689
  2016-08-30    

Tebing Keraton Bandung, Gerbang Menuju Pemandangan Luar Biasa

Siapa yang tidak mengenal tebing keraton? sempatkan waktu kalian untuk mengunjuginya.

Deane Lene 80 views

Kali ini saya masih berada di sekitaran kota Bandung. Rasanya di Kota ini hanya beberapa hari saja membuat saya enggan untuk meninggalkannya. Alhasil saya mencoba untuk mendatangi segala macam tempat wisata baik wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja dan sebagainya. Salah satu tempat wisata alam yang saya sangat beruntung sekali bisa mendatanginya adalah tebing keraton. Sebenarnya saya sudah pernah mendatangi tempat ini saat saya masih kuliah dulu tapi tidak ada kata bosan dalam kamus saya untuk kembali kesini lagi. Tebing keraton ini mulai terkenal ketika orang ramai mempostingkan foto alam yang luar biasa, sehingga tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Point menariknya

- Tebing Karaton yang berada di daerah Dago Bandung ini berada pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, sehingga dengan ketinggiannya inilah, dari Tebing Keraton ini kalian akan menyaksikan secara jelas pemandangan hamparan hijaun sejauh mata memandang.

- Pemandangan di sini pun akan semakin indah ketika kalian datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi untuk menyambut keindahan hamparan pemandangan saat Sunrise.

- saat menjelang sore hari untuk melihat dan merasakan episode Sunset atau saat matahari mau tenggelam, kita dapat menikmati indahnya langit yang biru yang berpadu dengan warna jingga yang lama kelamaan akan meredup. Sungguh sayang untuk dilewatkan

RUTE JALAN KE TEBING KERATON

Sebagai salah satu tempat wisata yang menarik di bandung, Petunjuk jalan atau rute menuju lokasi wisata alam bandung utara dago tebing Keraton ini sudah cukup membantu para wisatawan untuk sampai ke atas. Akses menuju tempat wisata Tebing Keraton tidak terlalu sulit untuk dijangkau.

Kalian bisa mengikuti peta ini. Berhubung saya tidak cukup mengetahui angkutan umum apa saja yang melewati tempat tersebut. Cara lain bisa menggunakan aplikasi pada smartphone kalian untuk membantu sampai di tempat wisata ini.

Namun yang sangat disayangkan adalah beberapa jalan yang kurang mendapatkan cukup perhatian dari pemerintah dan tergolong medan ekstrim membuat kalian harus ekstra hati-hati.

Jalanan yang masih tampak berbatu dan banyak yang rusak, diperparah dimana jalanannya licin bercampur tanah. Selain itu juga tanjakannya sangat terjal dan hanya dipastikan memuat satu kendaraan untuk lewat seperti mobil. Kalian juga harus ekstra waspada, karena di bagian samping jalanan menuju puncak tebing karaton terdapat jurang yang cukup dalam. Tentunya situasi ini sangat riskan apabila selepas hujan, karena pasti jalanan akan licin sekali.

Sebagai tambahan informasi,mungkin akan jauh lebih safety ketika kalian berkunjung ke lokasi ini, bila ditemani Guide dari masyarakat sekitar apabila kalian memang tidak mampu membawa kendaraan sendiri terutama para perempuan karena berdasarkan pengalaman saya, banyak para pengunjung khususnya perempuan yang mengalami masalah pada saat melewati jalanan berbatu dan menanjak. karena tanjakan tersebut hampir mencapai kemiringan 45 derajat.

Berdasarkan pengamatan saya beberapa waktu yang lalu, pengunjung yang mencoba memaksakan masuk ke puncak tebing keraton dengan Sepeda motor pun cukup kerepotan mengatasinya.

TIKET MASUK

Awalnya untuk memasuki Tempat Wisata alam ini sebenarnya hanya memberikan sumbangansecara sukarela. Namun akhirnya pihak pengelola Taman Hutan Raya Djuanda mengambil alih fungsi ticketing warga sekitar dengan tarif Rp.11.000/orang dengan uang parkiran Rp.5.000/orang.

TIPS WISATA KE TEBING KERATON

 Pastikan kalian datang diwaktu yang tepat
 Pastikan kondisi kendaraan kalian fit atau dengan performa maksimal
 pastikan bahan bakar kendaraan kalian berada dalam batas cukup untuk menanjak dan kembali kebawah
karena di atas kalian tidak akan menemukan tempat pengisian bahan bakar.
 Bawalah teman untuk membantu kalian mengabadikan keindahan disana dengan cara bergantian
 Jangan datang terlalu siang jika kalian tidak ingin datang sia-sia
 Bawalah Perbekalan makanan ataupun minuman. Walaupun disana sudah ada beberapa warung, namun tidak
ada salahnya untuk menghemat pengeluaran.
 Bersikap bijak selama ditempat tersebut dan saling bergantian tempat dengan pengunjung lain
 Berhati-hatilah saat menuruni tangga masuk menuju tebing
 Gunakan pakaian yang cukup tebal jika kalian ingin datang ke tempat ini pada pagi hari
 Bawalah kamera yang menurut kalian cocok untuk mengambil gambar di tempat ini
 Gunakan sepatu kets jika kalian ingin merasa nyaman.
 Jangan menggunakan rok ke tempat ini bagi perempuan karena tempat ini dirasa kurang cocok untuk
menggunakan rok sebagai pakaian kalian jika berkunjung kesini. Jika memang kalian tetap ingin
menggunakannya, disarankan kalian menggunakan celana leging atau stret.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: TRAVEL


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS