882
  2016-11-07       tanjungherbal.com

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Rambutmu

Rasanya akan sangat mengganggu penampilan jika memiliki rambut yang tidak sehat bukan? Cobalah hal berikut

Deane Lene 78 views

Rambut yang sehat merupakan salah satu tampilan yang sangat didambakan bagi sebagian besar perempuan. Kalian akan merasa sangat terganggu apabila memiliki rambut kusam, bercabang dan tidak berkilau. Perawatan salon yang cukup menguras kantong menjadikan kalian mengurungkan niat untuk melakukan perawatan rambut. Alhasil rambut kalian akan semakin rusak dan perwatannya akan semakin mahal ketika sangat terlambat unutuk ditagani. Namun tahu kah kalian bahwa ad acara yang mudah dan aman pastinya tidak membuat kalian berpikir dua kali untuk mulai melakukannya sesegera mungkin. berikut ini beberapa cara untuk merawat rambut agar tetap sehat.

1. Bersihkan rambut secara teratur

Source: wartakesehatan.com

Bersihkan rambutmu dari kotoran dan keringat sekurang-kurangnya dua hari sekali. Hal ini sangat penting bagi kesehatan rambut sebab rambut yang bersih dapat melancarkan sirkulasi darah yang ada dikulit kepala. Selain itu saat kalian melakukan aktifitas mencuci rambut, secara tidak langsung, kalian akan menghilangkan stress dan lelah setelah beraktifitas seharian.

Ingat! Jangan terlalu lama membiarkan bahan kimia menyelimuti rambut kalian ya. Sebab walaupun bahan kima tersebut bersifat membersihkan, namun pada dasarnya bahan kimia berisfat tidak ramah pada tubuh kita jika pemakaiannya berlebihan. Cukup lakukan satu atau dua menit saja kemudian bilas hingga bersih.

2. Gunakan shampo yang tepat

Sebelum kalian memutuskan untuk membeli sebuah produk shampo, ada baiknya kalian membaca manfaatnya terlebih dahulu secara cermat. Biasanya tertera dibalik kemasan. Ada baiknya juga kalian membandingkan dengan produk dari merek yang berbeda dengan khasiat yang sama. Terakhir, bacalah terlebih dahulu review mengenai produk tersebut.

Mungkin sebagian dari kalian tidak langsung menemukan produk yang cocok tapi bukan berarti kalian harus terus menerus menggantinya dengan produk lainnya dengan jangka waktu berdekatan. Mengapa?

penggantian jenis dan merek sampo secara sering akan menimbulkan ketidak konsistenan kondisi rambut akibat terpapar berbagai macam kandungan bahan kima.

3 Gunakan sisir yang tepat

Jangan remehkan sisir. Ternyata beda jenis rambut berbeda pula sisir yang digunakan. Cari tahu sebelum membeli sisir itu perlu karena salah-salah memilih sisir rambutmu akan rontok dan kesehatan rambut akan menurun.

Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun terlihat gaya, sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut.

Jangan lupa, bersihkan sikat dari sisa rambut yang tersangkut. Cuci dengan air hangat hingga bersih.

4. Potong rambut secara teratur

Bagi sebagian kaum Hawa, memangkas rambut secara teratur adalah hal yang dirasa tidak cukup penting dilakukan. Pasalnya mereka beranggapan bahwa susah payah menjaga dan merawat rambutnya hingga saat ini.

Namun tahu kah kalian ladies, bahwa memangkas rambut secara rutin dapat membantu kalian mendapatkan rambut yang jauh lebih sehat daripada sebelumnya. Mengapa? Karena memangkas rambut secara rutin dapat menghilangkan jaringan rambut yang tidak sehat (rambut mati), mencegah kerusakan lebih parah lagi dan tentunya membuat tampilan kalian terlihat lebih segar.

Tidak ada salahnya bagi kalian memiliki rambut yang sedikit agak pendek. Bukan berarti kalian tidak cantik, tetapi ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika memiliki rambut yang tidak begitu panjang. Beberapa keuntungan diantaranya adalah perawatan yang jauh lebih mudah, tidak perlu repot menata rambut ketika hendak bepergian dan tentunya biaya yang akan dikeluarkan pun tidak banyak.

5. Nutrisi yang seimbang

Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Ingat, vitamin dan zat gizi berperan dalam menunjang kekuatan dan kesehatan rambut.

Vitamin B kompleks, misalnya, jika asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, juga tumbuh suburnya ketombe. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kekuatan akar rambut. Ingat akar rambut berperan dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Lewat akarlah, semua zat gizi diserap dan disalurkan ke rambut.

Kurangnya zat besi juga berisiko menimbulkan kerontokan rambut. Zat belerang juga berperan dalam memberikan kilau pada rambut. Kandungan zat gizi ini dapat ditemukan pada ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan lemak berperan dalam menjaga kekuatan rambut, disamping kilau rambut.

6. Ikat rambut saat berolahraga

Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun, aktivitas itu juga berpotensi merusak rambut. Penggunaan ikat rambut tentunya harus dilakukan dengan bijak. Jangan mengikat rambut terlalu kencang karena rambut yang basah karena keringat mampu membuat rambut rapuh. Pilihlah jenis bahan karet yang cepat menyerap keringat sehingga tidak menumpuk di kulit kepala.

Ingat, endapan keringat yang mengering dapat merusak akar rambut.

7. Kenakan penutup saat berenang

Source: dalgazette.com

Saat berenang, kenakan penutup rambut setelah membasahi rambut seluruhnya. Selesai berenang cuci rambut untuk menghilangkan klorin yang menempel pada rambut. Jika mungkin kenakan kondisioner tanpa bilas sebelum kalian masuk ke kolam.

8. Perhatikan cara mengeringkan rambut

Source: media.suara.com

Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak makan waktu, tetapi berharga untuk rambut kalian.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS