695
  2016-08-30       www.bimbingan.org

Skirpsi Menjadi Penunda Kelulusan

Sadari alasannya sedini mungkin dan segera perbaiki untuk menjemput masa depan yang lebih cerah!

Deane Lene 45 views

Kenyataan mengenai skripsi yang merupakan syarat utama untuk menyelesaikan suatu program pendidikan dan mendapat gelar rupanya menjadikan sebuah hambatan yang cukup berarti bagi seorang mahasiswa? Mengapa menjadi hambatan? Padahal skripsi adalah hal yang sangat menyenangkan dimana kalian tidak perlu mengikuti segala aturan untuk menciptakan sebuah ide yang menjadi landasan kalian untuk membuat suatu penelitian atau mungkin kalian memiliki banyak ide namun merasa kebingungan mana yang paling baik untuk di teliti? Penyebab utama lambatnya penyelesaian tugas akhir ini menjadi salah satu hal yang masih di pertanyakan dan dibutuhkan survey lebih lanjut untuk mengetahui penyebab utamanya. Berikut beberapa alasan yang biasa di lontarkan oleh mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skiripsi:

1. Kesadaran dan pendewasaan diri itu penting

Karena membuat dan menyusun skripsi adalah suatu hal yang bersifat individual dan tidak terikat dengan jadwal yang pasti makan kedewasaan dan kesadaran terhadap kewajiban adalah hal yang utama. Tanpa adanya kesadaran, kalian tidak akan memiliki target untuk segera menyelesaikannya. Kalian akan merasa santai dan memilih untuk mengerjakannya tidak secara konsisten dan ini akan berdampak buruk pada diri kalian sendiri.

2. Kecocokan dosen dengan mahasiswa

Kecocokan yang dimaksud adalah bagaimana mahasiswa menyampaikan maksud dan tujuan dari penelitiannya dan dosen yang menjadi pembimbing penelitian diharapkan dapat menangkap maksud dari apa yang di sampaikan oleh mahasiswanya hingga terbentuk suatu kolaborasi hasil penelitian ilmiah yang luar biasa, yang sesuai dengan kaidah keilmuan dibidangnya. Mengapa hal ini juga menjadi sorotan utama penunda penyelesaian skripsi tepat waktu? Karena hal ini sangat sering terjadi dimana ketidak cocokan antara mahasiswa dan dosen pembimbing sehingga ini benar-benar menjadi batu sandungan yang cukup berarti bagi mahasiswa yang tidak tahan banting menghadapi kerasnya dunia bimbingan.

Kalian yang dirasa tidak cocok dengan dosen pembimbing tidak ada salahnya untuk mengajukan pergantian dosen pembimbing sesegera mungkin agar waktu kalian tidak terbuang sia-sia. Sebelum mengajukan pergantian dosen pembimbing ada baiknya kalian mencoba berkonsultasi dengan baik, berbicara dari hati ke hati dengan dosen dan berdiskusi secara aktif dengan mendengarkan pendapat dari dosen tersebut. Siapa tahu pendapat dari dosen merupakan ide baru yang tidak pernah terpikirkan oleh kalian sebelumnya.

3. Menentukan Prioritas

Salah satu dilema bagi mahasiswa adalah menentukan suatu prioritas bagi kehidupannya selama masa kuliah berlangsung terlebih bagi mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Terlalu aktif dalam organisasi menjadikan kalian semakin merasa nyaman dan enggan untuk keluar dari organisasi tersebut. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus, kalian berada dalam kerugian yang sangat bersar. Mengapa?

Karena semakin kalian lama berada didalam suatu organisasi dan kalian tidak memiliki daftar prioritas makan kalian akan semakin lama untuk lulus. Ini disebabkan karena kalian mengesampingkan tugas utama kalian sebagai mahasiswa. Kegiatan organisasi sebearnya tidak terlalu buruk untuk kalian bergabung,justru sebaliknya. Hanya saja mahasiwa terkadang melupakan prioritasnya di perguruan tinggi ini.

4. Tumpulnya Kemampuan Mengidentifikasi Masalah

Jika kalian fokus terhadap lingkungan sekitar dimana kalian berpijak maka kalian akan menyadari bahwa ada banyak sekali masalah sosial yang bisa menjadi ide penelitianmu. Lalu apa yang membuatnya begitu sulit untuk diungkapkan dalam penelitian ilmiahmu?

Rupanya kalian memiliki kesulitan untuk mengidentifikasi secara tajam setiap masalah yang kalian temui hingga akhirnya masalah yang kamu temukan hanya bersifat dangkal dan sulit bagi dosen memahami apa yang kamu ingin teliti walaupun kamu sudah mencoba untuk membahasakannya.

Hal yang perlu kalian lakukan adalah buatlah daftar permasalahan yang ingin kalian teliti kemudian kalian cari banyak referensi terkait mengenai masalah tersebut. Dari sekian banyak masalah tersebut kalian seleksi lagi mana yang sekiranya menarik untuk diteliti dan mulailah fokus terhadap satu masalah saja dan abaikan masalah lainnya.

Hal ini sangat efektif bagi kalian untuk melatih kemampuan mengidentifikasi suatu masalah secara tajam.

5. Persepsi Peneliti

Source: bombom.co.id

Jika kalian hanya beranggapan bahwa skripsi hanya sebagai syarat kelulusan dan bukan merupakan prioritas utama maka pengerjaannya akan membutuhkan waktu lama dan hasilnya pun biasa saja. Jadikan skirpsi ini adalah salah satu media utama penyalur ide atau penyampaian pendapat yang selama ini kalian pertanyakan kebenarannya yang tentunya tidak lepas dari kaidah kelimuan kalian ya. Ini adalah salah satu media pembuktian asumsi kalian jika kalian penasaran dengan sesuatu hal. Jadi jangan tunda penyususnannya untuk memuaskan hati kalian atas pertanyaan yang selama ini belum terjawab.

Sebuah karya tulis ilmiah ini seharusnya diposisikan sebagai cerminan dari citra-diri penulisnya. Karya tulis akan eksis selama masih tersesdia di perpustakaan, atau nyaris abadi jika ia sudah diunggah ke media elektronik yang dapat diakses setiap saat dari berbagai penjuru dunia.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS