816
  2016-09-13       media.timeout.com

Manfaat Berpetualang di Alam Bebas

Kegiatan di alam bebas seperti mendaki gunung, dan petualangan lain dianggap memiliki banyak manfaat Berikut beberapa manfaat bergiat di alam bebas menurut Anies Baswedan.

Deane Lene 266 views

tanah air Indonesia memiliki banyak tekstur alam yang masih asri dan lengkap. Mulai dari sungai, pegunungan, bukit, pantai, danau dan juga telaga. Masing-masing kekayaan alam tersebut memiliki keindahan dan ciri-ciri yang berbeda. Warna-warni keindahan alam bebas sangat mendukung jejak para petualang yang memiliki hobi menjelajah dunia untuk bertualang di alam bebas. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini akan membahas mengenai beberapa manfaat berpetualang di alam bebas.

Melatih mengontrol diri sendiri

Aktifitas bertualang semisal mendaki gunung bukanlah aktifitas yang bisa dianggap remeh. Banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang sebelum proses pendakian. Kegiatan mendaki gunung di alam bebas memiliki banyak resiko yang berbahaya. jika kalian ingin mendaki gungung maka dibutuhkan perencanaan yang matang.

Tidak hanya itu saja kalian harus berpedoman pada fungsi manajemen yang mencakup planing, organizing, actuating dan controlling agar semuanya dapat berjalan lancar dan terarah. Perencanaan (planing) awal dimulai dengan menentukan tujuan tempat mana yang cocok untuk kalian daki, membutuhkan kisaran waktu berapa lama dan kapan kalian bisa berangkat. Semakin berat rute yang akan kalian lewati maka akan membutuhkan perencanaan yang semakin rumit pula.
Selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah organizing.

Bagilah tugas bersama kelompok atau tim kalian dan atur kerjasama untuk menjalankan rencana sesuai dengan komitmen yang sudah disepakati. Atur juga siapa saja yang bertanggungjawab dalam hal bendahara, perbekalan, perlengkapan dan lain-lain. Jika semuanya sudah terorganisasi maka perjalanan tinggal dimulai sesuai dengan tujuan yang sudah dibuat. Gunakan fungsi controlling untuk mendukung perjalanan kalian seperti bahaya yang mengancam, cuaca, track yang harus dilalui dan sebagainya.

Menumbuhkan sikap positif

Saat kalian membuat perencanaan, petualangan kalian sudah dilatih untuk berfikir jauh ke depan. kalian juga dilatih untuk bertanggung jawab, kooperatif dengan tim atau kelompok dan juga kalian akan menjadi orang yang konsisten. Terlebih lagi jika anda benar-benar bisa melewati tantangan selama kalian bertualang di alam bebas, kalian akan menjadi pribadi yang lebih kreatif, berani dan sigap dalam menghadapi masalah yang datang.

Kreatif dapat diartikan dengan memiliki daya cipta untuk mengkreasikan sesuatu yang ada dengan hal yang berbeda karena dengan alam bebas yang minim fasilitas dibutuhkan kreatifitas yang tinggi agar kalian tidak berhenti berjuang di tengah jalan. Misalnya saja jika kalian tidak membawa peralatan makan anda dapat menggunkan daun jati, daun pisang atau daun lain yang lebar sebagai alas makan yang sederhana. kalian juga dapat menggunakan alas tidur dengan rerumputan yang rimbun supaya terasa lebih empuk dan nyaman.

Kemudian berani, berarti kalian memiliki kepercayaan diri yang tangguh untuk menghadapi segala rintangan yang ada di depan mata. Selain itu sikap keberanian ini akan dibarengi dengan sikap sigap yang berarti kalian cepat, tangkas dalam menangani masalah. Misalnya saat hujan turun tiba-tiba kalian harus melakukan penanganan seperti mencari tempat berteduh atau mencari alat yang bisa digunakan untuk melindungi diri agar tidak terkena hujan dan masuk angin.

Melatih untuk memahami diri sendiri

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, namun ada saatnya dimana mereka harus mulai belajar memahami diri mereka dan berinteraksi dengan pribadi diri sendiri. Suasana alam bebas yang tenang dan menyejukkan seperti suara kicauan burung yang merdu, deburan ombak pantai, gemericik air, atau hembusan angin yang mendayu-dayu membawa kita berada dalam suasan jiwa yang tentram. Jiwa kalian akan mulai berinteraksi dengan diri sendiri dan mencoba merenungkan apa yang telah terjadi pada diri kalian selama ini, baik keberhasilan, kegagalan dan semua rintangan yang mungkin akan energi positif untuk melangkah maju ke jalan yang lebih baik.

Wadah penyalur hobi

Saat bertualang di alam bebas, kalian dapat mensinergikan bakat maupun hobi anda sekaligus. Misalnya jika kalian memiliki hobi melukis, fotografi atau menulis kalian akan mendapatkan inspirasi yang luas di alam raya ini. Banyak hal menarik yang akan kalian jumpai dan cocok untuk kalian jadikan objek penyaluran hobi dan bakat. Jiwa seni yang kalian miliki tentunya menjadikan lebih senang menghabiskan waktu diluar ruangan terbuka. Lakukanlah penjiwaan dan penghayatan mendalam di tempat yang damai dan nyaman saat kalian berpetualang, selanjutnya inspirasi akan muncul dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa manfaat bertualang di alam bebas. Lewati waktu berharga kalian dengan berjuta pengalaman yang bisa kalian dapat saat bertualang di alam bebas yang luas dan indah. Life is an adventure!

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS