694
  2016-08-30       www.gambardpbbm.com

Sabar Membuat Hidup Lebih Bahagia

Ketahuilah hikmah di balik kesabaran yang kalian pupuk selama ini.

Deane Lene 371 views

Ketika kalian menghadapi sesuatu yang tidak sesuai dengan keingnan kalian, kalian akan cenderung marah, kesal terlebih memaki hal tersebut. Jika kalian beranggapan bahwa hal tersebut akan menyelesaikan masalah tersebut, pikir kembali!

Ketika kalian marah dan memilih untuk memaki suatu kejadian, hal tersebut bukanlah cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan bahkan hal tersebut akan berdampak pada penyesalan diakhir. Kalian tidak ingin mengalami sebuah penyesalan bukan? Lalu bagaimana caranya kalian bisa mengahdapi suatu hal yang tidak sesuai dengan keadaan kalian? SABAR.... Kalian hanya perlu bersabar. Mengapa harus bersabar? Sabar merupakan sebaik-baiknya usaha seorang manusia dalam menghadapi permasalahan selain mereka berusaha dan berdoa. Jika kalian sudah melakukan sebuah usaha dan doa namun kalian tidak bersabar, kalian juga akan merasakan ketidak puasan akan hal tersebut karena tidak kunjung sesuai dengan keinginan kalian bukan?

Sabar adalah kunci utama yang membuat hidup kita merasa tentram dan nyaman. Dengan kesabaran, kita mampu berpikir jernih dalam mencari solusi dalam sebuah permasalahan. Memang tidak dapat di pungkiri bahwa bersabar itu sulit dan membosankan bila tidak biasa dilakukan. Berikut akan di bahas mengenai kesabaran dalam menghadapi cobaan hidup agar kalin tidak menyesal dikemudian hari.

1. Marah

Source: i.huffpost.com

Ini adalah hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari bahkan pada masalah yang kecil sekalipun bisa menjadi besar dibuatnya. Biasanya marah di sebabkan karena kenyataan tidak berbanding lurus dengan harapan kalian. Sejatinya manusia akan terus berharap sesuai dengan keinginannya namun Allah akan memberikan yang terbaik bagi umatnya walaupun tidak sesuai dengan keinginannya. Jika kalian sering marah-marah, artinya kalian meragukan kekuasaan Allah yang maha memberikan sebaik-baiknya jalan kehidupan seorang. Seseorang yang senang dengan perilaku marah akan senantiasa terjerumus dan terjebak dalam kesyirikan sebab ia telah mencela takdir Allah.

2. Sabar

Biasanya mereka yang memiliki tingkat sabar yang rendah akan melakukan hal-hal yang merusak keadaan sekitar karena perasaan kecewa atau marah terhadap suatu hal seperti membanting, memcahkan, merusak segala hal yang ia temukan sebagai bahan pelampiasannya.

Namun tahukah kalian bahwa hal tersebut adalah suatu perbuatan yang sia-sia. Kalian tidak akan menemukan ketenangan batin setelah melakukan hal tersebut.

BERSABARLAH....

Ketika hati terasa pedih, namun kalian dapat menahan diri dari perbuatan merusak dan menentang takdir Allah SWT, kalian akan merasa lebih tenang walaupun hati kalian amat sangat terasa sakit. Ingatlah bahwa ini adalah salah satu ujian yang Allah berikan bagi hamba-nya yang terpilih untuk dinaikkan derajatnya dengan cara bersabar. Seberapa kuat seorang hamba bersabar maka sebesar itulah Allah menaikkan derajatnya.

3. Ridha

Ridha diartikan sebagai suatu penerimaan tulus yang berasal dari dalam hati seorang manusia. Keridhaan pada diri seseorang tidak semata-mata muncul begitu saja. Sikap tulus menerima ini akan muncul ketika kita sering berusaha untuk iklhas, pasrah dan percaya kepada takdir Allah yang tidak pernah menyesatkan umatnya dalam suatu cobaan.

Ketika kita bisa menerima secara ikhlas segala ujian yang diberkan oleh Allah melalui jalan apapun, maka kalian akan menemukan rasa nyaman dalam hati, hilangnya rasa khawatir, takut dan putus asa dalam menjalaninnya. Mengapa? Karena kalian sudah percaya dengan kekuatan yang Alla berikan untuk selalu melindungi kalian dari segala cobaan yang diberikan walaupun itu berat dan terlihat mustahil untuk dilalui.

4. Bersyukur

Source: tabungwakaf.com

Seringkali kalian lupa untuk bersyukur kepada sang Maha pencipta atas apa yang telah diberikannya kepada kalian setiap detik kehidupan di dunia ini Bersyukur bukan hanya kalian lakukan ketika kalian mendapat sesuatu hal yang menyenangkan saja tetapi kalian juga harus bersyukur ketika mendapat kesulitan dan cobaan dalam hidup kalian. Mengapa? Karena Allah menurunkan nikmat tersirat dibalik cobaan yang sedang kalian hadapi ini.

Cobaan yang sering kali kalian keluhkan sebenarnya adalah cara Allah dalam menaikkan derajat kita, membersihkan dosa kita, dan Allah juga membantu kita untuk senantiasa memperbaiki diri agar lebih baik lagi. Yakinkan lah pada diri kalian bahwa badai pasti berlalu. Dengan begitu kalian tidak akan terbebani dalam menghadapi suatu permasalahan.

Agar kita bisa menjadi bagian orang-orang yang terpilih, maka semakin dekatkan diri kalian kepada Allah. Karena Allah melebihi kasih sayang terhadap hamba-nya melebihi kasih sayang seorang hamba terhadap ibunya begitupula kasih sayang seorang ibu terhadap bayinya.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS