932
  2016-09-27       www.eurocomms.com

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

Ternyata mendengarkan musik klasik memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Mungkin kalian tidak akan menyangka betapa besar pengaruh musik klasik bagi kehidupan kalian

Deane Lene 242 views

Di dunia terdapat beragam jenis musik yang kita kenal. Pop, rock, jazz, blues, gospel, metal, country dan masih banyak lagi. Musik yang setiap hari selalu kita dengar memiliki kekuatan khusus untuk menggerakkan emosi kita. Musik bisa membuat kita menjadi riang, sedih, bahkan bisa membuat seseorang terharu dan menetekan air mata. Kalian juga dengan sendirinya akan memilih lagu yang sesuai dengan keadaan kalian saat ini.

Kali ini aku akan membahas manfaat musik klasik bagi kehidupan sehari-hari nih. Mungkin sebagian besar dari kalian kurang memahami dan tertarik dengan musik klasik. Musik klasik tidak banyak peminatnya karena hanya cenderung membosankan sebab sepanjang lagu hanya ada instrumen saja yang mengeluarkan suara.

Namun ada segudang manfaat dari musik klasik yang ternyata sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari yang tidak kita sadari selama ini. Berikut beberapa diantaranya.

1. Meningkatkan fungsi otak

Source: www.limelightmagazine.com.au

Musik klasik berguna untuk meningkatkan fungsi kerja otak kanan, sehingga fungsi daya otak bisa seimbang. Selain itu musik klasik memiliki efek pada perkembangan memori. Ketika mendengarkan musik klasik terjadi rangsangan pada jalur otak, yang memproses penalaran spasial. Kemampuan ini membantu manusia belajar ilmu abstrak, rencana dan berpikir ke masa depan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik bisa mendorong bayi dalam kandungan untuk belajar membedakan berbagai jenis suara dan membantu memori auditori mereka.

2. Memperbaiki Mood

Source: ehotbuzz.com

Suara yang dihasilkan dari alat musik yang lembut mampu menenangkan suasana hati yang sedang tidak baik. Dengarkan dengan suara yang jangan terlalu kencang dan pilihlah posisi yang cukup santai dan rileks. Pejamkan mata dan dengarkan setiap alunan musiknya dengan baik. Setelahnya kalian akan merasakan perubahan emosi yang ada di diri kalian.

3. Meningkatkan fokus ketika mengerjakan sesuatu

Source: news.usc.edu

Ketika mendengarkan musik yang lembut dapat merangsang aktivitas didalam otak, sehingga meningkatkan pikiran menjadi lebih fokus dan rileks. Biasanya di beberapa negara maju, ketika saat proses belajar mengajar sedang berlangsung, musik klasik turut serta dalam proses tersebut dengan frekuensi suara yang rendah. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan daya fokus dan fungsi kognitif dalam hal mengingat.

4. Mengurangi tingkat stress

Source: il3.picdn.net

Musik bisa menjadi penyemangat yang bagus ketika Kita merasa merasa stres. Ketika kita mendengarkan musik klasik, beberapa organ tubuh kita akan mengalami penurunan aktiftas dan ketegangan seperti melambatnya debaran jantung serta pernafasan menjadi lebih dalam. Hal ini terjadi karena ketika mendengarkan musik klasik otak dipaksa melepaskan endofrin, sehingga dapat menjadikan tubuh rileks secara alami.

Mendengarkan musik adalah salah satu cara terapi yang sangat mudah dilakukan setiap harinya.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS