692
  2016-08-30       www.buybackworld.com

Tips Keringkan Handphone yang Terendam Air

Pernahkah ponsel kalian dengan tidak sengaja jatuh kedalam air atau basah terkena hujan? Kalian pasti khawatir ponsel akan rusak dan khawatir dengan biaya perbaikan yang mahal bukan?

Deane Lene 50 views

Tenang, semua itu bukanlah akhir dari segalanya. Kalian bisa mencoba langkah-langkah berikut mengenai cara mengatasi ponsel yang terkena air tersebut. berikut tipsnya:

1. Ambil ponsel sesegera mungkin dan matikan

Source: i.ytimg.com

Jangan biarkan ponsel berada di dalam air terlalu lama. Segera ambil ponsel lalu matikan. Jangan paksakan untuk menghidupkannya karena usaha kalian akan sia-sia dan dapat menyebabkan korsleting pada ponsel kalian. Kalian tidak ingin kan kalau ponsel kalian tidak bisa nyala selamanya? Maka hentikan usaha menyalakan ponsel setelah tercebur air ini.

2. Cabut baterai

Source: searchwarp.com

Cabut baterai pada ponsel sesegera mungkin agar membantu menurunkan risiko kerusakan internal. Hati-hati membersihkan bagian dalam ponsel dengan handuk. Kalian cukup menepuk-nepuk pelan saja pada bagian tersebut dan jangan menggosoknya ini akan memperparah keadaan ponsel.

3. Jangan lupa untuk mencabut kartu sim

Source: i.kinja-img.com

Mencabut kartu sim juga tidak kalah penting. Karena kartu sim juga bisa rusak jika dibiarkan lama terkena rendaman air. Jadi lakukan sesegera mungkin. Jangan pasang kartu sim jika ponsel belum sepenuhnya kering dan siap untuk digunakan.

4. Pengering rambut tidak membantu mengeringkan ponsel

Tangan menggunakan pengering rambut ketika mengeringkan ponsel. Hal ini justru mendorong air lebih masuk ke dalam perangkat ponsel. Udara hangat yang dihasilkan pengering rambut akan mencairkan beberapa bagian ponsel dan sangat berbahaya. Tentunya hal ini akan memperburuk keadaan ponsel yang basah. Bahkan ponsel pada akhrinya tidak akan menyala seperti sedia kala dan dipastikan kalain akan merasa menyesal.

5. Masukan ponsel ke dalam plastik berisi beras

Cara ini yang paling tepat untuk mengeringkan komponen dalam ponsel yang terendam air. Sejatinya beras yang memiliki sifat menyerap air sangat efektif untuk menyerap air dalam ponsel dan mengurangi kelembapannya. Jangan lupa untuk membuka cover belakang ponsel dan memisahkan baterai ponsel terlebih dahulu. Masukkan pula baterai ponsel agar air yang masuk kedalamnya dapat terserap juga oleh beras sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan.

6. Gunakan vacuum cleaner

Gunakan yang bagian peyedotnya dan jangan terlalu dekat atau bahkan ditempelkan dengan perangkat. Jika terlalu berdekatan dikhawatirkan akan merusak komponen mikro pada perangkat disebabkan daya tarik yang terlalu kuat. Penggunaan alat ini dapat menstimulasi air untuk keluar dari dalam perangkat.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS