959
  2016-10-10       upload.wikimedia.org

Kebumen Trip

Kebumen, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di Selatan Jawa. Mau tau tempat- tempat wisata apa saja yang ada di sana?

Queenix 118 views

Kebumen, sering denger nama daerah ini? Bagi yang sering melewati jalur selatan menuju Yogyakarta pasti sudah tidak asing dengan daerah ini. Nah bagi yang belum tau, kebumen adalah salah satu kabupaten di Jawa tengah yang terletak di selatan Jawa.

Untuk transportasi yang bisa moelemates gunakan apabila ingin berkunjung ke kebumen dapat menggunakan kendaraan pribadi, kereta api, maupun bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi).

Kebtulan saat itu saya ada urusan di karanganyar kebumen, saya berangkat dari Yogyakarta sekitar pukul 08:00 WIB dengan menggunakan kendaraan pribadi. Waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan untuk sampai di Kebumen.
Bagi yang berangkat dari purwokerto, bisa menggunakan bus dengan jurusan Purwokerto -> Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.
Jika menggunakan kereta api semisal berangkat dari jakarta waktu tempuh kurang lebih 6jam untuk sampai di stasiun kebumen.

Lalu kira- kira tempat tempat wisata apa saja sih yang bisa kita kunjungi di Kebumen?
Yuuk yuuk kita mulai "Kebumen Trip" nya ^^

1. Benteng Van Der Wijck

Merupakan benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada abad ke 18 yang terletak 4 KM utara Gombong. atau sekitar 35 KM sebelah barat ibu kota kabupaten kebumen. Atau sekitar 20 menit dari stasiun karanganyar, kebumen jawa tengah. Dan sekitar 10 menit dari stasiun Gombong, Kebumen Jawa Tengah.
Nama benteng ini kemungkinan diambil dari nama komandan yang bertugas pada masa itu di daerah ini.

Untuk tiket biaya masuk untuk orang dewasa sebesar Rp 25.000 sudah termasuk tiket untu naik kereta wisata atas Benteng.
Dikawasan benteng ini juga terdapat waterpark dan kolam renang yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Dan dari atas atap benteng ini kita juga bisa melihat pemandangan daerah sekitar dengan berkeliling menggunakan kereta mini loh.

Di benteng vander wijck ini juga lah lokasi pengambilan adegan dari film The Raid 2 (Berandal) saat di dalam penjara.

Bagaimana moeslemates? Apakah tertarik untuk berkunjung ke sini?

source gambar kanan bawah :

http://4.bp.blogspot.com/-SmrGhjSP2Ww/UzfPEbq0jZI/AAAAAAAACGs/Bp5nn9WMgpQ/s1600/the-raid-2-berandal1.jpg

2. Goa Jati Jajar

Goa Jati Jajar merupakan goa alami yang terbentuk dari batuan kapur di wilayah kabupaten kebumen, Jawa Tengah.

Jarak yang ditempuh dari Benteng Van Der Wijck ke Goa Jati Jajar ini sekitar 20 KM dengan waktu tempuh +/- 45 menit.

Untuk menuju ke Goa ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena posisinya yang cukup jauh dari pusat kota dan juga kendaraan umum yang bisa dibilang jarang.

Untuk biaya tiket masuk nya sebesar Rp 7.500 untuk Dewasa dan Rp 4500 untuk anak- anak.

Setelah membeli tiket masuk, kita akan melewati anak tangga yang cukup membuat lelah untuk mencapai Goa jati jajar ini moelemates.

Setelah menaiki anak tangga yang cukup membuat lelah, sampailah kita di pintu masuk Goa Jatijajar ini moelemates. Dari sini lah kita bisa mulai menelusuri Goa alami ini.

Goa Jati Jajar ini dianggap sebagai tempat semedi dari Lutung kasarung. Di dalam goa ini pun terdapat patung- patung seperti patung lutung kasarung yang seakan akan menceritakan kejadian di masa lampau.

Di dalam Goa ini terdapat 7 mata air atau biasa disebut 7 Sendang atau Sendang Pitu. Namun hanya 4 sendang saja yang mudah di capai yaitu sendang mawar, sendang kanthil, sendang jombor dan sendang puser bumi. Berdasarkan informasi yang saya peroleh konon sendang- sendang ini dapat membuat awet muda loh bagi yang mencuci muka di sendang tersebut (wallahualam).

Untuk tempat wisata yang lainya ada Pantai Ayah/ Pantai Logending, Pantai Suwuk, Pantai Karangbolong dan masih banyak lagi.

Sate Ambal

Tidak Lengkap rasanya jika kita mengunjungi suatu tempat namun tidak mencicipi kulinernya. Salah satu makanan khas dari kebumen adalah Sate Ambal.
Apa itu sate ambal?
Sate ambal ini adalah sate ayam moeslemates.
Lalu apa bedanya sate ambal ini dengan sate ayam yang lain? Sate ambal ini dagingnya sudah dibumbui terlebih dahulu, salah satu campuran bumbunya adalah menggunakan tempe kedelai.
Rasanya sudah pasti mak nyos moeslemates. Bumbunya yang khas dan meresap serta rasa manis nya yang nendang akan menambah selera makan mu.

Oke moeslemates, itulah sedikit sharing pengalaman pribadi saya saat berkunjung ke Kebumen jawa tengah. Karena waktu yang terbatas jadi hanya bisa mengunjungi dua tempat tersebut saja dan berkesempatan mencicipi sate ambal yang mak nyoss abies.
Nah buat yang nyari oleh- oleh nih moeslemates bisa icip - icip Lanting Kebumen. Rasanya yang gurih dijamin nagih deh.

Semoga bermanfaat ya moeslemates ^^

akhir kata
Wassalamualaikum wr wb

Queenix
Queenix
Pecinta Bakso dan Mie Ayam | email : queenix.id@gmail.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Queenix
Queenix
Pecinta Bakso dan Mie Ayam | email : queenix.id@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS