705
  2016-08-31       www.pinksith.com

Pentingkah konsumsi Vitamin C?

Vitamin C termasuk kategori vitamin populer yang harus dikonsumsi untuk menjaga kestabilan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Triwitaan 36 views

Source: Ayokesehatan.blogspot.com

Bagi moeslemates yang tinggal di daerah perkotaan dengan rutinitas yang menuntut profesionalitas, tidak salahnya selalu menjaga kesehatan untuk tetap vit. Dengan kondisi daerah tempat tinggal yang penuh dengan polusi dan radikal bebas, asupan makanan yang tidak terjaga serta pengolahan makanan yang beragam tentu membuat kandungan vitamin dan mineral berkurang. Hal ini membuat kita harus mengkonsumsi suplemen/vitamin tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh. Walaupun vitamin (dan mineral) adalah zat-zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah kecil, tetapi asupannya harus teratur dan dalam jumlah yang pas.

Source: panduanhidupsehat.com

Seperti vitamin yang satu ini, sangat dibutuhkan kegunaannya. Yaitu vitamin C. Vitamin C termasuk kategori vitamin populer. Sebagian masyarakat menggunakannnya untuk mengatasi flu, dan sebagian masyarakat sudah biasa mengkonsumsi vitamin c saat tubuh dalam kondisi sedang tidak fit.

Apa manfaat vitamin C bagi tubuh?

Source: beritasehatlengkap.blogspot.com

1. Mempertahankan kesehatan sistem kekebalan tubuh
2. Agen pencegah sariawan
3. Menangkal nitrit pencegah kanker
4. Membantu penyerapan zat besi dan mempertahankan kesadaran
5. Mencegah flu
6. Antioksidan (menetralisirkan radikal bebas diseluruh tubuh)
7. Mencegah glaucoma
8. Absorpsi kalsium
9. Mempercepat penyembuhan luka, memar, pendarahan kecil dan luka ringan
10. Membantu pencegahan patah tulang
11. Melawan gejala asma
12. Melindungi tubuh dari asap rokok dan berbagai polutan
13. Menurunkan risiko hipertensi dan penyakit jantung

Apa akibat kekurangan vitamin C?

Source: sehatcenter.com


Kekurangan vitamin C bisa berakibat sariawan, kulit kasar, gusi tidak sehat dan tidak mudah goyah dan lepas, dapat merusak pembulu darah dibawah kulit, cepat lelah dan mudah depresi.

Apa akibat kelebihan vitamin C?

Source: www.tacconellis.com

Kelebihan vitamin C dapat mengganggu kerja ginjal dan keracunan vitamin C. Kelebihan vitamin C juga dapat mengganggu lambung yang dapat menyebabkan maag. Meskipun vitamin C larut dalam air sehingga bila asupannya berlebihan dapat dikeluarkan secara otomatis melalui urine. Adapun batasan dalam mengkonsumsi vitamin C, seperti balita tak boleh mengkonsumsi lebih dari 400 mg karena dapat menyebabkan diare. Orang dewasa tak boleh mengkonsumsi lebih dari 2000 mg perhari karena dapat mengganggu kerja ginjal. Ternyata bila terlalu banyak mengkomsumsi vitamin C dapat mengurangi efektivitas obat-obatam lainya.

Makanan apa saja yang mengandung vitamin C?

Source: healthyprotocols.com

Kandungan vitamin C terdapat pada famili jeruk, seperti jeruk manis, jeruk nipis, jeruk purut, jeruk mandarin, lemon cui, dll. Stroberi, kiwi, jambu biji dan daun singkong juga tak kalah tinggi kandungan vitamin C-nya.

Banyak manfaat yang dapat diambil bila moeslemates mengkonsumsi vitamin C. Namun, yang harus perlu diingat adalah mengkonsumsi vitamin C bukan merupakan terapi yang utama, tetapi merupakan terapi penunjang. Konsumsi vitamin C dalam jumlah yang pas dan sesuai kebutuhan.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS