897
  2016-09-21       i0.wp.com

6 Perilaku Psikologi Kucing

Siapa yang tidak gemas dengan perilaku kucing yang beragam? Mulai dari caranya tidur, berebut makanan, ekspresi kesal, kenakalan, dan masih banyak lagi.

Lidya O. 803 views

Membicarakan psikologi kucing memang tidak ada habisnya. Sifatnya tidak pasti dan bisa berubah-ubah di saat-saat tertentu. Dan tidak semua kucing memiliki sifat atau karakter yang sama. Pengalaman saya selama memelihara kucing baik itu kucing ras maupun kucing kampung adalah tantangan tersendiri yang rasanya berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa perilaku kucing yang paling menonjol oleh manusia.

1. Keegoisan Kucing

Pada dasarnya, kucing telah terbiasa melakukan segalanya sendiri. Inilah yang menyebabkan kucing dikenal memiliki sifat yang egois. Terdapat dua penjelasan yang dapat menggambarkan sifat egois kucing. Pertama, kucing memiliki insting sebagai hewan pemburu. Kedua, kucing tidak pernah dipaksa oleh manusia untuk berperilaku karena memang ini adalah insting hewan. Contohnya, kita tidak pernah menyuruh kucing untuk tidak menangkap tikus. Tetapi, walaupun tanpa suruhan kita, kucing pasti akan tetap bersosialisasi di lingkungannya dengan sendirinya. Namun, memang ada beberapa ras kucing yang terbiasa hidup bersama manusia tanpa mengenal kucing lainnya. Hal ini juga terjadi pada kucing ras pertama saya yang ketakutan dan tidak berani bergaul ke luar rumah mengenal kucing liar lainnya.

2. Daya Ingat Seperti Gajah

Kucing adalah hewan yang memiliki ingatan yang luar biasa. Hal itu yang dapat merusak hubungan antara kucing dan pemiliknya. Misalnya, si pemilik pernah berlaku kasar atau jahat kepada kucing. Maka kucing pun akan bersifat enggan atau malah kabur ketika si pemilik datang menghampirinya. Sebaliknya, jika kita bersifat lembut dan menunjukkan kasih sayang yang tulus kepadanya, kucing akan dengan sendirinya mendatangi kita sambil mengendus-endus bagian tubuhnya ke kita.

3. Rasa Ingin Tahu

Kucing merupakan hewan yang memiliki rasa ingin tahu yang kuat terhadap lingkungan sekitarnya. Jika ada yang terlihat aneh atau janggal, seperti mainan yang bergerak dengan cepat, benda yang bunyinya aneh, aroma yang wangi, atau sesuatu yang terbang seperti burung, kucing akan menyelidikinya. Perilaku seperti ini memang umum pada predator. Pikirannya selalu terjaga dan tidak berhenti untuk menyelidiki lingkungannya. Terlebih lagi jika lingkungan baru.

4. Teritori Kucing

Source: tipskucing.com

Kucing merupakan hewan yang cenderung menandai wilayahnya. Mereka biasanya akan bereaksi luar biasa pada pendatang baru dengan cara mendesis. Di alam liar, hal ini sangat wajar dan banyak terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya kucing yang sudah bertahun-tahun tinggal di rumah kita saat akan dipertemukan dengan kucing baru harus dikenalkan perlahan-lahan. Walaupun pada awalnya memang agak sedikit sulit menciptakan suasana hubungan yang baik. Tapi lama kelamaan mereka pasti akan terbiasa tinggal bersama kok.

5. Terlihat Galak

Saat kucing merasa dirinya terancam bahaya, maka biasanya bulunya berdiri dengan badan melengkung dan miring. Reaksi seperti ini membuat tubuh kucing terlihat lebih besar dari yang biasanya untuk membuat lawannya takut.

6. Rasa Kasih Sayang Kucing

Source: i2.wp.com

Dibalik insting pemburu kucing, mereka memiliki sifat saling mengasihi terhadap sesama kucing dan manusia yang disayanginya lho. Kalau kucing tiba-tiba mendatangi kita sambil menggigit kecil pergelangan tangan, itu artinya dia mulai menyayangi kita. Gigitan tersebut tidak akan sakit karena hal itu adalah biasa sebagai tanda kasih sayang kucing terhadap kita. Apalagi jika kucing tersebut masih kitten. Biasanya, saya paling sering mendapatkan gigitan pertama dari mereka pada saat masih menjadi kitten. Mereka sangat manis dan manja. Meskipun terlihat pemalas, tapi mereka sesungguhnya memiliki sifat penyayang yang sangat dalam lho.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS