704
  2016-09-06       www.hijabusanamuslim.com

Rahasia Jogging yang Perlu Kamu Tahu

Apa saja rahasia dari sebuah olahraga simpel, murah dan fleksibel? Simak yuk moeslemates!

Safira Al Khansa 167 views

Assalamualaikum, Moeslemates!!


Siapa di sini yang ingin sehat, bugar, dan langsing? Pasti semua langsung mengangkat tangannya tinggi-tinggi nih..

Hampir semua perempuan mendambakannya. Tak terkecuali bagi para muslimah juga ya. Banyak penelitian yang mengatakan salah satu cara hidup sehat adalah dengan berolahraga. Namun, berbagai alasan dikemukakan orang untuk tidak melakukannya.

Salah satu alasannya adalah tidak ada waktu, mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, dan harus datang ke tempat tertentu. Lantas, dengan berbagai alasan itu apakah kita tidak dapat berolahraga?

Tentu tidak kan? Ada lho satu cabang olahraga yang simpel, murah, dan fleksibel. Apakah itu? jawabannya adalah lari atau yang dikenal dengan sebutan jogging.

Nah, apakah kalian semua tahu rahasia dari jogging itu? intip rahasianya yuk!

1. Menyehatkan Badan

Jogging atau berlari dapat membuat tubuh kita sehat, karena lari merupakan olahraga dengan efek erobik yang sangat tinggi sehingga dapat menguatkan jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh bagian tubuh kita. Agar jogging yang kita lakukan dapat memberikan manfaat pada tubuh, ada tata cara yang harus kita perhatikan, yakni dengan ritme atau tempo yang konstan. tidak berlari kencang pada awal dan terengah-engah di akhir. tetapi, kita harus melakukannya dengan irama yang stabil atau konstan. Agar tubuh kita mendapatkan manfaatnya alias tidak hanya mendapat letih saja.

Source: mandukaindonesia.com

2. Jogging Selama 45 menit - 60 Menit Dapat Membakar Lemak

Source: www.dietcepatalami.com

Berapa lama biasanya kalian jogging moeslemates? Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa durasi yang diperlukan untuk membakar lemak dari aktivitas lari adalah 45 menit - 1 jam. Kalau dilakukan kurang dari durasi yang ditentukan yang terjadi bukanlah pembakaran lemak, tetapi hanya untuk menyehatkan badan saja. eiittss, tidak hanya harus konstan nih, selain ritme larinya yang konstan kita pun harus melakukannya secara konsisten dan berkesinambungan. Untuk mendapat hasil yang maksimal, minimal kita harus jogging selama 3 kali dalam seminggu.
Hayoo, siapa yang ingin bakar lemak? Ditambah lagi yuk durasi larinya :D

3. Waktu Ideal Jogging

Memang sih jogging itu dapat dilakukan kapan saja. Namun, ada waktu khusus loh moeslemates untuk mendapatkan kesempurnaan dalam jogging. Kapan saja? Yakni jogging pada pagi hari. Sekitar pukul 06.00-08.00. Hal ini dimaksudkan selain karena udara yang masih segar, juga dikarenakan tubuh kita dapat menghirup sebanyak-banyaknya oksigen pada saat itu.

Source: www.brilio.net

4. Makanan Pasca Jogging

Setelah lelah berlari tentu saja membuat perut kita lapar. Lantas, makanan apakah yang tepat mengisi kembali energi kita? Jawaban yang tepat adalah dengan karbohidrat. banyak yang beranggapan setelah berlari (alias membakar lemak) kita tidak boleh makan makanan berat (seperti nasi dan lauk pauk). Sebenarnya pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena ketika tubuh kita lemah dan letih karena kekurangan cairan, yang harus kita lakukan adalah menggantinya kembali dengan karbohidrat. Ingat, ya moeslemates dengan karbohidrat! Karbohidrat berbeda dengan lemak. Jadi kalau makanan yang kita makan itu tidak mengandung lemak,
Tentunya aman bukan? Namun, jika kalian lebih menyukai buah, lebih baik makan buah-buahan saja ya. Selain sehat buah juga mengenyangkan, contohnya pisang.

Source: jurnalkarbohidrat.blogspot.com

5. Perbedaan Jogging di Alam Terbuka dan di Treadmill

Menurut kalian, lebih sehat mana? jogging di alam terbuka atau sekadar jogging di sebuah alat bernama treadmill? sebenarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara berlari di alam terbuka dengan di treadmill atau di ruangan. Hanya saja, jika kita jogging di alam terbuka membuat kita lebih berkeringat dibandingkan jika di dalam ruangan (dengan treadmill). Hal ini dikarenakan berbagai faktor seperti cuaca, sedangkan di dalam ruangan treadmill biasanya menggunakan pendingin ruangan. jika tubuh kita lebih berkeringat, membuat proses pembakaran tubuh kita sempurna. jika sudah begini, insyaAllah daya tahan tubuh kita menjadi lebih tinggi kan moeslemates?

Source: www.cybexintl.com

Bagaimana moeslemates? Seru kan jika kita mengetahui rahasia dari sebuah olahraga simpel bernama lari atau jogging. Semoga dapat kita laksanakan dengan baik ya, dan ingat harus konstan dan konsisten! Moga bermanfaat, sampai jumpa lagi. Wassalamualaikum!

Safira Al Khansa
Safira Al Khansa
"So which of the favors of your Lord would you deny?"
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Safira Al Khansa
Safira Al Khansa
"So which of the favors of your Lord would you deny?"

no comments

Follow Moeslema on SNS