864
  2016-09-16       www.readersdigest.ca

Ajarkan Anak Untuk Menabung Sejak Dini

Bagaimana ya perilaku anak ini terhadap uang bila ia sudah mengerti fungsi dari sebuah uang? Bagaimana cari memulai untuk mengajarkan cara mengelola uang secara sederhana kepada anak-anak?

Deane Lene 35 views

Uang adalah salah satu hal utama yang akan bersentuhan pada siapa pun tida terkecuali anak-anak. Para orang tua memiliki kecemasan tersendiri ketika anak sudah mengetahui tentang uang tentang cara penggunaannya. Biasanya orang tua merasa bahwa anak akan menggunakannya dengan sesuka hatinya. Para orang tua harus memiliki cara untuk bisa mengajarkan anak mengelola keuangan secara bijak. Salah satu halnya, kalian bisa mengajarkan anak untuk menabung. Dengan membiasakan anak untuk menabung, anak diharapkan bisa menjadi lebih kritis terhadap berbagai aktifitas yang berkaitan dengan keuangan.

Untuk memupuk kebiasaan anak untuk secara sukarela dan dengan sendirinya gemar untuk lebih dulu menyisihkan uang yang dimiliki atau didapat sebelum menggunakannya untuk keperluan konsumsi akan menjadi hal yang penting untuk dapat dilakukan. Berikut beberapa tips yang dapat kita praktekkan agar anak dapat berhasil melakukan hal tersebut:

1. Mengajarkan dengan Contoh

Jika menginginkan anak gemar menabung, contohkanlah dengan menabung juga. Cara yang paling sederhana adalah dengan membeli celengan yang letaknya dapat dilihat oleh anak, dan tiap akhir bulan setiap setelah terima gaji, masukkan sebagian penghasilan ke celengan tersebut didepan si anak. Dengan sendirinya, anak pasti juga akan mulai mengikuti kebiasaan kita.

2. Beri penjelasan

Source: fmad.io

Jelaskan pada anak mengapa mereka harus menyisihkan uang yang mereka miliki. Jangan lupa untuk sebutkan keuntungannya terutama untuk masa depan mereka.

3. Jangan memaksa

Biarkan anak menabung dan melakukannya dengan sukarela tanpa paksaan dari orangtua. Semakin tertarik anak untuk menabung, berikanlah penghargaan yang juga semakin besar sehingga anak merasa memiliki banyak keuntungan dengan melakukan hal tersebut.

4. Lakukan sejak dini

Source: indianmoney.in

Semakin dini anak berlatih menabung, semakin besar pula manfaat yang bisa diambil terutama untuk masa depannya. kebiasaanlah yang akan membentuk karakter dan perilaku seseorang di kemudian hari.

5. Kreatif

Source: media.licdn.com

Bagaimana menabung dapat membangkitkan perasaan senang? Carilah daya tariknya. Berikan celengan dengan bentuk yang menarik, buatlah juga kejutan apabila anak berhasil mengisinya dengan penuh dengan memberikan celengan lain yang sesuai dengan tokoh atau animasi kegemarannya.

6. Biarkan anak membuat keputusan

Source: i.huffpost.com

Jika uang sudah terkumpul, sesekali biarkan anak memilih barang apa yang ia inginkan, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhannya atau bisa juga mengajak anak ke tempat yang mereka inginkan. Apabila hal ini berhasil dilakukan, ke depannya anak akan terbiasa untuk berkorban terlebih dahulu sebelum mendapatkan hal yang diinginkan. Selain itu, mereka juga akan dilatih agar terbiasa untuk menghargai apa yang telah dimiliki karena didapatkan dari hasil usahanya untuk menyisihkan sebagian uang yang dimiliki.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS