854
  2016-09-15    

Air Terjun Balang Kolam Provinsi Aceh Utara

Salah satu surga dunia yang tidak dapat dipungkiri keindahannya. Sungguh luar biasa.

Deane Lene 50 views

Kali ini saya berada di Provinsi Aceh. Kota serambi mekah ini sangat terkenal dengan kenangannya akan tsunami yang beberapa tahun lalu melanda Provinsi ini. selain tsunami, lekat dibenak kita akan masjid Raya Baiturrahman yang megah nan indah. Tak lengkap rasanya jika tidak pergi berwisata alam diProvinsi ini. kali ini saya mencoba untuk bermain air di air terjun Balang Kolam. Terletak di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Air Terjun Blang Kolam memiliki ketinggian sekitar 75 m. Tempatnya yang sejuk dengan alam yang masih asri sekali.

Terletak di dalam hutan yang masih alami, menjadikan air terjun balang kolam sebagai salah satu objek wisata terkenal di Provinsi ini. Air terjun balang kolam memiliki kadar kejernihan yang sangat tinggi hingga permukaan dasar pun dapat terlihat dengan jelas. Udara di sini terasa lembab dikarenakan daerah tersebut masih termasuk kedalam jenis hutan hujan tropis dan belum banyak yang mengunjungi air terjun ini.

Selain itu, bagi para pengunjung yang ingin mencoba untuk berkemah di sini juga bisa. Kalian cukup membayar hanya dengan Rp.5000 saja sudah bisa membangun tenda dan bermalam di sini. Jadi mau tunggu apa lagi?

Akses menuju air terjun

Berjarak tempuh sekitar 21 km dari kota Lhokseumawe. Bisa menggunakan mobil, sepeda motor ataupun angkutan umum lainnya.

Untuk mencapai lokasi Blang Kolam sebenarnya tidak sulit, cukup banyak jalur yang bisa ditempuh, bisa melalui Cunda kota Lhokseumawe, Kandang Aceh Utara atau kawasan Muara Satu kota Lhokseumawe. Kondisi jalan menuju objek wisata Blang Kolam ini cukup terjal dan licin sehingga menjadi salah satu penghambat bagi pengunjung yang ingin menikmati objek wisata ini. Petunjuk jalan ke lokasi air terjun ini ada cukup jelas sehingga memungkinkan tak harus banyak bertanya ke pada penduduk setempat.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan labi-labi (jenis kendaraan tradisonal) yang sering mangkal di Jalan Pase. Akan tetapi untuk saat ini jarang bisa ditemukan angkutan jenis tersebut. Alternatif lain adalah dengan menggunakan angkutan berupa becak motor. Ongkos becak motor ini dari pusat kota menuju Desa Sidomulyo berkisar Rp 15000-20000 sekali jalan

Sesampainya di tempar parkir kendaraan yang terletak di pinggir jalan Desa Sidodadi, ikuti jalan setapak berupa tangga yang berkelok-kelok menanjak dan menurun. Jarak anak tangga ini ke lokasi air terjun sekitar 700 m. Berhati-hati berjalan terutama di saat cuaca mendung atau baru turun hujan, anak tangga ini sangat licin untuk dilewati karena sudah berlumut.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap.

- Toilet
- Mushola
- Tempat peristirahatan
- Lahan parkir

Tips Berwisata di Air Terjun Balang Kolam

1. Berhati-hatilah saat menuruni tangga, karena tangga tersebut sudah berumur, sehingga banyak yang
sudah berlumut, menyebabkan jalan licin. Selain itu, sudah ada beberapa anak tangga yang bergeser/rusak
karena penurunan tanah.

2. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung kesini, karena akan sangat menganggu liburan jika tiba-tiba turun
hujan.

3. Kalian bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama berwisata.

4. Bawalah barang-barang seperlunya saja.

5. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa
saja agar kalian bisa bebas berwisata di air terjun ini.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk hanya dengan Rp.2.000/orang kalian sudah bisa masuk menjelajahi nuansa alam yang sangat indah. Ongkos parkir berkisar Rp 5000 - 10000 untuk setiap kendaraan.

Informasi Kontak

Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Utara:
Jln. Samudera No.18 Lhokseumawe.
Tlp (0645) 46210, Fax (0645) 40924.
Kabupaten Aceh Utara - NAD

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS