825
  2016-09-13       www.dacor.com

Tips Menghemat Tagihan Listirk

Tanpa kita sadari lemari es adalah penyumbang terbanyak tagihan listrik yang membengkak. Bagaimana cara mensiasatinya? Berikut tipsnya.

Deane Lene 80 views

1. Hindari lemari es terkena paparan panas

Source: st.hzcdn.com

Lemari es harus berada cukup jauh dari benda yang dapat menghasilkan panas seperti kompor, oven, microwave. Beri jarak minimal 15 cm dari dinding agar lemari es bisa mendapatkan ruang untuk mengeuarkan udara panas.

2. Jangan berlama-lama membuka pintu

Source: media.mnn.com

Ketika pintu lemari es terbuka teralu lama maka akan terjadi lonjakan daya yang digunakan lemari es. Terlebih jika kalian membuka dan menutupnya terlalu sering. Hal tersebut akan menyebabkan membengkaknya tagihan listrik lebih besar.

3. Suhu ideal

Suhu yang sesuai untuk lemari pendingin adalah di kisaran 2-4 derajat celcius, sedangkan untuk freezer adalah -15 derajat celcius. Semakin dingin temperatur lemari es maka semakin lama kompresor bekerja. Ini artinya konsumsi energi listrik juga semakin besar. Jika tidak terlalu terpakai, usahakan agar lemari es diatur pada suhu yang sesuai.

4. Pastikan makanan yang dimasukkan tidak dalam kondisi panas

Source: www.abc.net.au

Konsumsi energi berlebih bisa juga terjadi karena hal tersebut. Makanan yang panas akan menaikkan suhu di dalam kulkas sehingga lemari es harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan ke suhu seperti biasa.

5. Isi lemari es sesuai dengan muatannya

Source: ep.yimg.com

Penyimpanan yang berlebih akan menutup jalur aliran udara dingin dan akan mengganggu sirkulasi udara. Pada akhirnya lemari es akan bekerja lebih berat lagi untuk mencapai suhu yang telah diatur sebelumnya. Sebaliknya, jangan pula biarkan lemari kosong karena pada saat kosong, lemari es akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar.

6. Susun isi lemari es dengan teratur

Source: www.zimmber.com

Hal ini mampu meminimalisir kalian berlama-lama untuk membuka lemari es akibat isinya yang berantakan.

Selain itu, jika dalam keadaan ingin meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, sebaiknya matikan lemari es. Untuk mencegah terbentuknya jamur di dalam lemari es, tetapi harus dikeluarkan dulu semua isinya dan di bersihkan setelahnya agar pada saat di tinggal nanti lemari es berada dalam keadaan bersih dan kemungkinan timbulnya jamur pun akan sangat minim.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS