hipertensi dapat menyebabkan gagal ginjal
Ginjal merupakan organ yang berfungsi unuk menyaring zat-zat makanan dan membuang kotoran yang diperoleh dari darah. Dan membawanya ke ginjal, yang akhirnya akan menimbulkan beberapa gangguan di dalam ginjal sepertigagal ginjal, timbulnya parut di ginjal dan pembengkakan pembuluh darah diginjal.
Langkah pencegahan

Meski hipertensi tergolong berbahaya dan sering dialami, bukan berarti pencegahan tidak dapat dilakukan. Apa langkah pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan menjaga pola hidup tetap sehat, diet dan tetap melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS