824
  2016-09-13       upload.wikimedia.org

Review Film Dead Poets Society 1989

Karya lainnya yang luar biasa dari Robin Williams dan kalian wajib menontonnya

Deane Lene 536 views

Dead Poets Society adalah film yang muncul pada tahun1989. Film ini termasuk jenis film drama Amerika yang ditulis oleh Tom Schulman, disutradarai oleh Peter Weir dan dibintangi Robin Williams. Set pada tahun 1959 di elit konservatif asrama sekolah Vermont fiksi Welton Academy. Film ini menceritakan tentang seorang guru bahasa Inggris yang menginspirasi siswa melalui pengajaran-Nya mengenai puisi.

Film ini menerima pujian kritis dan sukses di box office. Film ini juga memenangkan BAFTA Award untuk Best Film dan César Award dan David di Donatello Award untuk Film Asing Terbaik. Schulman menerima Academy Award untuk Best Original Screenplay untuk karyanya.

Film ini menceritakan bahwa disebuah sekolah yang sangat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan, terdapat satu guru yang tidak demikian. Keating, murid-murid memanggilnya. Ia mengajar Bahasa inggris. Pada hari pertama di kelasnya, para murid terkejut dengan metode pengajaran yang berbeda bahkan bisa dibilang aneh apabila dibandingkan dengan guru-guru lainnya di sekolah tersebut. Mr.Keating bukanlah orang asing di sekolah tersebut. ia merupakan salah satu alumni dari tempat ia mengajar saat ini. Cara pandang Keating dalam melihat dunia berbeda dengan orang-orang disekitarnya. Ia ingin memberikan pengetahuan yang bersifat dinamis yang berasal dari diri sendiri. ia memberikan kebebasan kepada muridnya untuk berekspresi. Ia pun membantu muridnya untuk menemukan jati dirinya dan arah hidupnya. Melepaskan mereka dari beban yang selama ini berada dalam dirinya.

Ia mendorong siswanya untuk memiliki anggapan bahwa “hidup anda luar biasa.” Salah satu dari muridnya mencari tahu mengenai latar belakang Keating. Setelah mengetahui bahwa Keating adalah anggota dari unsanctioned Dead Poets Society, seorang siswa bernama Neil memutuskan untuk mengaktifkan kembali klub tersebut. Neil bersama beberapa temannya menyelinap pergi meninggalkan sekolah ketika malam tiba. Dalam perkumpulan tersebut mereka hanya membacakan beberapa bait puisi secara bergantian. Seiring waktu berlalu, mereka menyadari bahwa mereka telah menemukan jati dirinya dan mulai utuk melaluinya dengan cara yang mereka yakini.

Namun naas. Apa yang telah diyakini Neil dan teman-temannya berakhir tragis. Neil mati bunuh diri akibat putus asa menentang keinginan ayahnya yang lebih memilik dirinya sekolah dibandingkan dengan apa yang ia sukai. Kematian Neil berdampak besar bagi situasi di sekolah. Teman sekamar Neil merasa sangat kehilangan sosok Neil yang begitu dekat dengan dirinya. Para guru yang mengetahui hal ini pun tidak lama mengambil keputusan untuk mengeluarkan Keating dari sekolah tersebut. situasi ini membuat orang-orang yang mencintai Keating merasa begitu kehilangan atas kepergiannya dari sekolah tersebut.

Film ini memiliki banyak sekali pesan moralnya. Film ini di buat berdasarkan kisah nyata dan tentunya film ini menjadi tontonan wajib para pelajar di Negaranya. Film ini ditujukan untuk menggebrak pola pikir dunia pendidikan saat itu. Namun sayangnya settingnya yang tidak begitu menarik, menimbulkan kesan membosankan. Terlepas dari itu semua, film ini wajib kalian tonton. Kenapa? Karna jika kalian memahami dengan baik setiap adegannya, kalian akan mendapatkan banyak nilai kehidupan dan tentunya bisa kalian terapkan di kehidupan sehari hari. Nilai 8,5 dari 10 untuk film ini.

Nilai kehidupan yang bisa diambil dari film ini:

- Beranikan diri kalian untuk menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya dan jangan pernah ragu untuk
mengungkapkan apa yang seberannya kita rasakan.

- Beranilah untuk mencari sesuatu yang baru dan perluaslah.

- Kalian harus berusaha untuk menemukan suara kalian sendiri secepatnya karena semakin lama kalian
menunggu untuk memulai, maka semakin kecil kemungkinan kalian menemukan itu semua.

- Berenanglah melawan arus.

- Kekalahan hanya ditentukan karena anda akan gagal

- Sesuatu yang berasal dari ketulusan akan selamanya membekas dalam hati dan tanpa disadari akan
berdampak kepada suatu ikatan batin yang kuat dan tidak mudah untuk dilepaskan.

Masih banyak lagi nilai kehidupan yang kalian bisa temukan selama menonton film ini.

Namun sayangnya keindahan alur cerita ini tidak serupa dengan kehidupan nyata pemeran utamannya, Robin Williams (Keating). Kehidupannya yang rapuh menuntunnya untuk melakukan seuatu seperti yang sudah ada dalam ulasanku mengenai film Patch Adam. Namun terlepas dari kehidupan Robin Williams yang sebenarnnya, peran-perannya dalam berbagai film dapat membuka pola pikir para penikmat filmnya untuk belajar memiliki cara pandang yang lebih luas lagi dan bahkan tidak terbatas.

Trailer

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS