890
  2016-09-19       4.bp.blogspot.com

Zumba Sebagai Pengganti Senam Rumahan

Siapa bilang olahraga tidak bisa dilakukan di rumah? Zumba bisa menjadi pilihan olahraga diet kamu di rumah lho!

Lidya O. 577 views

Senam zumba bisa kamu jadikan alternatif yang tepat untuk mendapatkan tubuh yang ideal, sehat dan proporsional lho. Karena zumba merupakan bagian dari dance fitness yang gerakannya memadukan unsur tarian dan workout. Manfaat dari zumba adalah dapat membakar kalori dan membentuk otot yang lebih kuat.

Untuk memulai latihan zumba, kamu bisa perhatikan terlebih dahulu hal-hal di bawah ini:

Jam Makan

Pada saat akan melakukan proses diet, hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah pola makan. Jika pola makan sudah benar, maka mulailah dengan kebiasaan tidak makan malam sebelum jam 6 atau 7. Saya juga sudah mulai membiasakan diri untuk tidak ngemil malam lagi apalagi dengan nasi. Karena ini akan sangat berbahaya mengingat waktu malam adalah waktu istirahat kita sampai menjelang pagi esok hari. Kalau kita makan di jam yang sudah larut, lemak hanya akan menimbun tanpa ada pembuangan kalori karena setelahnya kita akan tidur. Jadi, sebaiknya sebelum melakukan zumba, makan secukupnya di sore hari menjelang malam dan tunggu 1 sampai 2 jam. Setelah itu barulah latihan zumba.

Pakaian Senam

Source: gofitwith.me

Pilihlah pakaian zumba yang nyaman. Carilah bahan yang menyerap keringat. Apa pun itu saya menyarankan untuk memakai pakaian yang tidak pas di tubuh kalian. Tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar juga. Kalau saya pribadi lebih suka memakai yang bukan T-Shirt karena keringat akan sangat banyak mengucur di sekujur tubuh termasuk bagian leher dan dada.

Tempat Senam

Karena fokus kita adalah senam rumahan, maka tempat yang menjadi andalan untuk berzumba ria adalah di rumah kita sendiri. Carilah lokasi yang paling nyaman untuk dijadikan tempat senam. Saya lebih suka menghabiskan waktu latihan zumba di ruang tamu. Biasanya, saya tidak pakai sepatu olahraga lagi karena sudah dialasi dengan karpet khusus untuk olahraga.

Video Zumba Beginner

Setiap hari saya selalu mencoba untuk rutin melakukan zumba dengan video-video di bawah ini. Bagi pemula seperti saya, fokuslah dulu pada video untuk pemula. Biasanya saya mengulang sampai dua kali.

Video Zumba Workout

Tingkatan kedua adalah di video di bawah ini. Kalau saya sudah mengulang dua kali di video zumba pemula, biasanya saya tidak mengulang lagi di video ini. Karena begitu masuk video kedua, keringat saya sudah mulai banyak bercucuran.

Video Zumba Body Toning

Terakhir adalah "Body Toning". Sampai sekarang, saya belum pernah mengulang video ini karena sudah terlalu capek dan kaki saya sudah sakit. Tapi justru saya merasa jauh lebih sehat dibandingkan tidak ada kegiatan olahraga semacam ini sama sekali.

Setelah melakukan zumba di ketiga video tersebut, istirahatkan sejenak kaki dan tanganmu. Karena "Body Toning" akan lebih memakai kekuatan kaki dan tangan. Setelah itu, barulah mandi dan persiapan untuk istirahat.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS