711
  2016-08-31       www.smashinglists.com

Belajar Bahasa Asing Lewat Lagu

Lagu memiliki manfaat tersendiri untuk para pembelajar bahasa, yaitu untuk melatih kemampuan bahasa asing dengan pendengaran dan pengucapan. Yuk kita mulai belajar bahasa asing lewat lagu!

Lidya O. 102 views

Bahasa merupakan satu-satunya jembatan untuk kita bisa mengenal dan memahami perbedaan yang ada di belahan benua lain. Jika sudah muncul rasa ketertarikan terhadap bahasa, Moeslemates bisa lebih mudah "kecemplung" di dunia asing itu lho. Namun, belajar bahasa asing memang tidak mudah dan butuh kesabaran tingkat tinggi. Meskipun begitu, kita masih bisa membuatnya menjadi menyenangkan lho dengan belajar sambil bermain lagu.

Mengasah Kemampuan Ingatan Otak

Otak manusia memiliki banyak kemampuan untuk menyerap data, ingatan, pelajaran, dan berbagai informasi lainnya yang didapatkan dari indera kita. Salah satunya adalah dengan indera pendengaran. Namun, tahukah Moeslemates bahwa proses belajar bahasa asing dapat dilakukan dengan menggunakan media lagu? Walaupun opsi ini bukan dijadikan opsi utama, tapi belajar lewat lagu juga memiliki pengaruh baik dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing kita lho!

Pelajari Arti Kata Lewat Lirik Lagu

Sejak kecil saya sangat menyukai kartun Doraemon. Hanya karena ketertarikan itulah akhirnya saya terjun ke dunia yang bisa membawa saya menjadi jurnalis untuk diri saya sendiri dan komunitas orang Jepang dengan bahasa Jepang. Yeay! Dan menjelang usia 13-an, saya mulai rajin mencari lirik lagu bahasa Jepang beserta artinya untuk saya print-out dan dijadikan buku. Di waktu senggang, saya bisa kembali membaca lirik lagu tersebut sambil menyanyikannya. Ternyata, dengan cara seperti itu mampu membuat saya menghafal beberapa kosakata percakapan sehari-hari dalam bahasa Jepang lho! Tapi sayangnya, buku lirik tersebut sudah hilang sejak 2 tahun yang lalu.

Penerjemahan Lagu

Setelah saya lulus kuliah dan menjalani aktivitas sebagai guru les bahasa Jepang maupun bahasa Indonesia, saya mulai semakin tertarik untuk mengulik lagu bahasa Jepang. Dan sebagai pengajar untuk orang asing, tentunya saya harus memutar otak agar pelajaran yang saya berikan menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Beberapa hari yang lalu, saya dan murid asing saya bercerita mengenai musik. Beliau mengakui senang mendengarkan musik dan saya jadi dapat ide untuk memberikan tugas lagu. Saya memilih lagu-lagu Raisa karena bahasanya tidak berat dan temponya tidak begitu cepat. Meskipun begitu, lagu memiliki tingkat diksi dan bahasa yang bebas daripada yang dipelajari langsung di textbook. Berhati-hatilah dalam memilih lagu asing sebelum kita benar-benar mengetahui arti dan makna lagunya. Bisa saja kan lagu yang kita suka itu mengandung makna yang mengarah pada hal-hal yang tidak baik. Dan jika sudah memasukkannya di song list, coba dengarkan terlebih dahulu pengucapan kata per kata dan kalimat per kalimat dari native tersebut. Barulah kita ikuti setelahnya. Dijamin, kalau kita sudah suka dengan lagunya akan sangat enjoy deh!

Gunakan Media Youtube

Selain menggunakan indera pendengaran, jangan lupa juga untuk mengikutsertakan visualisasi sebagai media lainnya ketika belajar bahasa asing. Ohya, saya ada referensi video untuk berlatih bahasa Jepang dengan lagu. Moeslemates bisa lebih mudah menghafal kata per kata dari lantunan lagu tersebut, bukan? Nah, selain bahasa Jepang, Moeslemates juga bisa cari bahasa asing lainnya di internet. Berhubung spesialisasi saya di bidang ini, jadi saya akan lebih fokus pada bahasa Jepang saja ya Moeslemates.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS