857
  2016-09-15       id.pinterest.com

Rekomendasi Tempat-Tempat Oke Untuk Hunting Foto di Tokyo!

Tidak perlu diragukan lagi, Tokyo adalah surga bagi para pecinta fotografi. Cek rekomendasi aku untuk mengenai tempat-tempat yang asyik untuk hunting foto di Tokyo berikut ini!

Airin Karima Ahmad 626 views

1. Local Life

SHIBUYA CROSSING

Buat kamu yang ingin memotret betapa hectic-nya kota Tokyo, sudah pasti Shibuya Crossing bisa menjadi pilihan kamu. Untuk mendapatkan hasil foto bird eye view, kamu bisa pergi ke salah satu cafe yang ada di area tersebut. Aku merekomendasikan kamu untuk pergi ke: Gusto Shibuya Ekimae. Cafe ini terletak di 2-3-1 Dogenzaka, Shibuya, Tokyo, lantai 7F (Bangunan yang sama dengan L'Occitane Cafe).

Tempat ini juga perfect buat kamu yang ingin membuat video time lapse. Namun sayangnya, waktu kamu untuk bisa berada di kafe ini dibatasi hanya 19 menit, jadi pandai-pandai mengatur waktu ya!

TSUKIJI FISH MARKET

Pasar ikan ini dikenal sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Setiap harinya, pasar ini menjual 2000 ton produk laut.

Disini, kamu bisa melihat aktivitas menarik yaitu pelelangan ikan tuna. Namun untuk melihat aktivitas ini, dibatasi hanya 120 turis per orang.

Turis yang ingin menyaksikan proses pelelangan dapat mendaftar ke Osakana Fukyu Center (Fish Information Center) yang berada di Kachidoki Gate, mulai dari pukul 5 pagi. Sistem pendaftarannya adalah a first-come, first-serve. 60 pendaftar pertama dapat menyaksikan lelang ikan tuna dari pukul 5:25 hingga 5:50 pagi. Kemudian 60 pendaftar berikutnya dapat menyaksikan lelang ikan tuna pada pukul 5:50 hingga 6:15.

Kalau kamu tertarik ingin menyaksikan proses pelelangan ikan tuna ini, please note kalau kamu tidak boleh mengganggu proses pelelangan dan tidak diperkenankan menggunakan flash saat memotret.

Alamat:
5 Chome-2-1 Tsukiji, Chuo, Tokyo

Direction:
- Dari Tokyo Station
Naik Subway Marunouchi Line dari Tokyo ke Ginza, lalu transfer ke Subway Hibiya Line ke Tsukiji Station.

- Dari Shinjuku Station
Naik Subway Oedo Line ke Tsukiji Shijo Station.

HARAJUKU - TAKESHITA STREET

Harajuku dikenal oleh masyarakat dunia sebagai pusat kehidupan anak muda dan fashion di Jepang. Gaya fashion yang lahir disini terkenal melawan arus. Namun hal itulah yang membuatnya terkenal. Lolita girl, Kyary Pamyu Pamyu, adalah istilah atau pun nama yang lekat sekali dengan Harajuku. Kalau kamu ingin melihat Japanese Pop Culture yang sesungguhnya, datanglah ke Harajuku!

Direction:
Naik kereta JR Yamanote Line sampai Harajuku Station, kemudian berjalan kaki 3 menit hingga Takeshita Street.

ŌEDO ANTIQUE MARKET

Flea market yang satu ini diadakan di halaman gedung Tokyo International Forum pada hari Minggu, minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Event ini cocok banget buat kamu yang suka memotret barang-barang kuno, mulai dari keramik hingga plastic figure.

Alamat:
3-5-1 Marunouchi, Chiyoda-ku

Direction:
Naik kereta JR Yamanote line ke Yūrakuchō, dan turun di Kokusai Forum exit.

HANAYASHIKI THEME PARK

Hanayashiki adalah theme park tertua di Tokyo. Disini ada berbagai macam ride yang bisa kamu coba. Tidak seperti theme park lainnya, Hanayashiki memiliki nuansa vintage, charming feel, dan old fashioned attraction.

Alamat:
2-28-1 Asakusa, Taito-ku

Direction:
8 menit berjalan kaki dari stasiun Asakusa.

2. Landmark

TOKYO TOWER

Tokyo tower lebih dramatis apabila difoto di malam hari karena lampu-lampu yang terpasang di Tokyo Tower akan dinyalakan!

Tokyo Tower jam operasionalnya yaitu pukul 09.00-23.00 (last admissionnya pukul 22.30)

Kalau kamu ingin naik ke observatory-nya, biaya untuk ke main observatory (150m) yaitu 900 yen, sedangkan untuk ke special observatory (250m), 700 yen. Kalau kamu mau berkunjung ke kedua observatory tersebut, hit both ticket for 1600 yen.

Alamat Tokyo Tower:
Chome-2-8 Shibakoen, Minato, Tokyo

Direction:
- Menggunakan Metropolitan Subway Oedo Line: Keluar dari Akabanebashi Station / Akabanebashi Gate, setelah itu 5 menit berjalan kaki menuju Tokyo Tower.
- Menggunakan Tokyo Metro Hibiya Line, keluar di Kamiyacho Station / Exit No.2, setelah itu 7 menit berjalan kaki menuju Tokyo Tower.
- Menggunakan Metropolitan Subway Mita Line, keluar di Onarimon Station / Exit No. A1. Setelah itu 6 menit berjalan kaki menuju Tokyo Tower.
- Menggunakan Metropolitan Subway Asakusa Line, keluar di Daimon Station / Exit A6. Setelah itu 10 menit berjalan kaki.
- Menggunakan JR: keluar di Hamamatsucho Station / North Exit. Setelah itu 15 menit berjalan kaki.

Kamu juga bisa pergi ke Shiba Palace Garden untuk mendapatkan foto Tokyo Tower. Disini, kamu akan menemukan sebuah lapangan luas dimana Tokyo Tower bisa kamu potret tanpa terhalangan gedung-gedung tinggi!

Alamat Shiba Palace Garden: Shibakoen, Minato, Tokyo (15 menit berjalan kaki dari Hamamatsucho Station) .

TOKYO SKYTREE

Tokyo Skytree adalah sebuah broadcasting tower dengan tinggi 634 meter. Tower ini masuk dalam catatan Guiness Book of Record pada tahun 2011 sebagai free-standing broadcasting tower tertinggi di dunia.

Tokyo Skytree memiliki dua macam deck yang bisa kita kunjungi yaitu Tembo Deck dan Tembo Galleria. Tembo Deck berada di ketinggian 350 meter dan Tembo Galleria berada di ketinggian 450 meter.

Untuk naik ke Tembo Deck, admission fee-nya ¥2,060, dan untuk Tembo Galleria ¥1,030.

Alamat:
1 Chome-1-2 Oshiage, Sumida, Tokyo

Direction:
- Naik kereta TOBU SKYTREE Line dari Asakusa Station, lalu turun di Tokyo Skytree Station

- Naik kereta dari Ueno Station (Tokyo Metro Ginza Line), lalu transfer ke TOBU SKYTREE Line di Asakusa Station, kemudian turun di Tokyo Skytree Station

- Naik kereta dari Tokyo Station, ambil jalur JR Sobu Rapid Line kemudian transfer di Kinshicho, dilanjutkan dengan Tokyo Metro Hanzomon Line,

3. Japanese Traditional Architecture

KAMINARIMON GATE

Kalau kesini, kamu bisa sekalian berkunjung ke Sensoji Temple dan Nakamise market! Kamu juga bisa memotret Japanese Traditional Rickshaw disini.

Alamat Kaminarimon Gate:
2 Chome-3-1 Asakusa

Direction:
- 2 menit berjalan kaki dari stasiun Asakusa.

MEIJI JINGU

Meiji Shrine berlokasi di sebuah hutan dengan luas 70 hektar. Di hutan ini terdapat 120.000 pohon yang terdiri dari 365 jenis.

Area Shrine utama diisi oleh bangunan-bangunan berikut:
- Main shrine building (Honden)
- Building where Shinto liturgy is recited (Noritoden)
- The inner shrine hall (Naihaiden)
- The outer shrine hall (Gehaiden)
- The treasure house (Shinko)
- The consecrated kitchen for the preparation of the food offerings (Shinsenjo)

Tempat ini dekat sekali dengan Takehisa street! Jadi kalau kamu kesini, bisa sekalian melipir ke melihat kawasan pertokoan baju kawaii yang paling terkenal seantero Jepang!

Direction:
- 2 menit berjalan kaki dari Harajuku Station.

ASAKUSA AREA

Kalau kamu mencari pertokoan dengan bangunan yang terbuat dari kayu-kayu tua dan bernuansa tradisional Jepang, kamu bisa datang ke daerah Asakusa. Disini bangunan tersebut masih mudah ditemui.

Alamat:
Asakusa, Taito City

Direction:
Turun di Asakusa Station, lalu jalan kaki ke arah Kaminarimon Gate. Dari situ kamu bisa eksplor sendiri karena hampir seluruh bangunan di daerah itu bangunannya masih tradisional.

4. Japanese Garden & Park

SHINJUKU GYOEN NATIONAL GARDEN

Taman ini terlihat sangat cantik saat musim bunga sakura bermekaran. Namun, taman ini juga terlihat sangat indah ketika musim gugur datang dan membuat semua daun berwarna kemerahan.

Alamat:
11 Naitomachi, Shinjuku, Tokyo

Direction:
- 10 menit berjalan kaki dari New South Exit JR Shinjuku Station
- Naik Subway Marunouchi Line, turun di Shinjukugyoenmae Station, setelah itu 5 menit berjalan kaki

NEZU MUSEUM

Museum ini memiliki Japanese traditional pond lengkap dengan rumah pinggir danaunya. Lokasinya yang ada di tengah kota membuatnya mudah dijangkau dari mana-mana.

Alamat:
6 Chome-5-1 Minamiaoyama, Minato, Tokyo

Direction:
- Apabila menggunakan kereta JR melalui Hanzōmon dan Chiyoda lines: Turun di Omotesandō station.
Dari situ, jalan kaki 8 menit dari Exit A5 (tangga biasa), atau jalan kaki 10 menit dari Exit B4 (escalator available), atau jalan kaki 10 menit dari Exit B3 (elevator and escalator available).

- Apabila menggunakan bus: Berhenti di Minami Aoyama 6-chōme bus stop di Toei (Metropolitan Bus) Shibu 88 yang ada di antara Shibuya dan Shimbashi Stations. Setelah itu 5 menit berjalan kaki.

- Apabila menggunakan ChiiBus: Naik ChiiBus dengan rute yang melewati rute Aoyama (Rute ini ada diantara Roppongi Hills and Akasaka Mitsuke Station). Berhenti di Seinanshōgakkō-mae bus stop (Minato-ku Community Bus). Setelah itu 1 menit berjalan kaki

5. City View

TOKYO METROPOLITAN GOVERNMENT BUILDING

Kalau kamu ingin mendapatkan city view yang bagus tanpa keluar biaya, kamu bisa ke Tokyo Metropolitan Government Building Observation Deck. Disini tidak dikenakan biaya untuk menikmati pemandangan kota Tokyo dari ketinggian!

Alamat:
2 Chome-8-1 Nishishinjuku, Shinjuku, Tokyo
45th Floor, Main Building 1

Direction:
10 menit berjalan kaki dari west exit JR Shinjuku Station

ROPPONGI HILLS SKYDECK

Sky Deck adalah outdoor observation deck yang berlokasi di ketinggian 270 meter.

Karena Sky Deck ini posisinya outdoor, tempat ini bisa ditutup sewaktu-waktu ketika cuaca buruk. Jadi biar tidak kecewa, pastikan cuaca sedang cerah ya kalau mau berkunjung kesini!

Untuk admission fee-nya sendiri yaitu 500 yen.

Alamat:
6-10-1 Roppongi, Minato, Tokyo

Direction:
- 3 Menit berjalan kaki dari Tokyo Skytree Station
- 5 Menit berjalan kaki dari Oshigae Station

6. Modern Architecture

REVERSIBLE DESTINY LOFTS

Apartemen eksentrik yang tampak seperti playground anak-anak ini dibangun oleh pasangan suami istri arsitek dan seniman Shusaku Arakawa dan Madeline Gins. Apartemen ini secara keseluruhan dirancang menggunakan 14 warna, dan dirancang juga dalam satu kali pandangan kita bisa menemukan 6 macam warna!

Alamat:
2-2-8 Osawa Mitaka-shi Tokyo

Direction:
- Naik kereta JR Yamanote Line dari Hamamatsucho ke Tokyo Station, kemudian transfer ke JR Chuo Line dari Tokyo Station ke Musashi-sakai Station, kemudian disambung lagi naik Bus dari Musashi-sakai Station dan berhenti di Osawa.

REIYUKAI SHAKADEN TEMPLE

Temple ini terletak tidak jauh dari Tokyo Tower dan Emperor's Palace. Bentuknya yang seperti piramida besar berwarna gelap, membuatnya terlihat sangat mencolok.

Alamat:
1-7-8 Azabudai, Minato-ku

Direction:
- 4 menit berjalan kaki dari Kamiyacho Station

DAIWA UBIQUITOUS COMPUTING RESEARCH BUILDING - UNIVERSITY OF TOKYO

Bangunan ini adalah sebuah facilitates studies di University of Tokyo. Bangunan ini dikerjakan oleh Kengo Kuma and Associates, perusahaan arsitektur yang pemiliknya adalah seorang professor di Graduate School of Architecture, University of Tokyo.

Selain fasilitas belajar, di dalam gedung yang terlihat eksentrik ini juga terdapat taman dan Japanese confectionery café.

Alamat:
7-3-1, Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo (Masuk dari Kasuga gate)

Direction:
- Naik kereta JR Yamanote Line, berhenti di Ueno atau Okachimachi
- Naik kereta JR Chuo Line, berhenti di Ochanumizu
- Naik kereta Marunochi subway line, berhenti di Hongo-san-chome.

SHINJUKU AREA

Bagian barat Shinjuku Station terkenal akan jejeran gedung-gedung pencakar langit. Antara lain Tokyo Metropolitan Government Building, Keio Plaza, Hilton, Hyatt Regency, Park Hyatt, Mode Gakuen Cocoon Tower, dan masih banyak lagi.

Apabila kamu ingin memotret gedung-gedung tinggi dengan desain futuristik di Tokyo, datanglah ke area ini.

Alamat:
West of Shinjuku Station, Tokyo

Direction:
5 menit berjalan kaki dari Shinjuku Station

Nah, kalo sudah foto-foto nggak lengkap donk kalo nggak langsung di upload ke social media! Nah, penting banget nih buat kamu untuk punya internet yang proper selama trip di Jepang! Aku mau rekomendasiin ke kamu tempat rental wifi dan simcard yang bisa kamu pakai selama di Jepang!

Airin Karima Ahmad Airin Karima Ahmad
Graphic designer
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Airin Karima Ahmad
Airin Karima Ahmad
Graphic designer

no comments

Follow Moeslema on SNS