684
  2016-08-29       fullcirclefoods.com

Jangan Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur

Suah tidur menyebabkan tubuh merasa letih dipagi hari dan hal tersebut bisa menganggu aktifitas kita. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, hindari beberapa hal di bawah ini ya.

Deane Lene 123 views

Tidur malam yang cukup serta berkualitas penting untuk mengisi ulang energi tubuh setelah seharian beraktivitas. Nah, untuk mendapatkan hal itu, baiknya hindari melakukan beberapa kegiatan yang memungkinkan kita terjaga sepanjang malam. Kalian tidak mau terjaga sepanjang malam bukan? Apa saja yang perlu dihindari? Berikut ini rangkumannya:

1. Minum kafein

Seperti yang telah kalian ketahui bahwa minuman yang memiliki kandungan kafein akan membantu tubuh kalian untuk terus terjaga. Untuk itu, disarankan jangan mengonsumsi minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur. Selain itu, orang yang minum minuman dengan kandungan kafein dalam jumlah besar didalamnya akan mengalami kesulitan tidur dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, baiknya hindari konsumsi kafein setelah sore hari. Sisi lain dari mengkonsumsi kafein berlebihan adalah jam tidur tidak lagi teratur dan kalian akan mengalami kerugian karenannya.

2. Pencahayaan yang terlalu terang

Banyak dari kalian yang beranggapan bahwa pencahayaan pada saat kalian tidur itu bukan lah suatu permasalahan yang besar dan tidak akan berdampak pada kesehatan. Nyatanya penggunaan cahaya yang redup atau tidak menggunakan cahaya apapun ketika tidur dapat membantu jam biologis agar dapat mengenali waktu istirahatnya, termasuk melancarkan pelepasan hormon ketika tidur atau melatonin yang hanya dapat bekerja secara maksimal bila paparan cahayanya minim atau gelap sekalian.

Namun, jika memang kalian terbiasa tidur dengan lampu terang dan lebih nyenyak tidur dalam keadaan ruangan terang, maka tak masalah menggunakan lampu terang.

3. Menoton film horor

Sering kali ketika selesai menonton film horor, kalian akan terus menerus terbayang dengan setting film tersebut atau bahkan tampilan hantunya yang membuat kalian terus terbayang-bayang sepanjang malam. Hal ini bisa dikatakan sebagai secondary trauma. Secondary trauma ini akan memembuat kalian susah tidur karena terus terbayang-bayang dengan adegan di film tersebut. Jadi kalau memang merasa tidak kuat melihat konten seperti itu lebih baik dihindari.

4. Olahraga sebelum tidur

Ketika melakukan olahraga ringan, bisa saja kualitas tidur tak akan terpengaruh. tetapi, hal yang dikhawatirkan adalah ketika kalian melakukan olahraga berat, tubuh melepaskan adrenalin dan noradrenalin, dua stimulan dalam tubuh yang meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh.

Jika kalian berolahraga hingga tingkat ini, maka dapat menyebabkan rasa kewaspadaan lebih meningkat dan senantiasa terjaga. Akibatnya, kalian akan sulit untuk tidur. Untuk memberi kesempatan tubuh rileks sebelum tidur, jika memang ingin olahraga sebelum tidur, baiknya lakukan minimal 2 jam sebelum tidur.

5. Sedang memikirkan sesuatu

Hidup tidak akan lepas dari sebuah permasalahan. Terkadang permasalahan akan datang tanpa mengenal waktu dan bahkan bisa saja datang secara bersamaan. Masalah akan terselesaikan seiring waktu berlalu. Terlalu keras memikirkan jalan keluar pada sebuah masalah tidak akan efektif jika dilakukan karena kalian hanya akan terfokus pada masalahnya bukan pada solusinya. Ketika itu terjadi, kadar hormon stres kortisol akan meningkat dan akibatnya, proses memejamkan mata akan lebih sulit.

Untuk membuat pikiran lebih rileks, kalian bisa mencoba yoga atau rileksasi. Jika terlalu banyak hal yang mesti dikerjakan esok hari, cukup tuliskan daftarnya di kertas setelah itu beri waktu tubuh beristirahat agar lebih tenang untuk menghadapi hari esok dan menyelesaikan masalah tersebut.

6. Memaksa diri untuk tetap terjaga

Jika memang di malam hari kalian sudah mengantuk, segeralah pergi tidur. Sebab, jika kalian tetap memaksakan diri terjaga meski tubuh sudah memberi sinyal mengantuk, justru kalian akan kesulitan tidur. Sebab, ketika tubuh dipaksa terjaga, bisa terjadi peningkatan hormon kortisol yang menghambat proses tidur.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS