767
  2016-09-06    

Kegagalan Aadalah Kesuksesan yang Masih Dalam Proses

Gagal memang sakit tapi percayalah itu yang akan menguatkan tekadmu untuk kembali bangkit

Deane Lene 69 views

Dalam benak kalian semua usaha yang sedang dijalani pasti akan berbuah manis. Tapi sayang hidup terkadang memberi kejutan dengan rencana lain di luar kuasa juga harapan kita. Semua gambaran pencapaian di dalam kepala kalian seperti kaca yang seketika pecah berkeping-keping. Usaha kalian bertemu dengan kegagalan di titik ini, dan kalian merasa seperti didorong hingga tersungkur di jalan beraspal, ada rasa kesal yang harus mengalah dengan kepedihan.

Menerima kegagalan memang tidak pernah mudah, tapi biar bagaimana pun kalian harus menghadapinya. Tak perlu malu juga untuk mengakui kegagalan yang kalian alami. Sebab kelak saat semua kembali membaik, kalian akan merasakan jika sakitnya gagal itu justru yang menguatkan semangat dan tekad kalian untuk bangkit dan hal-hal di bawah ini pula yang akan selalu kalian ingat:

1. Gagal dan berhasil, berjalan beriringan dalam hidup

Tidak ada yang menginginkan sebuah kegagalan dalam hidupnya. Kegagalan yang hadir dalam perjalanan hidup mau tidak mau harus kalian terima dengan hati yang lapang seburuk apapun kegagalan itu. Penerimaan tersebut bukan berarti kamu berlarut-larut dalam kesedihannya. Bersedihlah secukupnya saja dan pikirkan jalan keluar untuk melewati kegagalan ini.

Perlu kalian sadari, jika gagal tak lain adalah sebuah konsekuensi yang harus kalian terima dalam tiap langkah yang dipilih. Konsekuensi pun tak selamanya negatif. Mungkin memang belum saatnya kalian untuk sukses. Sebab masih banyak hal lain yang perlu dipelajari, asah dan rapihkan lagi. Dengan begitu, kalian akan menganggap kegagalan adalah proses untuk memperbaiki diri.

2. Meski menyedihkan namun gagal bukan akhir segalanya

Justru itu permulaan dari kesempatan baru untuk masa depan yang lebih cemerlang. Kalian melihat teman kalian satu persatu sudah mulai memetik buah kesuksesannya. Banyak dari mereka yang urusan karirnya sudah mapan. Sedangkan kalian masih tertatih-tatih mencari pijakan, bahkan kini malah terjatuh. Betapa keadaan kini terlihat menyedihkan dimata kalian, membuat pikiran picik berbisik seenaknya tentang putus asa.

Hey! Sadarlah! Dunia belum berakhir. Seharusnya suatu kegagalan jadikan batu loncatan, untuk mendapatkan kesempatan baru. Toh masa depan kalian masih terbentang panjang.

3. Bukan hal yang sia-sia

masih ada bekal untuk kalian melangkah kedepan. Tinggal kalian yang menentukan, diambil atau ditinggalkan? Terkadang kalian akan berpikir “sia-sia semua waktu dan pikiran yang kemarin dicurahkan, jika pada akhrinya tidak berhasil!” salah jika kalian menganggap semua usahamu itu sia-sia karena berbuah kegagalan. Di dunia ini tidak pernah ada yang sia-sia, akan selalu ada hal yang bisa diambil dari itu semua. Anggap saja kemarin itu bagian dari latihan untuk menghasilkan sebuah karya. Sedangkan kegagalan mengajarkan kalian untuk mengkoreksi kembali pada bagian apa yang kira-kira kurang dan harus diperbaiki lagi.

4. Hadapi bukan dihindari

Putus asa tidak lain adalah sebuah fase yang harus kalian hadapi bukan ditakuti atau diikuti. Fase ini menjadi penentu kelak kalian benar-benar layak atau tidak untuk mendapatkan kesuksesan. Sebab, di depan kesuksesan masih ada kemungkinan cobaan lain atau kegagalan lain. sebab, hidup ini tak lain proses untuk selalu belajar memahami apapun itu.

5. Jangan menyerah

Tapi sesakit apapun, kalian tetap harus bangkit dan mengejar segala hal yang sempat tertunda. Namannya jatuh ya sudah pasti sakit. Tapi tidak ada luka atau kesakitan manapun yang tidak bisa membaik, sembuh dan akhirnya hilang. Asalkan kalian mau mengobatinyadengan semangat baru. Sebab tak ada obat yang lebih mujarab selain semangat dari diri kalian sendiri.

6. Akan terasa bangga jika fase tersebut terlewati dengan penuh perjuangan dan berakhir dengan keberhasilan

Sudah tau rasanya gagal seperti apa, membuat kalian benar-benar menysukuri apapun yang didapat termasuk langkah kecil menuju kesuksesan. Sampai di sini kalian benar-benar yakin, tuhan lebih bijak dari diri kalian sendiri. Tuhan menyiapkan segala rencana-Nya sendiri tanpa pernah ada yang mengetahui. Tuhan juga mengingatkan kembali, jika di dunia ini tidak ada yang sempurna, sebelum ada bahagia akan ada kesukaran terlebih dahulu. Membuat pahit dan manis saling berdampingan.

Ternyata benar, pahitnya hidup pasti akan berbuah manis asalkan ada kesabaran. Kesabaran pula yang membuat harapan dan mimpimu tetap menyala.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS