934
  2016-09-28    

Hayo yang Hobi Liburan di Jogja, Udah Pernah Nyobain Masangin Belum?

Yang seringkali ke Jogja, sudah nyobain sensasi masangin belum?

Retno Septyorini 18 views

Masangin Itu Apa Sih?

Masangin merupakan salah satu permainan turun-temurun yang hanya dapat Moeslemate lakukan saat berada di Jogja, tepatnya di kawasan Alun-Alun Selatan atau yang kerap disebut dnegan Alun-Alun Kidul. Asal cuaca mendukung dan alun-alun tidak dalam kondisi penuh, permainan tradisional ini dapat dilakukan kapan saja, baik pagi, siang ataupun malam hari.

Konon menurut cerita yang berkembang, permainan masangin merupakan salah satu latihan konsentrasi yang dijalani oleh para prajurit. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini akhirnya dilakukan banyak orang. Kini masangin menjelma menjadi slaah satu daya tarik wisata di kota gudeg.

Tata Cara Masangin

Jalan-jalan di Alun-Alun Selatan Jogja

Gimana sih cara melakukan permainan unik ini? Moeslemate yang ingin mencoba masangin cukup memposisikan diri sisi utara alun-alun, tepatnya di tengah garis lurus diantara kedua pohon beringin. Selanjutnya tinggal lalu tutup mata saja lalu berjalan sekitar 20 hingga 30 meter. Seseorang dianggap sukses menakhlukkan permainan masangin jika berhasil melewati area diantara dua pohon beringin yang terdapat di Alun-Alun Selatan.

Urband Legend

Jalan ke Pinggir Alun-Alun

Meski terkesan sederhana karena hanya berjalan sembari menutup mata, ternyata permainan tradisional ini tidak mudah untuk ditaklukkan. Buktinya, tidak semua wisatawan ataupun warga lokal berhasil melewati area diantara dua pohon beringin tersebut. Kono jika seseorang berhasil berjalan melintasi area di tengah pohon beringin ini, cita-citanya akan terpenuhi.

Rute Menuju Alun-Alun Selatan

Alun-Alun Selatan Jogja dapat diakses dari beberapa arah, salah satunya dari jalan raya yang dilewati bus kota yang beroperasi di Jogja. Kalau dari Bundaran UGM, Alun-Alun Selatan Jogja dapat diakses menggunakan Bus Kota Jalur 2 lalu turun di Pojok Beteng Wetan. Selanjutnya tinggal menyeberang jalan dan naik bus yang menuju ke arah Plengkung Gading, seperti Bus jalur Bantul dan turun di Plengkung Gading. Alun-Alun Selatan Jogja berada di sisi utara Plengkung Gading.

Yakin nggak pengen nyoba?

Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS