921
  2016-09-26       www.zalonku.com

Belajar Bahasa Korea Lewat YouTube Han Yoo Ra

Korea menjadi sangat terkenal di kawula muda Indonesia berkat K-pop dan K-dramanya, termasuk saya. Tapi, di balik itu semua ada satu hal yang ingin saya pelajari betul-betul dari Korea, yaitu bahasanya! Yuk intip bagaimana keseruan saya belajar bahasa Korea dengan YouTube!

Lidya O. 301 views

Bagi seorang penyuka dan pembelajar bahasa asing, tentunya menjadi hal biasa untuk menjadikan belajar bahasa itu menyenangkan. Apalagi di zaman yang sudah serba canggih dan internet menjadi salah satu media pembelajaran, seharusnya kita bisa memanfaatkan berbagai kecanggihan tersebut untuk membuat sesuatu yang kita senangi jadi bermanfaat. Salah satunya adalah belajar bahasa lewat internet. Bahasa itu kuncinya hanya satu: praktek. Jadi, kalau kita hanya belajar secara tertulis saja, sayang banget lho. Kalau kita benar-benar ingin bisa memahami bahasa asing, kita harus berani mengucapkannya walaupun salah. Ya, namanya juga belajar pasti ada salahnya. Nah, kali ini saya akan membahas tentang seorang YouTuber asal Korea yang bisa memberikan kita informasi mengenai bahasa Korea gaul percakapan sehari-hari. Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Lalu sudahkah kamu berbangga terhadap bangsa di mana kamu dibesarkan? Jangan hanya berbangga menyukaiku karena aku tak berasal dari negerimu. Tapi cukup lihat aku sama dengan kamu, dan mari berbangga bersama terhadap Indonesia. Maka Indonesia itu aku. Aku itu Indonesia.
Source: cdn.klimg.com

Sekilas Tentang Han Yoo Ra

Han Yoo Ra merupakan salah satu dari sekian banyak warga negara Korea yang tinggal di Indonesia dalam jangka waktu yang cukup lama. Ia bekerja sebagai marketing manager di sebuah perusahaan e-commerce Korea dan part time YouTuber. Sudah 11 tahun lamanya Yoo Ra tinggal di Indonesia bersama keluarganya. Ia pun mengalami hilir mudik susahnya hidup di negara orang yang berbeda budaya drastis dibandingkan negaranya sendiri. Masa kecilnya ia habiskan di Bali bersama teman-teman Indonesianya. Wajar, jika Yoo Ra mau tidak mau, suka tidak suka, pasti setiap hari akan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Kecintaannya pada Indonesia membuat kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga karena kita memiliki banyak sekali ragam budaya dan etnik yang bisa dikenalkan di dunia luar, seperti Korea. Yoo Ra sendiri mengakui bahwa jika diberikan kesempatan, ia ingin sekali pindah kewarganegaraan menjadi WNI. Tapi ternyata, proses perpindahan warga negara di Indonesia itu cukup rumit dan menyulitkan.

Belajar Bahasa Korea

Saya pernah mempunyai beberapa teman Korea yang sedang belajar di Indonesia. Mereka mengakui sendiri bahwa belajar bahasa Indonesia itu memang tidak mudah. Tapi sebagai native speaker, saya akui, pengucapan dan olah vokal orang Korea dalam bahasa Indonesia itu tidak sesulit orang Jepang. Beberapa konsonan yang mirip dengan bahasa Indonesia seperti "eo" dan "eui" memudahkan mereka dalam mengucapkan kosakata dalam bahasa Indonesia.

Nah, bagi orang Indonesia sendiri, mempelajari bahasa Korea sebenarnya susah-susah gampang. Karena menurut saya pengucapannya sedikit memusingkan. Misalnya, kata "jinca" yang artinya "benar/sungguh-sungguh". Kata "jinca" sendiri tidak serta merta disebutkan "j" seperti dalam bahasa Indonesia "jadi". Kata "jinca" diucapkan di antara huruf "j" dan "ch". Berbeda dengan kata "chingu" yang artinya "teman", kata tersebut dibaca dengan jelas "ch". Jadi, dalam bahasa Korea itu huruf "j" terdiri dari 3 macam, yaitu pertama "j" yang dibaca antara "j" dan "ch", kedua "ch" dibaca sesuai tulisan, dan ketiga "c" dibaca jelas "c". Dari ketiga jenis ini, yang paling susah dibedakan adalah yang pertama dan kedua. Kalau kalian baru pertama kali mengenal huruf-huruf Korea, saya sarankan untuk meminta bantuan pada native untuk perbedaan setiap huruf-huruf yang mirip. Karena ini akan sangat membingungkan.

Jika kita sudah menguasai bahasa asing, tentunya ini akan memberikan peluang besar kepada kita untuk mengenalkan budaya Indonesia lebih luas lagi sampai ke luar Asia Tenggara. Kita lahir dan dibesarkan di negeri yang memiliki ribuan pulau dengan berbagai budaya dan bahasa daerah yang bermacam-macam. Tapi mungkin masih banyak dari kita yang berpanutan dengan negara lain. Salah satunya adalah negara maju seperti Jepang diikuti tetangganya, Korea. Saya pun berjanji pada diri saya sendiri untuk mengenalkan Indonesia kepada orang asing yang selalu berpandangan buruk atau melihat Indonesia sebelah mata saja. Ini menjadi tantangan sendiri bagi setiap pelajar yang mempelajari bahasa asing. Di mana pun kamu berada, kamu adalah anak bangsa. Jadi, berikan kesempatan pada masa mudamu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Seperti pada video di bawah ini, saya sangat salut dan tidak percaya bahwa ternyata masih ada orang asing yang bisa memiliki kecintaan terhadap Indonesia sedemikian kuat.

Project HUT RI Ke-71 oleh Han Yoo Ra

Kecintaan Han Yoo Ra terhadap Indonesia, mulai dari budaya, masakan, etnik, suku, daerah, dan berbagai perbedaan yang beragam justru membuatnya kagum pada negeri ini. Ya, kita sebagai warga negaranya justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton, mengagumi, menggemari segala jenis musik maupun hiburan dan produk luar negeri yang dikenal lebih berkualitas. Lewat pesan singkatnya di video di atas ini, saya, sebagai warga negara Indonesia sangat bangga pada setiap karya yang dihasilkan oleh anak bangsa. Melihat ada orang asing yang memiliki kecintaan pada negara ini membuat saya juga ingin lepas berkarya, walau dalam bentuk yang berbeda dari Han Yoo Ra. Mudah-mudahan, anak muda Indonesia bisa terus mengaspirasikan kreativitas mereka untuk mengenalkan Indonesia ke kancah luar negeri. Dengan kemampuan yang kita miliki, kita bisa berjuang bersama untuk menjadikan Indonesia lebih baik dari yang sebelumnya.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS