709
  2016-09-05       1.bp.blogspot.com

Menjadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan

Siapa yang tidak bahagia jika bekerja sesuai dengan passion? Moeslemates pernah terbesit untuk menghasilkan uang dari hobi?

Lidya O. 163 views

Bekerja tidak harus selalu di kantor. Kadang pola pikir kita menyudutkan bahwa bekerja untuk orang lain menjadi suatu hal yang pasti dialami setiap para sarjana muda. Sebenarnya tidak harus seperti itu. Kita juga bisa mencari kesenangan dan memulainya untuk berbisnis. Beberapa di antara hobi yang bisa menghasilkan uang akan dijabarkan satu per satu sebagai berikut.

1. Teacher

Profesi sebagai guru adalah yang paling masuk akal dan pasti akan dilakoni oleh sarjana muda lulusan sastra maupun pendidikan. Namun, di sini saya menegaskan bahwa guru tidak hanya mengajar di kelas dengan puluhan murid. Akan lebih menyenangkan jika kita mengajar secara private dari rumah ke rumah sehingga tidak mengharuskan setiap hari berada di lingkungan sekolah. Saya yang tertarik di dunia teaching juga pernah mengalami beberapa kali pindah di satu tempat ke tempat yang lain untuk mengajar bahasa Jepang dan Indonesia. Dengan mengajar private, kita akan lebih fokus ke satu murid saja.

2. Desainer

Saya punya teman yang memiliki hobi melukis realistis. Dia seorang desainer yang berkelut di bidang desain lepas. Walaupun sama-sama belajar bahasa, sastra dan budaya Jepang, rupanya teman saya itu lebih tertarik menjadikan hobinya sebagai penghasilan tambahan sehari-hari. Waktu ulang tahun saya pun, ia memberikan hasil gambarnya untuk hadiah saya. Namun, perlu diperhatikan bahwa seorang desainer bisa fokus di salah satu maupun beberapa bidang seni desain. Contohnya adalah web design, interior atau exterior design, fashion design, animation design, dan beberapa lainnya. Seorang desainer yang mampu melukis maupun menggambar hasil karyanya secara realistis mampu menghasilkan uang yang tidak sedikit lho Moeslemates.

3. Journalist

Source: www.ucas.com

Menjadi penulis baik itu secara online, penerbitan di majalah atau koran maupun terjun langsung mencari berita dan menulisnya di blog, sama-sama memiliki tujuan untuk menyebarkan informasi ke khalayak luas. Nah, hobi yang satu ini kalau diasah lebih dalam, pasti akan ada perusahaan yang mau membayar untuk hasil karya tulis kita.

4. Chef

Source: moonmedia.com

Moeslemates suka memasak? Punya bakat memasak yang terpendam? Ada baiknya Moeslemates mencoba meracik resep makanan ala Moeslemates sendiri untuk dijual ke teman-teman terdekat terlebih dahulu. Baru setelah mendapatkan respon yang positif, Moeslemates bisa langsung memulai usaha berbisnis di bidang kuliner yang menjanjikan ini lho.

5. Collector

Saya jadi teringat oleh dosen saya yang menjadi kolektor majalah jadul. Beliau mengatakan bahwa hasil koleksinya dijual dengan harga puluhan juta lho Moeslemates. Wah, menarik banget ya untuk dicontoh! Mulai dari sekarang, yuk kita koleksi barang-barang unik untuk bisa dijual di 20 tahun atau 40 tahun mendatang.

6. Handicraftsman

Siapa bilang kertas koran dan alat-alat bekas pakai tidak bisa menjadikan ladang uang? Justru sangat bisa. Asal kita bisa menciptakan sesuatu yang kreatif dan berbeda dari yang lainnya, konsumen juga cerdik dan pintar untuk membelanjakan uang mereka demi hasil karya yang unik.

7. Petshop Owner

Sebagai salah satu pecinta kucing, ide untuk membuat usaha petshop pernah terlintas di benak saya. Namun, untuk yang satu ini memang dibutuhkan modal yang cukup banyak. Bermula dari kecintaan terhadap kucing, Moeslemates bisa membuka toko untuk menjual makanan dan pernak-pernik khusus kucing. Dengan membuka usaha seperti ini, pasti akan membuat Moeslemates pecinta kucing betah berlama-lama di toko karena akan banyak bertemu pelanggan yang juga pecinta kucing, kan?

Selain petshop, Moeslemates bisa juga membuka cafe atau tempat bermain khusus pecinta kucing yang akan dikenakan biaya per jam. Namun, yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kesehatan kucing-kucing yang tinggal bersama. Kadang kita tidak bisa memungkiri juga kalau banyak kucing yang dibiarkan tinggal di satu tempat yang sama akan menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya adalah kebersihan dan kesehatan. Tidak lupa juga untuk masalah psikologis. Kucing-kucing yang belum mengenal satu sama lain akan memiliki perasaan iri, marah, dan sulit untuk bergaul karena masih baru. Tapi semua itu akan bisa teratasi jika Moeslemates memiliki cukup pengetahuan mengenai perawatan kucing.

8. Photographer

Yang terakhir adalah di bidang fotografi. Kakak saya juga seorang penyuka potret memotret. Tidak heran, perlengkapan memotretnya selalu up to date dan harganya cukup mengerikan. Jadi saya iri. Karena saya cukup ada minat di bidang ini namun belum bisa terlaksana karena kesibukan lain. Nah, mungkin suatu waktu saya bisa coba menekuni fotografi sambil menulis ya?

Dari ke-delapan jenis hobi yang bisa dijadikan peluang usaha di atas, manakah yang paling Moeslemates minati dan ingin keluti? Kalau saya akan memilih mengajar, menggambar (desain), menulis, menjadi owner sebuah petshop atau pet cafe, dan terakhir fotografi. Bagaimana dengan Moeslemates?

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS