810
  2016-09-09       www.umiresep.com

Tips Membuat Puding Agar Lebih Menarik Perhatian

Yuk, membuat puding yang lucu dan menarik dengan menggunakan cara yan tepat saat pengolahan. Bagaimana agar tampilan puding lebih menarik? Here we go...

Triwitaan 396 views

Apa agenda kalian saat free time? Ada hal-hal yang perlu dilakukan bukan untuk mengusir rasa bosan. Apakah hal itu? Moeslemates bisa melakukan hal-hal seperti memasak, membersihkan kamar, membaca, menulis dan hang out bareng temen. Tapi jika moeslemates menghabiskan waktunya dengan memasak. Bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu luang, moeslemates bisa memasak/membuat pudding dirumah. Cara memasak yang mudah dan singkat, menjadi pilihan untuk mengisi waktu bersama keluarga. Sambil mengkonsumsi dingin atau hangat pudding yang dibuat sendiri.

Jika moeslemates ingin membuat pudding. Ada hal-hal atau tips yang harus diperhatikan. Apa saja?

Source: majalahpuding.com

1. Bahan Tambahan untuk Puding


Gunakan Putih telur akan membuat tekstur pudding lembut seperti busa. Perhatikan adonan saat mencamprkan putih telur. Jangan sampai karena adonan yang tidak seimbang antara pudding dan putih telur, menjadi lembek. Sebagai patokan dasar, gunakan 3 telur (90 ml) untuk 300 ml cairan sebelum dimasukan kedalam adonan pudding. Putih telur harus dikocok hingga kaku, segera tuangi adonan pudding yang masih panas, sambil dikocok hingga tercampur rata.

GunakanCokelat mengandung banyak lemak, sehingga menjadikan tekstur pudding menjadi lebih lembut. Ada 2 jenis coklat, yaitu coklat masak dan coklat bubuk. Coklat masak biasanya coklat batangan, yang harus dicincang kasar, kemudian lelehkan. Campurkan saat dalam keadaan panas sambil diaduk.

Roti dipakai untuk membuat pudding panas, banyak jenis roti yang dapat digunakan, yaitu Croissant, tepung roti, tepung hangkue atau panir powder. Dimaksudkan untuk membuat tekstur pudding yang lembut seperti cake.

Kentang bisa digunakan sebagai campuran, sebelumnya kukus dan haluskan. Sampai benar-benar halus dengan menyaringnya. Jika mau pakai ubi jalar, gunakan ubi jalar yang berwarna oranye atau kuning tua. Agar warna pudding lebih bagus dan beraroma.

Gunakan Biji mutiara. Meskipun jarang digunakan. Bisa jadi alternative membuat pudding dengan cita rasa oriental. Cuci dulu sebelum digunakan. Rebus biji mutiara hingga bening dan mengembang. Jika sudah matang angkat dan siram dengan air mengalir. Agar tidak saling melekat.

2. Melapisi

Source: www.resepresepmasakan.com320

Membuat puding yang berlapis harus dilakukan dengan waktu yang tepat dan hati-hati agar diperoleh puding lapis yang diinginkan. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Lapisan puding yang terlepas jika puding terlanjur dingin. Sebaiknya tunggu sampai permukaan puding cukup keras. Untuk menerima lapisan berikutnya. Tuang adonan agar-agar sedikit demi sedikit dan sendok sayur.

Supaya adonan agar-agar tidak menggumpal, panaskan adonan puding di atas api kecil sampai saat akan dipakai.

Jangan memasukkan puding yang akan dilapisi kedalam lemari es untuk mempercepat pembekuan. Karena bisa saja permukaan puding tidak cukup keras. Tetapi bagian dalam masih cair, sehingga ketika dilapisi adonan akan menyatu dan terlihat tidak rapi.

3. Memberi Isi

Source: resepgurih.com

Dalam memberi isi pada sebuah puding harus memperhatikan isi agar tersebar merata dan tidak tenggelam di dasar puding. Buah-buahan yang terlalu besar , seperti peach atau pir sebaiknya dicincang kasar dulu. Agar mudah menyatu dengan adonan puding. Masukkan isi saat adonan sudah mulai mengeras. Tes terlebih dahulu dengan memasukkan satu atau dua potong isi kedalam adonan puding. Jika potongan mengambang dengan bagus. Artinya potongan buah yang lain bisa segera dimasukkan.

4. Membuat Hiasan

Source: majalahpuding.com

Hiasan pada puding akan membuat puding tampil cantik dan menarik. Hiasan bisa digunakan dengan buah-buahan atau adonan puding. Gunakan bentuk atau motif cetakan yang siap pakai untuk mencetak adonan puding atau buah. Pastikan hiasan tidak mudah lepas.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: RECIPE&CULINARY


Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS