954
  2016-09-28       id.pinterest.com

Tips Jitu Supaya Artikel Kamu Dibaca Oleh Banyak Orang!

Pusing harus bagaimana supaya artikel blog kamu bisa dibaca oleh banyak orang? Yuk simak tips berikut ini!

Airin Karima Ahmad 190 views

Assalamualaikum Moeslemates!

Hari ini aku mau sharing bagaimana caranya supaya artikel kamu dibaca oleh banyak orang! Suka bingung kan ya, bikin artikel susah-susah namun kok viewersnya sedikit? Yuk simak beberapa tips berikut ini!

Tentukan masalah apa yang ingin kamu selesaikan dengan artikel kamu

Source: i.imgsafe.org

Ketika hendak menentukan topik artikel yang mau kamu tulis, cobalah bertanya ke diri sendiri, masalah apa yang ingin kamu selesaikan hari ini?

Menentukan masalah yang ingin kamu selesaikan itu nggak susah kok! Liat hal-hal kecil yang ada disekitar kamu, dan coba gali kesulitan-kesulitan yang ada disitu.

Misalnya saja, aku punya wajah yang bulat, tapi aku ingin memakai hijab segi empat. Bagaimana ya biar aku yang memiliki wajah bulat ini bisa memakai kerudung segi empat tanpa terlihat makin bulat?

Nah, hal tersebut bisa banget untuk dijadikan masalah yang akan diselesaikan dalam artikel kita! Tulislah hal-hal yang memungkinkan untuk jadi solusi, kemudian susun menjadi sebuah artikel!

Kalo kamu butuh bantuan yang sifatnya lebih mendetail, kamu bisa memanfaatkan satu fitur dari google, yaitu Google Trends. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mencari tahu, apasih yang sedang menjadi perhatian banyak orang?

Kamu tinggal masukkan kata kunci (keywords) yang ingin menjadi bahasan kamu di kolom search, kemudian Google Trends akan merekomendasikan hal-hal yang berkaitan dengan kata kunci utama yang kamu inginkan.

Misalnya, aku ingin mencari tahu mengenai topik-topik yang berkaitan dengan hijab. Aku akan masukkan kata kunci 'hijab' di kolom search. Interest by region nomer satunya adalah Indonesia. Rekomendasi topik yang diberikan yaitu Zaskia Sungkar, Dewi Sandra, Laudya Chintya Bella. Sedangkan rekomendasi kata kunci yang sering dicari adalah hijab pashmina simple, hijab kebaya, gambar tutorial hijab, hijab segi empat.

Dari rekomendasi tersebut, kita bisa mempertimbangkan topik yang ingin kita angkat sebagai tema artikel kita.

Bukan berarti kita harus selalu menulis sesuatu yang sedang trend sih, namun dengan bantuan seperti ini, kita bisa melihat masalah apa yang real terjadi di masyarakat, and people are looking for solutions. Ketika artikel kita bisa menyelesaikan masalah orang banyak, tentunya artikel tersebut dapat memberikan manfaat lebih luas untuk masyarakat donk ;)

Craft your killer headline!

Judul, adalah 'gerbang masuk' seseorang untuk masuk kedalam artikel kamu. Perlu banget lho merangkai judul yang optimal. Selain untuk menarik perhatian calon pembaca, juga untuk membuat artikel kamu mudah ditemukan oleh search engine (misalnya google).

Jadi, judul artikel seperti apa yang kira-kira bisa menarik perhatian para pembaca?

- Judul yang menggunakan kata-kata yang memancing rasa penasaran.
- Judul yang dapat menyiratkan benefit (keuntungan) yang akan didapat setelah membaca artikel.
- Judul yang memiliki relevansi dengan kehidupan sehari-hari pembaca artikel kamu.

Tambahkan item-item lain seperti image dan video untuk mendukung artikel kamu!

Maksimalkan konten dalam artikel kamu supaya makin banyak pembaca yang datang!

Contohnya, ketika aku membuat artikel mengenai tips menulis seperti ini, aku akan memberikan clickable link tentang artikel yang berhubungan dengan penulisan kreatif, gambar-gambar yang dapat menstimulasi pemahaman (infografik, tutorial, dll), atau video-video yang berkaitan dengan motivasi membuat konten kreatif!

Apa saja konten-konten yang perlu kamu taruh untuk memperkaya artikel kamu?

- Featured Image dengan kualitas yang stand out.
- Pembukaan artikel (paragraf pertama) yang baik.
- Link-link yang memiliki hubungan dengan pembahasan dalam artikel kamu.
- Video yang dapat membantu pemahaman artikel.
- Quotes pendukung.
- Kalau kamu sedang membahas sebuah produk, link yang bisa men-direct pembaca kamu ke website e-commerce yang menjual produk tersebut.

Sebarkan artikel kamu di media sosial

Naaaah ini dia yang penting banget! Distribusikan artikel kamu dengan berbagai saluran media sosial supaya bisa artikel kamu bisa ditemukan oleh banyak orang!

Belakangan ini, Facebook sedang banyak digunakan kembali oleh masyarakat Indonesia. Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan artikel kamu!

Oh iya, satu hal yang perlu kamu perhatikan, kalau ada yang meninggalkan komentar di artikel kamu, jangan lupa dibalas ya! Orang akan cenderung datang kembali ke artikel kamu, ketika kamu ramah kepada para pembaca :)

Buatlah postingan secara rutin

Untuk menciptakan pembaca setia yang terus datang, selain upaya membuat artikel yang berkualitas, kita juga harus konsisten mengenai banyaknya artikel yang kita posting dalam satu kurun waktu. Apakah kita akan menulis seminggu sekali, dua kali seminggu, atau malah satu bulan dua kali? Kamu yang tentukan!

Yang perlu kamu perhatikan, buatlah pembaca bisa memprediksi kapan terbitnya artikel kamu, sehingga dengan sendirinya mereka akan datang ke website/blog/profile page kamu untuk mengecek apakah kamu punya artikel baru atau tidak.

Connect with other writer!

Jangan lupa bersosialisasi dengan para penulis lainnya! Biasanya acara seperti ini diadakan oleh komunitas, jadi jangan ragu untuk mendaftarkan diri kamu ke komunitas menulis yang kamu suka! Selain untuk memperluas networking, kamu juga bisa saling bertukar alamat blog/website/profile kamu, atau bahkan berkolaborasi dengan penulis lainnya dan menciptakan konten kreatif berikutnya!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang bingung mengenai dunia tulis-menulis yaa!

Sesungguhnya artikel ini tidak akan tercipta tanpa bantuan 'The Writing Guru' yang sering banget aku minta bantuannya, Mas Amal Agung Cahyadi! I put a link down below, jadi kalian bisa visit ke personal blog-nya kalau mau cari tahu tentang tips-tips menulis lainnya!

Salam,


airin

Airin Karima Ahmad Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS