885
  2016-09-28       www.nopainstop.com

Gigi Susu yang Berlubang Tetap Harus Dirawat Juga Loh ...

Perawatan gigi susu pada anak harus dilakukan sedini mungkin, apalagi jika gigi susunya memiliki masalah.

Official Brawijaya Hospital and Clinic 270 views

“Dok gigi anak saya sakit dari kemarin ngga mau makan, tolong dicabut aja dok...”

Kalimat yang sering para orangtua ucapkan karena tidak ingin anaknya terus mengeluh sakit gigi. Alasannya agar anak-anak tidak berisik lagi dan bisa kembali makan seperti biasa.

Gigi susu mulai tumbuh pertama kali di usia anak 6 sampai 8 bulan, dimulai dari gigi depan (gigi seri) bawah. Di usia 6 bulan pula seorang anak sudah mulai mengenal makanan pendamping ASI. Oleh karena itu usaha pembersihan gigi dan rongga mulut anak harus semakin rutin. Diharapkan kebiasaan dan aktivitas membersihkan gigi ini akan direkam dan selalu menjadi bagian dari aktivitasnya sehari-hari hingga dewasa kelak.

Bagi anak yang meminum susu atau minuman manis lainnya menggunakan dot yang berkepanjangan, khususnya selama istirahat dan tidur, akan memberikan dampak berupa karies (gigi berlubang) yang khas yang disebut dengan nursing bottle caries (karies botol).

Tahapan terjadinya karies botol pada gigi susu anak:

Tahapnya ditandai dengan munculnya garis kecoklatan di permukaan depan gigi depan atas (gigi seri) di sekitar gusi. Karies botol merupakan salah satu bentuk dari rampan karies, yang ditandai dengan adanya karies di minimal 5 gigi. Selain empat gigi seri di rahang atas yang terkena, gigi geraham rahang atas juga akan mengalami karies.

Biasanya anak belum mulai mengeluh, namun anak sudah mulai sering dikomentari oleh orang sekitar karena giginya jelek. Jika anak tidak segera dibawa ke dokter gigi, karies akan semakin dalam dan luas. Ukuran mahkota gigi anak akan semakin kecil bahkan akan habis menyisakan akar gigi saja. Sering kita lihat pada anak usia dibawah 5 tahun jika tersenyum, gigi seri rahang atasnya sudah tinggal sedikit bahkan tidak ada. Keadaan lain banyaknya gigi yang berlubang ini menyebabkan bau mulut pada anak.

Gigi seri di rahang atas akan berganti pada usia 6 sampai 7 tahun, sehingga jika anak dibiarkan tanpa mendapatkan perawatan, maka proses mengunyah makanan dan sosialisasi anak akan sedikit terganggu. Anak akan sering menolak makan karena sakit, serta akan menghindar bertemu teman-temannya jika pernah ada yang menyinggung masalah gigi atau bau mulutnya.

Cara menghindari karies botol pada gigi susu anak:

Para orangtua dapat menghindari hal ini dengan tetap menjaga kesehatan gigi susu sang anak dan rutin berkunjung ke dokter gigi. Walaupun tidak ada keluhan, namun terkadang dokter gigi menemukan spot dan garis coklat dan hitam saat memeriksa gigi anak. Dokter gigi dapat memberikan saran dan masukan kepada orangtua agar spot dan garis tersebut tidak semakin dalam dan luas.

Dengan menjaga gigi susu sejak dini, kualitas hidup anakpun akan menjadi semakin optimal. Ayo lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin minimal 6 bulan sekali :)

Ditulis Oleh:

Asri Sativa, Drg. Sp.KGA
Brawijaya Clininc Buah Batu Bandung

Referensi :

1. Cameron A. C., Widmer R. P. Handbook of Pediatric Dentistry Fourth Edition. Mosby Elsevier. 2013.
2. Marwah N. Textbook of Pediatric Dentistry Third Edition. Jaypee Brothers Medical Publishers (P) LTD. 2014

Official Brawijaya Hospital and Clinic Official Brawijaya Hospital and Clinic
Brawijaya Clinic @Buah Batu – Bandung (BCBB). Klinik kese...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


1 comments

Falony 2017-04-26 21:23:26

Wah terima kasih informasinya.
https://falony.com

Follow Moeslema on SNS