876
  2016-09-19       3.bp.blogspot.com

Manfaat Melepaskan Bra Pada Saat Tidur Malam

Mulai sekarang yuk biasakan tidur tanpa bra!

Lidya O. 190 views

Tidur merupakan proses yang sangat penting bagi tubuh. Saat kita terlelap, pikiran kita menjadi jernih dan rileks karena terjadinya pengisian ulang fungsi otak. Proses tidur secara umum dibagi menjadi dua fase yaitu, fase Rapid Eye Movement (REM) dan fase non REM. Fase REM terjadi karena peningkatan aliran darah ke otak sehingga terjadi fungsi otak yang lebih baik dan sel-sel otak tumbuh lebih cepat. Sedangkan pada fase non REM terjadi karena peningkatan pelepasan hormon pertumbuhan sehingga pada fase ini tubuh kita dapat memperbaiki sel-sel, jaringan pendukung, menguatkan tulang dan membangun otot yang lebih kuat.

Untuk menciptakan tidur yang berkualitas, perlu kita ketahui bahwa bagi seorang wanita disarankan untuk tidak mengenakan bra pada saat tidur malam. Soma Grismaijer, peneliti asal Australia juga mengatakan bahwa wanita yang ingin menghindari kanker payudara harus mengenakan bra dalam waktu sesingkat mungkin dan sebaiknya kurang dari 12 jam per hari. Pernyataan ini juga didukung oleh Dr. Alfiah Amiruddin, MD, MS, selaku ahli bedah payudara RS. Mitra Kemayoran, yang menjelaskan bahwa tidur memang sebaiknya tidak memakai bra untuk memberikan payudara kesempatan ‘bernapas’.

Bahkan dalam Islam pun sudah dianjurkan melepaskan pakaian pada saat tidur malam selama tidak khawatir auratnya terlihat oleh orang lain yang tidak dihalalkan untuk melihatnya. Hal ini ada dalam hadist di bawah ini:

Jagalah auratmu kecuali pada istri atau pada hamba sahaya wanitamu. (HR. Abu Daud No. 4017 dan Tirmidzi No. 2794)

Beberapa manfaat yang kita dapatkan jika tidur tanpa mengenakan bra adalah sebagai berikut:

Melancarkan Sirkulasi Darah

Pemakaian bra secara terus menerus tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jam terbaik untuk membuat payudaramu bernapas adalah pada saat tidur malam. Hal ini sangat berpengaruh pada proses sirkulasi darah dan penguapan udara dalam tubuh sehingga dapat memperlancar stabilisasi suhu tubuh.

Melepaskan Hormon Oksitoksin

Source: cdn.klimg.com

Oksitosin adalah hormon yang dilepaskan dengan cara kontak antar kulit. Manfaat hormon ini akan sangat terlihat ketika kulit bersentuhan mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Di antaranya meningkatkan detak jantung, mengurangi rasa stres dan meningkatkan rasa kepercayaan dan mendorong gairah seksual.

Meningkatkan Konsentrasi

Setelah aktivitas seharian yang padat dan melelahkan, konsentrasi dan daya ingat pasti akan berkurang. Oleh sebab itu, kita butuh tidur yang berkualitas untuk mengistirahatkan tubuh dengan sempurna. Pada saat kita tidur, hormon-hormon pertumbuhan bekerja untuk meningkatkan stabilitas tubuh di esok harinya. Untuk mendukung proses stabilitasi, tidur tanpa mengenakan bra dapat membantu 70 x lebih banyak daripada tetap memakai bra lho Moeslemates.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa gejala penyakit jantung, stroke bahkan diabetes dapat dihindari dengan tidur malam yang cukup. Selain itu, jika tidur malam kita nyenyak, maka akan mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga kita hanya butuh istirahat yang lebih berkualitas.

Meregenerasi Sel

Saat kita tertidur, sel-sel dalam tubuh bekerja untuk menggantikan sel-sel yang telah rusak dengan yang baru. Sehingga tidur tanpa bra sangat baik untuk mengoptimalkan kerja sel dalam tubuh karena tidak terganggu oleh pemakaian bra.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS