687
  2016-09-09       www.jauhari.net

Buah Kesabaran Hye Jung Dalam Serial "Doctors"

Drama "Doctors" benar-benar memberikan pesan positif kepada penonton dan wajib kamu ikuti jalan ceritanya.

Lidya O. 202 views

Alur Cerita

Source: www.tnp.sg

Drama ini menceritakan kisah seorang anak perempuan yang sejak kecil tidak pernah mendapatkan kasih sayang orangtuanya. Park Shin Hye yang berperan sebagai Yoo Hye Jung menderita karena ayah dan ibunya pergi meninggalkannya bersama neneknya. Sifatnya yang nakal dan tidak suka belajar membuat sang nenek sedih karena harus lebih sabar lagi menjaga cucu semata wayangnya itu. Kim Rae Won (Hong Ji Hong) adalah guru di sekolah Hye Jung yang sekaligus menjadi tetangganya. Ia adalah seorang dokter spesialis bedah yang bekerja sampingan sebagai guru di SMA Hye Jung.

Sahabat Hye Jung selama di SMA adalah Jin Seo Woo yang diperankan oleh aktris dan model cantik Lee Sung Kyung. Ia bercita-cita menjadi dokter karena banyak meraih prestasi di sekolah. Sedangkan Hye Jung yang tidak pandai dan suka membuat onar malah mendapatkan perhatian lebih dari guru mereka, Ji Hong. Mengetahui kedekatan Ji Hong dan Hye Jung, Seo Woo kesal bukan main dan membenci Hye Jung saat itu karena ia diam-diam menyukai Ji Hong.

Ayah Seo Woo adalah pendiri sebuah rumah sakit ternama di Korea. Ialah Jin Myung Hoon yang disegani banyak orang karena kesombongan dan keangkuhannya. Pada saat itu, nenek Hye Jung menderita penyakit yang mengharuskan ia untuk dioperasi. Hye Jung sangat terpukul dan merasa tidak mampu membuat neneknya bangga pada dirinya.

Dan sampai akhirnya, Hye Jung menyetujui untuk pengoperasian neneknya oleh Myung Hoon, ayah Seo Woo. Tapi, insiden terjadi di tengah operasi sedang berlangsung. Myung Hoon tidak fokus karena mengangkat telpon dan ia melakukan kesalahan fatal saat itu.

Semua dokter yang bertugas untuk mengoperasi Kang Mal Soon, nenek Hye Jung, ketakutan operasi tersebut gagal karena sikap Myung Hoon yang tidak profesional.

Kang Mal Soon pun meninggal sesaat setelah Myung Hoon selesai menerima telpon.

Source: salamkorea.com

Hye Jung tidak terima dan kecewa mendengar penjelasan dari Myung Hoon. "Maaf, sepertinya kamu harus segera menyiapkan pemakaman untuk nenekmu." Myung Hoon tidak meminta maaf dengan tulus dan dengan sombongnya pergi meninggalkan Hye Jung. Saat itu, muncul keinginan Hye Jung untuk mencaritahu kebenaran tentang pengoperasian neneknya itu. Sejak saat itulah, ia giat belajar hingga berhasil menjadi dokter dan bekerja di rumah sakit yang didirikan oleh Myung Hoon.

Hye Jung dan Ji Hong dipertemukan kembali di Gukil Medical Center. Mereka akan bekerja sama sebagai dokter bedah yang akan menangani banyak pasien.

Source: muviblast.com

Dan mereka saling jatuh cinta seperti saat pertama kali bertemu sebagai guru dan murid.

Di samping itu, Hye Jung masih terus mencari kebenaran tentang kematian neneknya. Dibantu oleh Ji Hong, ia berhasil menemukan data yang menyatakan bahwa Myung Hoon telah melakukan mal praktek dan kesalahan pada saat operasi Kang Mal Soon. Namun, penuntutan tidak bisa dilakukan karena kasusnya sudah terlalu lama.

Akhir Cerita

Keadaan yang selalu mendesak Hye Jung untuk membalas dendamnya kepada Myung Hoon ia lupakan ketika mengetahui Myung Hoon menderita tumor ganas yang harus segera diangkat. Myung Hoon hanya ingin dioperasi oleh Ji Hong dan Ji Hong hanya ingin mengoperasi jika asistennya adalah Hye Jung.

Di samping itu, Seo Woo baru sadar bahwa alasan Hye Jung bekerja di Gukil Medical Center selama ini adalah karena ingin mencaritahu kebenaran tentang kematian neneknya. Sejak dulu, Hye Jung memiliki cita-cita untuk melanjutkan usaha restoran bersama neneknya. Tapi semua itu kandas karena neneknya meninggal. Menyadari ayah Seo Woo terlibat dalam kasus tersebut, Seo Woo pun kesal dan menangis karena mengingat kejahatan ayahnya sendiri kepada Hye Jung.

Keluarga Seo Woo pun berunding dan memutuskan untuk segera melakukan operasi. Pikiran Myung Hoon saat itu adalah bisa saja Hye Jung membalas dendam dengan membunuhnya pada saat berlangsungnya operasi. Ia ketakutan tapi tidak mau mengambil resiko terlalu lama.

Hye Jung pun berbicara sebagai seorang dokter yang akan mengoperasi pasiennya. Ia yakin bahwa keputusannya untuk membantu Ji Hong mengoperasi orang yang telah membunuh neneknya adalah keputusan terbaik. Ia juga tidak akan melibatkan perasaan pribadi pada saat berlangsungnya operasi. Semua rasa dendam, amarah dan kekesalan selama ini telah digubris oleh dirinya sendiri. Hye Jung bersikap sangat profesional dan Myung Hoon merasa bersalah karena telah membuat hidup dokter berbakat itu menderita selama ini. Berikut percakapan mereka sebelum memulai operasi.

Hye Jung: "Pak, aku akan ikut operasi dan melakukan yang terbaik untuk membantu dokter."
Myung Hoon: "Apa? Kamu akan memotong pembuluh darahku saat operasi, bukan? Lalu kamu akan mengaku sudah melakukan yang terbaik."
Hye Jung: "Mengapa Anda berpikir begitu?"
Myung Hoon: "Aku bisa gila. Kamu pikir aku patut mendapatkan ini?"
Hye Jung: "Ya, kurasa Anda patut menerimanya."

Hye Jung: "Sebelum nenekku dioperasi, Anda tahu apa yang beliau katakan? 'Dokterku lebih tahu harus berbuat apa. Aku mempercayainya.' Jika kupikirkan, dia pasti meninggal dengan tenang karena dia mempercayai Anda sebagai dokternya. Dia percaya bahwa dia akan bangun dan hidup sehat. Anda memberikan nenekku rasa percaya sebagai dokter dan membuatnya dioperasi dengan tenang. Terimakasih."

Source: i.imgur.com

Sesuai dengan perkiraan para dokter, bahwa Ji Hong dan Hye Jung adalah pasangan dokter yang sangat kuat dan hebat. Mereka berhasil mengoperasi Myung Hoon tanpa melukai sarafnya. Kini, dendam Hye Jung berhasil dipatahkan oleh kebaikannya sendiri. Semua orang mengetahui betapa kesabaran Hye Jung patut diacungi jempol. Ia pun berhak bahagia dan lepas dari masa lalunya yang terpuruk.

Aku tidak menyukai Ayah. Tapi saat mendengar Ayah sakit, aku khawatir. Jika Ayah sakit dan kesulitan, aku mungkin ingin membantu Ayah. Kalau tidak begitu, kurasa kita tidak perlu bertemu. Aku ingin memulai keluarga baru. Tapi kurasa aku tidak bisa melakukannya sampai menyelesaikan masalahku dengan Ayah.

Kemudian, Hye Jung bertemu dengan ayahnya yang selama ini meninggalkannya. Ia merasa khawatir karena mengetahui ayahnya sakit. Ia pun memberitahukan ayahnya bahwa akan segera menikah.

Source: pbs.twimg.com

Hye Jung sudah bisa melepaskan dan mengikhlaskan neneknya. Ia bersyukur bahwa kesabarannya selama ini telah membuahkan hasil. Keluarga Seo Woo pun berterimakasih kepadanya. Orang-orang yang membencinya, termasuk Seo Woo menjadi sangat menyukainya. Dan yang paling penting, Ji Hong melamarnya! Mereka bahagia sebagai pasangan dokter terbaik di Gukil Medical Center.

Bagaimana Moeslemates? Saya sangat tersentuh oleh kata-kata Hye Jung persis sebelum ia mengoperasi Myung Hoon. Pelajaran yang dapat kita ambil dari drama ini adalah bahwa sekecil apa pun kebaikan dan kesabaran yang kita miliki, pasti akan membuahkan hasil. Walaupun tidak singkat, perjalanan menuju hidup bahagia bukan lagi impian Hye Jung. Ia berhak dan pantas mendapatkan kasih sayang penuh dari orang-orang di sekitarnya.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: REVIEW


Related Tags
Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS