699
  2016-09-05    

Book Review: ARAS ATAS 2016

Salah satu karya anak bangsa yang patut diberikan apresiasi

Deane Lene 139 views

Baru saja aku selesai membaca salah satu karaya anak bangsa. Sebuah novel bergenre fantasi dengan ketebalan 540 halaman ini merupakan bukti nyata bahwa anak bangsa pun bisa berkarya dan karyanya pun tidak kalah bagusnya dengan karya dari luar negeri. Hanya dengan waktu kurang dari dua hari, selesai sudah buku tersebut kubaca. Pada tahun 2016 ini, terbitlah sebuah buku berdasarkan imajinasi Nyi Rika yang berjudul “ARAS ATAS” ini mampu membuatku terpukau atas karyannya. Dunia imajinasi penulis yang tinggi mampu membuatku merasakan apa yang terjadi pada lembar demi lembar dalam buku ini.

Buku yang mengisahkan sebuah petualangan rahasia seorang anak perempuan bernama Jembala. Awal kehidupan Jembala biasa saja. bahkan cenderung membosankan, seperti orangnya. Namun semenjak kecelakaan pesawat yang merenggut nyawa kedua orang tuanya, mulai banyak keanehan terjadi. Ia mampu mengeluarkan kekuatan aneh dari dalam tubuhnya, bertemu dengan sahabat barunya, diundang ke pesta kerajaan, diserang berbagai kepingan robot, bertemu kucing yang menjelma menjadi manusia, memasuki dunia pohon, dan begitu banyak hal aneh lain yang terjadi dalam hidupnya. Hal tersebut membuat Jembala meragukan akal sehatnya dan mungkin hampir gila dibuatnya.

Ketika ia mengetahui kenyataan dalam hidupnya, pandangannya akan dunia yang ia tinggali berubah 180 derajat. Misi rahasia yang selamanya diemban tidaklah mudah untuk dilakukan, namun dengan hadirnya bantuan sang putra mahkota, kekhawatirannya tidaklah sebesar sebelumnya. Apa yang akan terjadi pada kehidupan Jembala? Mampukah ia menyelesaikan misi rahasianya? Apa yang terjadi setelahnya?

Kalian bisa temukan jawabannya hanya ada dibuku ini. Alur cerita yang dinamis mampu mengajak kalian untuk terus menerus membacanya dan menghabiskannya sesegera mungkin. Jika kalian dapat memahami makna tersirat di novel tersebut, kalian akan menemukan banyak nilai kehidupan didalamnya.

Buku ini menyadarkan para pembacanya bahwa betapa indahnya sebuah kesabaran dan betapa tulusnya sebuah penantian. Sesungguhnya apa yang ada di dalam dirimu, hanya kamu yang tahu dan dapat mengendalikannya. Sekeras apapun orang lain membantu untuk memperbaiki dirimu, tidak akan mampu jika dirimu tidak menghendakinya.

Karya manusia yang indah tidaklah selalu sempurna, begitu juga dalam karya novel ini. Dunia imajinasi yang sangat luas sepertinya membuat penulis sulit membedakan batasan-batasan antar wilayah dalam buku ini. perbedaan Bahasa pun dirasa kurang terlihat. Selain itu jeda di setiap kejadian demi kejadian pun dirasa kurang tegas sebab ada beberapa kejadian yang masih membingungkan walaupun tidak banyak namun rasanya cukup berpengaruh. Setting latar dan waktu pun dirasa kurang terlihat perbedaannya sehingga beberapa kali merasa kebingungan untuk membedakannya.

Tidak lengkap rasanya memberikan kritikan namun tanpa saran. Saran bagi penulis buku ini adalah lebih banyak membaca karya-karya fantasi dari penulis baik dalam negeri maupun luar negeri untuk memperkaya kosa kata dan lakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan sebuah karya yang lebih indah.

Buku cetakan pertama pada tahun 2016 ini sudah kalian bisa dapatkan di:

Selain itu, buku ini juga merupakan salah satu media yang penulis buat untuk penggalangan dana dari sebuah yayasan yang bernama “IBU FOUNDATION”. Sebagian dari hasil penjualan ini akan didonasikan untuk program sayang anak usia dini dari yayasan tersebut.

Mari dukung penulis Indonesia untuk tetap berkarya dan mendukung program yayasan IBU FOUNDATION dengan cara membeli novel ini. selain kalian dapat menikmati karyanya kalian juga bisa sambil beramal. Dua keuntungan yang bisa kalian dapatkan selkaligus. Selamat

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS